Minggu, 24 Januari 2021

Genmuda – Para penggemar K-Pop alias musik Korea Selatan pasti tahu dong apa itu MMA? Yup, malam puncak penghargaan MelOn Music Awards 2015 baru aja diselenggarain tadi malam di Olympic Park Gymnastic Stadium di Seoul, Korsel.

MMA adalah salah satu ajang bergengsi dimana para musisi berlomba-lomba buat meraih berbagai kategori penghargaan, selain Mnet Asian Music Awards (MAMA) dan Golden Disc Awards. MMA sendiri diadain oleh salah satu chart musik terbesar di Korea Selatan, yaitu MelOn.

Tahun ini, MMA dimeriahkan oleh berbagai artis papan atas Korea yang selama satu tahun aktif berkarya, baik ngeluarin single maupun album. Diantaranya ada BIGBANG, BTS, iKON, EXID, Hyukoh, Apink, SISTAR, Girls Generation, WINNER, GFriend, San E, Mad Clown, Red Velvet, Monsta X, Zion T, Hong Jin Young, dan masih banyak lagi.

Terus, ada apa aja ya kejadian-kejadian bersejarah yang terjadi di MMA 2015, sekaligus siapa pemenang dari ajang penghargaan tersebut? Ini dia daftarnya buat Kawan Muda!

 

  1. Artist of the Year

https://youtu.be/xNa-znpd4rk

Penghargaan tertinggi MMA, yaitu Artist of the Year diperoleh oleh BIGBANG! Tahun ini, boyband yang beranggotakan G-Dragon, Taeyang, T.O.P, Daesung, dan Seungri memperoleh banyak pujian dan reaksi positif dari industri musik bukan cuma di Korsel, tapi juga dunia internasional lewat delapan buah single-nya dalam album M, A, D, dan E. Selamat buat BIGBANG!

 

  1. Album of the Year

https://youtu.be/kTVrh8yr3t8

Album of the Year dimenangkan oleh EXO lewat albumnya yang berjudul EXODUS. Album yang dirilis 30 Maret lalu ini adalah album studio kedua dari Suho cs. Berisikan 10 lagu, termasuk single andalannya ‘Call Me Baby’ dan ‘Love Me Right’, EXODUS memperoleh penjualan yang tinggi, bahkan jadi best-selling album worldwide di minggu pertama perilisannya yang langsung terjual sampai 303.000 kopi.

 

  1. Song of the Year

https://youtu.be/NO8QUwgfG-k

Sebagai lagu K-Pop nomor satu di penjualan digital sekaligus video klip yang paling banyak ditonton di Youtube tahun ini, engga heran kalau lagu Bang Bang Bang dari BIGBANG jadi juara song of the year. Sejak dirilis lima bulan lalu, Bang Bang Bang udah ditonton lebih dari 75 juta kali, dan dibawain secara live oleh BIGBANG di lebih dari 10 negara berbeda lewat MADE World Tour nya. Bang bang bang!

 

  1. Best New Artist

https://youtu.be/0UWujNyZyIE

Untuk kategori pendatang baru terbaik boyband, iKON berhasil mengalahkan beberapa saingan terberatnya kayak MONSTA X dan Seventeen. Debut boyband dari YG Entertainment ini udah banyak ditunggu-tunggu para fans, sejak iKON tampil di survival program W.I.N pada tahun 2013 lalu, melawan grup satu entertainmentnya, WINNER.

https://youtu.be/dmnCWnTrMVo

Sementara untuk pendatang terbaru girlband dimenangkan oleh G-Friend. G-Friend mencuri perhatian dunia semenjak debutnya dengan album ‘Season of Glass’. Popularitas girlband satu ini makin menanjak gara-gara sebuah insiden yang jadi viral di dunia maya, dimana salah satu personilnya sempat jatuh berkali-kali pas mereka lagi tampil. Duh, kasihan ya. Tapi selamat  buat G-Friend, pengorbanannya engga sia-sia!

