Kamis, 29 Oktober 2020

Genmuda – Persaingan di Pilkada DKI keliatan makin seru aja. Setelah KPUD DKI Jakarta nutup pencalonan Gubernur 23 September lalu, ada tiga wajah yang jadi sorotan. Mereka adalah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Agus Harimurti Yudhoyono, dan Anies Baswedan.

Ahok maju bersama Djarot Saiful Hidayat. Agus Yudhoyono sama Sylviana Murni. Sementara, Anies bareng Sandiaga Uno. Selain visi-misi, tiap tim punya gaya kepemimpinan yang khas dan layak disimak oleh semua kalangan, termasuk anak muda kayak kamu.

Yup, kalo diperhatiin lebih teliti persaingan tiga tokoh yang bakal ngerebutin DKI 1 itu mirip banget persaingan di dunia smartphone loh, Gaes. Kamu engga percaya? Liat deh penjabarannya di bawah ini:

Ahok = Apple

via Abdurakhman.com
(Sumber: abdurakhman.com)

Akun Facebook Pappub, 23 September lalu ngeluarin postingan yang nyamain Ahok sama produk iPhone. Di situ, doi bilang kalo spek hardware iPhone sedang. Tapi, performa terbukti sangat tinggi. Sayang, koneksi audionya kurang kompatibel.

Kalo dikomparasi salam Ahok. Seumur-umur, beliau belum pernah ngejabat di posisi tingkat nasional. Jabatan paling tingginya dalam strata politik ya mungkin jadi Gubernur sekarang ini. Performanya keliatan bagus dalam menata Jakarta. Tapi, gaya komunikasinya selalu dikeluhin media, netizen, dan tentunya para haters.

Android = Anies

via redaksiindonesia.com
(Sumber: redaksiindonesia.com)

Di postingan yang sama, akun Pappub juga nyebut posisi Android dalam persaingan dunia smartphone. Ponsel itu punya spesifikasi hardware paling tinggi dan punya banyak aplikasi gratis. Namun performanya masih perlu diuji di tiap periode.

Deskripsinya serupa sama karir kenegaraan Anies Baswedan. Di antara calon Gubernur, Anies yang pernah ngejabat sebagai menteri. Tapi, kapasitas beliau di tingkat provinsi belum pernah keliatan. Beliau juga sering keliatan terlibat beragam kegiatan instansi non-profit.

Windows Phone = Agus Yudhoyono

via genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Jaman dahulu, Nokia merajai persaingan ponsel di Indonesia. Mirip seperti Susilo Bambang Yudhoyono (bapaknya Agus Yudhoyono) yang jadi Presiden Indonesia periode 2004-2014.

Kini, Nokia ngeluarin generasi selanjutnya. Mereka jalin kerjasama bareng Windows Phone. Biar udah beda generasi, Nokia terkenal tahan banting. Agus sendiri adalah mantan anggota TNI, doi udah pasti seterong dan tahan banting. Kurang lebih Agus Yudhoyono mewakili Nokia feat Windows Phone.

Gimana menurut Kawan Muda? Mirip banget kan persaingan politik dan smartphone di Indonesia? Menurut kamu, apa lagi kesamaan yang dimiliki para Cagub dengan ponsel yang kini lagi sengit di Indonesia? Jangan terlalu serius, langsung aja tulis komentar dan mari kita galangkan kampanye yang sportif dan damai. Setuju? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.