Jum'at, 25 September 2020
Tekno

14 Fakta Seru GIIAS 2017 yang Bakal Bikin Kamu “Mendadak Suka Otomotif”

©Genmuda.com/2017 TIM.Para panitia dan perwakilan sponsor pada konferensi pers GIIAS 2017 di Jakarta, Rabu (19/7). ©Genmuda.com/2017 TIM.

Genmuda – Tema “Rise of the Future Mobility” disambut baik oleh para produsen otomotif Indonesia. Pada GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, 10-20 Agustus nanti, tiap brand bakal pamerin “masa depan transportasi” dan “transportasi masa depan” menurut pemikiran masing-masing.

Untuk pemanasan, para peserta pameran ngumumin tema stand, rangkaian acara, dan konsep panggung GIIAS 2017, di Jakarta, Rabu (19/7). Sebagian brand bahkan ngumumin produk baru, salah satunya Audi yang siap ngenalin Audi A3 Sportback dan All-New Audi Q5.

Udah gak sabaran kan datengin pameran otomotif yang juga didukung organisasi industri otomotif iInternasional OICA itu. Sekalian kamu siap-siap cuci mata, puaskan dulu kekepoan kamu dengan sederet fakta menarik tentang GIIAS yang Genmuda.com kumpulin di bawah ini.

1. Ada 24 brand mobil penumpang

Toyota All New Calya yang diperkenalkan dalam GIIAS 2016. ©Genmuda.com/2016 Liki.

Berdasarkan data Bulan Juli, 24 brand mobil penumpang yang fix tuh Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Dodge, Honda, Hyundai, dan Isuzu. Ada lagi Jeep, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, juga Renault. Gak ketinggalan juga Suzuki, Tata Motors, Toyota, Volvo, VW, dan Wuling.

2. Juga 8 merk kendaraan niaga

Kendaraan niaga juga gak dilupain panitia. Delapan brand yang hadir nanti, yaitu DFSK, FAW, Hino, Hyundai Bus & Truck, Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, dan UD Trucks. Dari namanya aja udah bisa dibayangin dong kalo area pameran kendaraan niaga bakal banyak diisi bus dan truk.

3. Pastinya juga ada 10 brand roda dua

©Genmuda.com/2016 TIM
Skuter Peugeot yang lagi diusahaain laris di pasar Indonesia juga dipamerin di GIIAS 2016. ©Genmuda.com/2016 TIM

Acara otomotif yang utamanya mamerin mobil itu juga ngundang 10 brand roda dua. Mereka adalah Honda, Ducati, Harley Davidson, Kawasaki, KTM, KYMCO, Peugeot, Piaggio, Suzuki, Ural. Meski perwakilan masing-masing brand gak ngumumin rencana kegiatan lewat konferensi pers, bersiaplah cuci mata sama motor-motor bertangki depan andalan masing-masing brand.

4. Targetnya bukan melulu uang

Walau berisi banyak brand keren dengan tema kegiatan menarik, Ketua Umum GAIKINDO Yohanes Nangoi gak punya target jumlah pengunjung, jumlah transaksi, atau jumlah aliran uang di acara nanti. “Tujuan utama GIIAS dari tahun ke tahun selalu tentang transfer ilmu pengetahuan dari produsen mobil ke masyarakat umum,” tuturnya di konferensi pers.

5. Banyak premier dan concept car

(©Genmuda.com/2016 Liki)
Toyota FCV Plus Concept di GIIAS 2016 (©Genmuda.com/2016 Liki)

Meski gak ada target ekonomi, acara itu punya target pameran. Agus Riyadi selaku promotor 7 Event sebagai penyelenggara berambisi ngundang lebih banyak brand yang mau pamerin concept car dan premier car.

Tahun lalu, GIIAS pamer sekitar 30 premier dan concept car. Tahun ini, rencananya ada 40 mobil-mobil “generasi baru” yang bakal diperlihatkan. Bahkan, ada satu merk yang mau luncurin mobil barunya pertama kali di dunia, loh. Apa merknya? Dateng aja ke GIIAS kalo mau tau jawabannya.

