Jum'at, 20 Mei 2022

Genmuda – Ukurannya kecil banget, tapi efek yang ditimbulin justru bisa sebaliknya. Hal tersebut merupakan gambaran dari kuman penyebab penyakit, yang bisa nyerang kita kapanpun dan dimanapun.

Belakangan ini, dunia lagi diramein dengan wabah virus Zika, yang berasal dari nyamuk dan bisa nyerang ibu hamil dengan lebih cepat. Terlepas dari itu, sejumlah hal paling sepele yang biasa kamu lakuin sehar-hari sebenarnya juga engga kalah berpotensi buat nyebarin virus dan bikin kamu sakit loh, Kawan Muda.

Singkatnya, sadar engga sadar hampir setiap saat kamu tuh udah ngelakuin beragam hal jorok yang berbahaya buat kesehatan kamu. Kelihatannya doang kayak engga ada yang salah sama hal itu, padahal mah salah banget. Berikut ini adalah 5 contoh di antaranya, yang pasti udah engga asing lagi buat kamu:

  1. Main hp di kamar mandi

Boong kalau kamu sama sekali engga pernah main hp di kamar mandi seumur hidup kamu. Sialnya, sebuah riset dari University of London ternyata nemuin kalau satu dari enam hp udah terkontaminasi sama kotoran alias feses. So, bayangin aja sebanyak apa kotoran yang ada di hp kamu dan bayangin gimana bakteri di perangkat kamu itu nyebar ke kulit kamu. Iyuh banget ‘kan?

  1. Pakai sepatu di dalam rumah

Kayak yang udah pernah Genmuda.com jelasin sebelumnya, pakai sepatu di dalam rumah itu sebenarnya bukan cuma akal-akalan ortu kamu supaya kamu engga ngotorin lantai. Menurut para peneliti dari University of Arizona, hal ini juga bisa ningkatin risiko kemunculan jejak bakteri dari luar rumah. Apa jadinya kalau kamu duduk atau tiduran di lantai yang ada bekas jejak bakterinya kayak gitu?

  1. Naro tas di atas kasur

FYI, tas kamu itu nyimpan lebih banyak bakteri dari yang kamu sadari. Menurut sebuah riset dari University of Arizona, puluhan ribu sampai jutaan bakteri bahkan bisa ditemuin di tas kecil cewek. Dengan naro tas di kasur, kamu pun bisa bikin diri kamu sakit, soalnya kamu udah nyebarin kuman di tempat di mana kamu tidur.

  1. Ngebiarin dudukan toilet kebuka habis dipakai

Menurut sebuah riset dari Leeds University, dudukan toilet yang engga ditutup bakal ngerilis suatu kuman bernama Clostridium difficile sampai sejauh 25,4 cm. Bakteri yang dirilis itu pun bisa bertahan sampai lebih dari satu jam. Maka dari itu, selalu pastiin dudukan toilet yang kamu pakai udah ketutup setelah kamu mencet flush-nya ya, Kawan Muda.

  1. Jarang bersihin keyboard

Seorang ahli mikrobiologi Inggris bernama James Francis udah ngusap 33 keyboard, 1 dudukan toilet, dan 1 pegangan pintu toilet buat ngelihat kuman apa yang ada di masing-masing benda tersebut. Siapa sangka, sebagian besar keyboard ternyata punya lebih banyak bakteri ketimbang dudukan toilet dan beberapa di antaranya bahkan dicap berbahaya buat kesehatan. Kalau kamu engga mau sakit gara-gara keyboard yang kotor, bersihin keyboard kamu itu secara teratur dan cuci tangan kamu sebelum kamu pakai keyboard tersebut. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer