Rabu, 12 Agustus 2020

Genmuda – Bukan cuma mampu bikin ngiler, film soal makanan juga sanggup ceritain kehidupan manusia secara utuh. Ceritanya bisa tunjukin hal menyentuh dan bangkitin motivasi selain bikin penontonnya gelisah dan ketakutan sama masa depan.

Soalnya, kehidupan sehari-hari manusia engga pernah bisa lepas dari makanan dan minumanAnak muda kemungkinan besar bakal langsung bayangin nasi dan kopi, tapi masih banyak makanan-minuman yang punya kisah menarik.

Intinya, film-film seputar makanan dan minuman selalu punya hikmah menarik. Kalo engga percaya, kamu tonton aja film-film di bawah ini.

1. Chef (2014)

Bukan cuma nampilin makanan enak yang ditata keren, film ‘Chef’ juga ngomongin soal cita-cita Carl Casper, kepala dapur restoran ternama buat punya usaha sendiri. Doi rela cabut dari kerjaannya yang super sejahtera itu buat punya food truck sendiri.

Filmnya bakalan cocok banget sama kamu yang pengen punya usaha sendiri, lagi bingung nyari inspirasi, dan udah pasti buat yang pengen jadi koki. Film ini ditulis, disutradarai, dan diproduseri Jon Favreau seorang.

2. Ratatouille (2007)

Tema mengejar cita-cita di film ‘Ratatouille’ bener-bener terasa nyata meski filmnya animasi. Film yang didistribusiin Disney ini nyeritain seekor tikus bernama Remy yang kepengen banget bisa masak karena termotivasi setelah baca buku tulisan koki ternama.

Tapi, cita-citanya terhambat sebab kepala restoran engga mau ada tikus masuk dapur. Demi mencapai cita-citanya, tikus itu perlu muter otak ngebujuk manusia supaya bolehin doi masuk dapur dan ciptain satu menu andalan.

3. Burnt (2015)

Film ‘Burnt’ yang disutradarai John Wells ini sama sekali engga ‘senyaman’ dua film sebelumnya. ‘Burnt’ lebih fokus sama ambisi Adam Jones ngebuka restoran sendiri dan menang penghargaan tertinggi Michelin Star dengan cara apapun, termasuk nyuri karyawan restoran lain.

Sebagai karakter utama, Jones sama sekali bukanlah orang yang patut dijadiin panutan. Doi sangat perfeksionis, apatis, dan juga mantan pecandu narkoba. Film ini bener-bener ngingetin kalo ambisi yang terlalu besar justru membawa bencana.

4. Jiro Dreams of Sushi (2011)

Ngomong-ngomong soal ambisi, ‘Jiro Dreams of Sushi’ juga mengisahkan koki yang ambisius. Jiro Ono, salah satu founder sushi populer masih aja nyari formula sushi terbaik di usia 85 tahun. Warung sushinya di stasiun subway Tokyo lah ‘laboratorium’ kerjanya.

Film ini sebenernya dokumenter tapi punya alur cerita yang menarik banget, engga kalah dari film fiksi. Filmnya bener-bener ngasi tau kalo pekerjaan yang dianggep receh pun bisa ngasilin hal besar asalkan dilakuin sungguh-sungguh.

5. Sideways (2004)

Kamu yang suka sama kebudayaan wine engga bakal kecewa nonton ‘Sideways.’ Filmnya fokus sama perjalanan dua cowok dewasa yang nasibnya engga begitu beruntung di dunia kerja waktu liburan ke pusat wine di California, Amerika Serikat.

Siapa sangka, keberuntungan justru dateng waktu mereka lagi engga sibuk mengejar ambisinya. Santainya akting dan mood yang film ini bangun bakal menular sehingga kamu bisa ngeliat hal serius dengan cara santai juga.

6. The Trip (2011)

‘The Trip’ nyeritain perjalanan Steve Coogan, wartawan The Observer menjelajahi Inggris Utara buat mencicip restoran-restoran terbaik negara itu. Sialnya, doi terpaksa ngajak Rob Brydon, temen lama yang agak rese lantaran istrinya lagi engga bisa ikut. Perjalanannya pun jadi penuh ketawa-ketiwi.

Hati-hati ngiler pas nonton film ini karena banyak adegan makanan-makanan enak diclose-up dan dijelasin cara membuatnya. Entah apa pesan yang terkandung di drama-komedi ini, yang jelas pengambilan gambar makanannya oke abis.

7. Haute Cuisine (2013)

Pecinta masakan Prancis engga boleh lewatin film yang satu ini karena mengisahkan Hortense Laborie, seorang koki biasa yang diangkat Presiden François Mitterrand sebagai koki pribadinya. Sayangnya, persaingan di Istana ternyata sangat ketat, belom lagi si presiden diceritain agak genit ke doi.

Suasana hektik di dapur Istana di beberapa adegan terasa lebih menarik daripada foto-foto makanan mahal yang dibuat di dapur itu. Karena, biar gimana juga human interaction lah yang nentuin kualitas sebuah produk.

8. Eat, Drink, Man, Woman (1994)

Film ini nyeritain kehidupan Mr Chu, pakar kuliner Tiongkok bersama tiga anak perempuannya, Jia-Jen, Jia-Chien, dan Jia Ning. Tiap minggu, Mr Chu selalu masak besar buat makan malem, tapi tiga anaknya merasa momen itu adalah penyiksaan.

Karena, si bapak ini engga berhenti-berhentinya ganggu kehidupan tiga anak ceweknya. Sementara Jen, Chien, dan Ning pengen hidup yang lebih bebas layaknya anak-anak muda lain. Buat tau serunya gimana, langsung aja tonton film ini.

9. Tabula Rasa (2014)

Selain karena musuh bersama, masakan juga bisa nyatuin orang dari berbagai macam latar belakang. Di film ‘Tabula Rasa’, Hans yang dari Papua perlu membaur sama Mak, Parmanto, dan Natsir yang ketiganya mengelola rumah makan padang (lapau).

Supaya bisa bertahan di tengah persaingan lapau yang lebih bermodal, mereka perlu kesampingin perselisihan receh dan hasilkan masakan terbaik. Film ini bener-bener tunjukin kalo perbedaan itu indah, gaes.

10. Filosofi Kopi (2015)

Ya, ‘Filosofi Kopi’ emang nyeritain seputar kopi tapi sayang banget kalo film ini engga masuk daftar film soal makanan yang Genmuda.com rekomendasiin. Filmnya nyeritain soal warung kopi Ben dan Jody yang ternyata terbelit hutang ratusan juta rupiah.

Dua sahabat yang udah kayak sodara itu akhirnya perlu riset ke mana-mana supaya nemu racikan terhebat yang bisa nyelametin kedai mereka hingga diminati lagi. Setelah nonton film ini, kamu bakal sadar kalo di atas langit masih ada langit.

Engga bakal rugi deh kalo kamu nonton sepuluh film itu. Percaya. Kalo ada yang kurang, langsung aja kamu tambahin sekalian tulis komentar kamu di bawah ini. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.