Selasa, 1 Desember 2020

Genmuda – Setiap tahunnya, FIFA memberikan penghargaan kepada gol terbaik versi pilihan para fans. Di tahun ini, siapa aja nominasinya, dan yang mana jagoan Kawan Muda?

Penghargaan yang dimulai oleh Sepp Blatter sejak tahun 2009 ini dinamakan Puskas Award, yang diambil dari nama pemain bola asal Hungaria, Ferenc Puskas. Puskas adalah salah satu pemain sepak bola terbaik dunia  yang pernah yang mencetak 592 total gol dalam 610 pertandingannya.

Nominasi gol terbaik FIFA sendiri berasal dari beragam kompetisi kelas dunia. Misalnya aja nih tahun lalu, dimana lagi tahunnya World Cup 2014, pemenang gol terbaik FIFA dibawa pulang oleh James Rodriguez lewat golnya yang super keren saat melawan Uruguay.

So, di tahun 2015 ini, siapa aja sih pemain yang masuk nominasi, dan siapa yang bakalan kamu vote guys?

 

  1. David Ball

David Ball adalah pemain Fleetwood Town, klub yang berkompetisi di English League One, kompetisi kasta ketiga sepakbola Inggris. Ball menjadi salah satu nominasi gol terbaik tahun ini lewat gol luar biasanya yang ditendang dari luar kotak penalti sebelum masuk ke mistar gawang. Katanya nih, pemain yang berpengalaman aja bakalan susah ngelakuin hal yang sama kayak Ball.

 

  1. Gonzalo Castro

Gol ini dilayangkan Castro saat bermain untuk Real Sociedad di Primera Division Spanyol. Castro masuk menjadi nominasi lewat gol nya yang melayang seperti bola voli dengan satu kali sentuhan dari sudut yang sempit.

 

  1. Alessandro Florenzi

Saat AS Roma menghadapi Barcelona di babak penyisihan Liga Champion tahun ini, Florenzi berhasil menyumbangkan satu gol keren buat tim nya. Florenzi berhasil menyamakaan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol cantik yang memperdaya Ter -Stegen. Meski berbau keberuntungan, namun kejelian pemain Italia tersebut layak diacungi jempol!

 

  1. Wendell Lira

Pepatah ‘being on the right place in the right time’ kayaknya pantas dialamatkan buat Lira. Pemain divisi Goiano Brazil ini mencetak gol keren yang dilakukan melewati kepalanya, lalu menyelesaikannya dengan bicycle kick yang bikin gol tersebut semakin berkelas.

 

  1. Carli Lloyd

Siapa bilang cuma cowok-cowok yang bisa Berjaya di dunia sepak bola? Carli Lloyd berhasil mencetak hat-trick hanya dalam 16 menit! Gol Lloyd ini sekilas mirip dengan Florenzi, yaitu dengan memanfaatkan kelengahan penjaga gawang lewat tendangan jarak jauh. Engga cuma itu, Lloyd menjadi satu-satu pemain perempuan yang masuk dalam Pukas Award 2015.

 

  1. Lionel Messi

Belum lengkap kalau belum ada nama Messi dalam daftar nominasi. Gol yang satu ini merupakan upaya individu yang cukup brilian dari Messi. Sambil membawa bola dari lini tengah, Leo berhasil menipu empat bek sekaligus sebelum mencetak gol dari sudut sempit.

 

  1. Philippe Mexes

Walaupun gol ini dicetak Mexes dalam pertandingan persahabatan di International Champions Cup, usaha Mexes engga boleh dianggap remeh. Mencetak gol di derby Milan dengan tendangan keras dari kotak penalti? Layak masuk nominasi Puskas.

 

  1. Marcel Ndjeng

Gol yang dicetak Marcel Ndjeng ini juga terjadi di laga persahabatan, tapi engga ngurangin kerennya penampilan pemain klub Hertha BSC tersebut. Ia melakukan tendangan jarak jauh dari luar kotak saat kiper lawan dalam posisi off-line. Hasilnya? Langsung tembus ke gawang.

 

  1. Esteban Ramirez

Sangat mirip dengan gol James Rodriguez yang jadi pemenang gol terbaik tahun lalu, pemain liga Kosta Rika ini bermain sangat baik. Ia mampu menjaga bola dengan kepalanya, kemudian melakukan tendangan voli dalam satu kali tendang dari luar kotak penalti.

 

  1. Carlos Tevez

Pada musim terakhirnya bersama Juventus sebelum bergabung dengan Boca Juniors, Carlos Tevez, mencetak satu gol yang super epik. Gol individu ini dilakuin sangat cepet sampai kiper Parma engga bisa ngelakuin apa-apa selain bengong.

 

Well, dari sepuluh gol di atas, yang mana nih yang menurut kamu layak buat dapetin penghargaan Puskas? Karena penentuan pemenangnya berdasarkan voting fans, pasti sih jadinya semacam popularity award, alias yang paling populer yang bakalan menang.

Apakah Messi bakalan berhasil ngebawa pulang lagi Puskas tahun ini? Atau malah Llyod, yang jadi satu-satunya pemain cewek yang masuk nominasi? Atau kamu punya jagoan lain? Jangan lupa nge-vote ya, Kawan Muda! (sdp)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