Senin, 24 Februari 2020

Genmuda – Punya uang, hidup mapan, sekaligus punya perusahaan besar yang menghidupkan banyak orang mungkin bisa dibilang impian sebagian anak muda. Meski ada juga dari mereka yang nyaman sebagai orang kantoran, tapi punya usaha sendiri jelas punya tantangan dan kepuasan tersendiri.

Walau bukan seperti goreng tahu bulat (baca: dadakan), menjadi seorang pengusaha di usia muda jelas bukan hal gampang. Problem mutar uang, menggerakan perusahan, hingga segala problematika lainnya.

Namun demikian Kawan Muda sebaiknya jangan jiper duluan. Faktanya di luar sana, banyak anak muda yang justru memulai bisnis di usia muda, Bahkan saat baru lulus SMA. Kisah mereka ini pun banyak diadaptasi ke dalam layar lebar. Nah, supaya kamu makin termotivasi dan engga gampang nyerah, tonton aja 10 film para pengusaha muda ini:

1. The Billionaire

Film dari negeri Gajah Putih ini menceritakan kisah dari anak muda bernama, Top Ittipat. Selepas SMA dan keluarganya bangkrut, Top memutuskan menjadi seorang pengusaha. Persaingan bisnis kuliner, ditinggal pacar, ditinggal orang tua, hingga ditolak retail makanan pernah dirasakannya. 

Berkat kerja keras, Top mampu melihat peluang untuk memproduksi rumput laut dalam kemasan. Akhirnya ia menjadi pengusaha besar cemilan rumput laut asal Thailand yang sering kamu temui di minimarket.

2. Pirates of Silicon Valley

Siapa sangka, bos perusahan besar seperti Microsoft dan Apple ternyata mengalami proses jatuh bangun memulai usaha. Dan semua itu tersaji dalam film ‘Pirates of Sillicon Valley’. Yup, persaingan Bill Gates dan mendiang Steve Jobs emang keliatan jelas pada jalan cerita film ini.

Walau saat film ini dibuat, —Apple belum sebesar sekarang, endingnya Bill Gates diceritakan telah menjadi orang terkaya di dunia dan memiliki saham Apple Computers Inc., namun persaingan kedua tokoh besar di film ini mengajarkan kita kalo kerja keras dan keseriusan di usia muda adalah kunci utama meraih kesuksesan.

3. Jerry Maguire

Karakter yang punya nama asli Leigh Steinberg tersebut diperanin sama Tom Cruise di film ini. Doi merupakan seorang agen atlet yang punya karir hebat, relasi banyak, dan jodoh yang cantik. Pokoknya persis seperti kisah di negeri khayangan.

Akan tetapi semua itu langsung berubah 180’, saat dirinya merasa bosan, dan mempertanyakan tujuannya buat bekerja. Ditambah lagi doi baru mengetahui bahwa sejumlah atlet yang bekerjasama dengannya bekerja setengah hati. Ia pun dipecat dan memulai lagi semuanya dari nol. Pesan moralnya, untuk impian besar selalu ada risiko yang harus kamu korbankan.

4. Citizen Kane

Walau terbilang lawas, film satu ini justru ngajarin Kawan Muda kalo sukses bukan jadi satu-satunya tujuan hidup seseorang. Diceritakan karakter fiksi bernama Charles Foster Kane adalah seorang pengusaha koran paling disegani, yang diinspirasi oleh kehidupan William Randolph Hearst.

Pada satu titik, hampir semua saingan koran Kane mampu dikalahkan dan doi ambil alih. Namun kesuksesan yang didapat ternyata engga berbanding lurus dengan kepuasan sebenarnya yaitu keluarga dan orang-orang yang mencintai kita. Pokoknya film ini top banget buat motivasi kamu.

5. Sundul Gan: The Story of Kaskus

Kamu engga kenal Kaskus? Berarti ada yang salah sama kamu. Yup, di Indonesia, Kaskus menjadi salah satu situs besar dan udah memiliki jutaan member. Meski demikian, situs ini justru lahir dari tugas kuliah Andrew, dimana Ken dan Andrew membuat forum diskusi Kaskus (Kasak kusuk).

Beragam rintangan harus dihadapi kedua sepupu ini buat membesarkan Kaskus hingga sebesar sekarang. Keduanya pun memutuskan mundur dari jabatan CEO dan CTO, –dimana pada pertengahan Oktober 2016 kemarin, Ken memutuskan keluar dari kepemilikan saham, sedangkan Andrew masih ada sedikit saham di Kaskus (yang katanya) sebagai kenang-kenang. Tapi yang jelas perjuangan keduanya hingga seperti sekarnag bisa bikin semangat kamu bangkit lagi sebagai anak muda.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.