6. Lagi berusaha ngundang Pak JK

GIIAS 2016
GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 dibuka secara resmi, Oleh (ki-ka : Bp. Rizwan Alamsjah – Ketua Penyelenggara GIIAS 2016, Bp. Rano Karno – Gubernur Banten, Bp. Airlangga – Menteri Perindustrian, Bp. H. Muhammad Jusuf Kalla – Wakil Presiden Republik Indonesia, Bp. Yohannes Nangoi – Ketua Umum GAIKINDO) (Sumber: Istimewa)

Pak Jusuf Kalla selaku Wakil Presiden RI dan juga penikmat GIIAS rencananya mau diundang lagi untuk membuka acara. Hanya aja, panitia masih berusaha dan belum dapet jawaban fix dari Istana.

7. Didukung OICA International

Kata “International” pada GIIAS bukan cuma buat keren-kerenan. Kegiatan tahunan itu juga masuk agenda asosiasi industri otomotif internasional OICA. Berarti, udah termasuk event reguler yang disorot media luar negeri juga. Makanya, ada brand yang berani luncurin produknya untuk pertama kali di dunia lewat acara tersebut.

8. Pengunjung asal Tangsel dapet diskon khusus

Berhubung acaranya berlangsung di tanah “kekuasaan” Walikota Airin Rachmi Diany, panitia gak ragu ngasih promo tiket buy 3 get 1 additional free entry buat pemegang KTP, ID Mahasiswa, atau ID Kantor berbasis Tangerang Selatan. Hanya saja, bonus itu berlaku buat 2.000 pengunjung pertama pada hari Senin-Rabu.

9. Nasabah Bank Mandiri pasti senang

Pada hari yang sama, pemegang kartu Mandiri bisa dapet diskon 20%. Terus, dapet bonus 1 tiket tambahan kalo beli 2 tiket, khusus 2.000 pengunjung pertama. Kenapa Mandiri baik banget? Ya karena mereka merupakan salah satu sponsor kegiatan. Sponsor satunya lagi adalah Pertamina.

10. Parkir gratis buat 1.000 kendaraan pertama

©Genmuda.com/2016 Charisma
Mobil Mazda 2 di GIIAS 2016 ©Genmuda.com/2016 Charisma

Catet baik-baik. Tunjukin kartu parkir dan tiket masuk GIIAS di redemption counter Hall 5 antara pukul 11.00 – 13.00 WIB kalo mau dapet fasilitas parkir gratis. Jadi, sobekan tiket dan karcis parkirnya jangan sampai hilang! FYI, promo parkir gratis ini juga berlaku Senin-Rabu.

11. Undian grandprize

Seolah gak puas ngasih kejutan, panitia juga mengadakan undian grandprize. Tiap pembeli tiket Hari Senin-Rabu berhak dapet 3 kali kesempatan undian. Kalo beli di hari lain, satu tiket sama dengan satu kesempatan undian. Nah, hadian utamanya tuh mobil. GILE!

13. Guru/TNI/Polri gratis masuk pada 17 Agustus

Yup. Guru, TNI, dan Polri bebas masuk tanpa dipungut biaya pada Hari Kemerdekaan RI. Asalkan, nunjukin kartu pegawai atau kartu anggotanya.

14. Berharap Euro 4 dulu sebelum kendaraan listrik

©Genmuda.com/2017 TIM.
Yohanes Nangoi, ketua umum GAIKINDO berbincang kepada media soal “Euro 4.” ©Genmuda.com/2017 TIM.

Fasilitas dan rangkaian acara di atas dibuat supaya Indonesia melek sama masa depan transportasi. Pak Yohanes Nangoi berpendapat, masa depan transportasi Indonesia paling realistis saat ini bukanlah kendaraan listrik. Melainkan, mobil berstandar “Euro 4” yang gantiin standar “Euro 2” saat ini.

Mesin mobil itu cuma bisa beroperasi optimal dengan teknologi bahan bakar minimal sekelas Pertamax Turbo. Sekedar perbandingan, teknologi Pertamax Turbo yang lebih mahal dari Pertamax aja (sekitar 9000 rupiah per liter) baru mendekati standar “Euro 4.” Harga yang “Euro 4” pasti bakal lebih mahal lagi.

“Apabila semua berjalan lancar, mobil diesel standar Euro 4 akan mulai digulirkan sekitar akhir 2018. Sementara mobil bensinnya menyusul empat tahun lagi. Setelah Euro 4 selesai, baru Indonesia bisa memikirkan mobil listrik,” tuturnya kepada Genmuda.com.

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.