 

  1. Best Dance

https://youtu.be/hLVvJkNTRi4

https://youtu.be/nozUHmzd7A0

K-Pop, selain vokal yang apik dalam sebuah grup, juga tekenal dengan gerakan dance yang unik-unik dan super keren. Nah tahun ini, yang Berjaya untuk meraih penghargaan best dance adalah boyband BTS, serta girlband Red Velvet. Masa training bertahun-tahun ngebuktiin kualitas para idol ini!

 

  1. Best Rap & Hip Hop, Best Rock, Best Trot, Best Ballad, dan Best Pop (International)

https://youtu.be/azm0rrhxsaE

Di kategori rap & hip hop, MMA memilih Mad Clown sebagai juaranya lewat lagu ‘Fire’. Untuk genre rock terbaik dimenangkan oleh Kim Sung Kyu (Sungkyu ‘INFINITE’) yang tahun ini ngeluarin lagu solo berjudul ‘The Answer’.

https://youtu.be/uROx8lTKCsE

Sementara untuk genre trot, atau genre musik khas Korea Selatan (kayak dangdut kalau di Indonesia) diraih oleh Hong Jin Young. Best ballad dimenangkan Baek A Yeon dengan lagu ‘Shouldn’t Have’, dan kategori best pop international dari MMA adalah ‘Uptown Funk’ nya Mark Ronson ft. Bruno Mars.

 

  1. Netizen Popularity Awards

https://youtu.be/OlmZSzJTaKg

Penghargaan yang satu ini ditentuin oleh voting dari para fans dan netizen yang udah mulai dilaksanain sejak bulan lalu. Hasilnya? Ternyata netizen popularity awards MMA 2015 dimenangkan oleh BIGBANG! Wow, menang banyak nih VIP.

 

  1. Top 10 Awards

https://youtu.be/qIv15S-0UVw

Top 10 Awards adalah penghargaan buat 10 musisi/grup teratas versi MelOn. Tahun  ini, pemenangnya adalah BIGBANG, EXO, Girls Generation, SHINee, Hyukoh, SISTAR, San E, Zion T, Apink, serta TOY.

 

  1. MBC Music Star Award, 1TheK Performance Award, dan Hot Trend

https://youtu.be/NZoeI1QGocY

Penghargaan dari MBC Music buat bintang terbaik versi mereka jatuh pada girlband EXID yang terkenal dengan lagu ‘Up Down’ dan ‘Oh Yeah’. Dalam MMA semalam, EXID juga ngasih surprise buat para fans nya dengan mengumumkan jadwal comeback mereka lagi nih, Kawan Muda, yang akan berlangsung pada 15 November sebentar lagi.

Sementara 1TheK Performance Award diperoleh oleh boyband pendatang baru MONSTA X. Dan terakhir, pemenang kategori Hot Trend MMA adalah acara ‘Infinity Challenge Music  Festival 2015’. Festival musik yang diadain oleh salah satu program variety show, Infinity Challenge turut dimeriahkan oleh berbagai musisi papan atas kayak G-Dragon & Taeyang, IU, J.Y Park, Zion T, serta Hyukoh.

 

  1. Insiden bersejarah

Dalam sebuah acara, engga lengkap kalau engga ada kejadian yang aneh-aneh. Di MMA semalam, ada sedikit insiden nih yang menimpa salah satu personil iKON, Jinhwan. Saat iKON lagi ngebawain single debutnya, ‘My Type’ di atas panggung, tiba-tiba aja Jinhwan kepeleset dan jatuh. Untungnya, doi engga luka dan langsung ngelanjutin nyanyi lagi. Duh, hati-hati ya, Jinhwan!

Itulah sedikit rekapan acara MelOn Music Awards 2015 buat Kawan Muda. Gimana, idola kamu menang engga semalam? Kalau belum, mudah-mudahan tahun depan bisa jadi juara ya. Congrats buat para pemenang! (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