Jum'at, 7 Agustus 2020

Genmuda – Film tentang rampok bank yang selama ini terlalu fokus nyeritain proses perampokan banknya. Adegan kabur dari pengejaran polisi cuma jadi bumbu penyedap. Terus, pengendara mobilnya cuma jadi karakter minor. Padahal kan, sopir yang mastiin perampokan berhasil dan pelakunya gak ditangkap.

Makanya, film “Baby Driver” bisa dibilang istimewa karena nyeritain sebuah perampokan dari sudut pandang sopir atau yang biasa disebut gateway driver. Lebih uniknya lagi, karakter Baby yang diperankan Ansel Elgort diceritain sebagai pemuda pengidap tinnitus dan punya kelainan kepribadian.

Cuplikan singkat trailernya keren dan bikin penasaran. Setelah Genmuda.com telisik, ternyata film yang dibuat dengan budget 34 juta dollar AS itu tuh emang mantab soul. Ini 10 faktanya.

1. Skor Tomatometer 94%

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Enam persen lagi dapet skor penuh. Situs pengepul review, Rottentomatoes ngasih film ini skor 94% di tomatometer dan 89% audience score. Sedikit lagi skor sempurna, chuy!

2. Favoritnya kritikus film

Roger Ebert yang dapet kehormatan nonton film ini lebih dulu dari kebanyakan orang ngasih film ini bintang 3,5 dari 4. GOKIL BANGET. Jarang-jarang loh kritikus senior kelahiran Amerika Serikat ini ngasih skor besar untuk sebuah film action-komedi penuh kebut-kebutan dan tembak-tembakan.

3. Bertabur bintang

viapeckhamplex.london
Kevin Spacey (tengah) dan Jamie Foxx (kiri) dalam satu adegan. DOUBLE OSCAR SHOT! (Sumber: peckhamplex.london)

Selain Ansel ElgortJon Bernthal, dan Eiza Gonzalez, “Baby Driver” juga nampilin aktor peraih Piala Oscar. Yaitu, Kevin Spacey yang dingin dan Jamie Foxx yang berapi-api. Dua bintang senior itu beberapa kali beradu peran dalam satu adegan. Ketika itu terjadi, sutradaranya, Edgar Wright suka bilang “Double Oscar Shot!” kepada kru di sebelahnya.

4. Sedikit efek komputer

Film yang berlokasi di Amerika Serikat ini dibuat dengan sedikit efek komputer dan layar hijau. Adegan kejar-kejaran mobilnya berlangsung nyata. Hasilnya jelas lebih realistis daripada hasil editan komputer, namun adegannya butuh diambil berkali-kali supaya dapet hasil terbaik. Adegan pembukaan filmnya aja sampai diulang 28 kali.

5. Sutradara super niat (nempel di mobil)

via denofgeek.com
Edgar Wright. (Sumber: denofgeek.com)

Edgar Wright terkenal sebagai sutradara Inggris pembuat film quirky, stylish, dan bertempo cepat berkat film macam “Shaun of the Dead” (2004), “Hot Fuzz” (2007), dan “The World’s End” (2013), dan “Scott Pilgrim vs the World” (2010). Selain itu, doi pun niat banget kalo bikin film.

Untuk mastiin adegan kejar-kejaran mobilnya berlangsung sesuai keinginan, doi sampai ikut hadir di set mobil yang lagi ngebut. Tujuannya supaya bisa mengomandoi kameramen dan kru film. Sementara itu, kebanyakan sutradara hanya memantau adegan kebut-kebutan dari tempat duduknya atau dari mobil lain.

6. Film dewasa pertama yang dibolehin nampilin cuplikan film Disney

Satu adegan kecil di film ini bakal nampilin cuplikan film dan easter eggs “Monster Inc” (2001). Dengan begitu, “Baby Driver” tuh film dewasa pertama yang diizinkan Disney untuk nampilin cuplikan filmnya. Untuk menghargai itu, tim produksi masukin nama Pete Docter, sutradara “Monster Inc” di credit akhir.

7. Soundtrack yang udah pasti cihuy

via myvue.com
(Sumber: myvue.com)

Sebelum film ini dibuat, sutradara Edgar Wright udah siapin 10 soundtrack lagu. Namun demikian, lagu pilihan doi ternyata kurang karena karakter utama di film ini hobinya denger musik. Di akhir film, akhirnya terkumpul hingga 30 lagu yang dijadiin OST film action stylish ini.

Beberapa lagu soundtracknya dibuat oleh grup rapper Outkast, Run the Jewels, Lionel Richie, Hans Zimmer, Gwen Stefani, Pharrell Williams, Damon Albarn Gorillaz, dan Paul Simon. Siap-siap aja bikin kompilasi lagu semacam “Awesome Mix.”

8. Punya editor film yang paham ketukan musik

Karya sutradara yang baru pertama kali bikin film di Amerika Serikat ini sangat terinspirasi dari video musik yang doi denger saat kerja bareng salah satu komedian Inggris. Karena itulah, pengambilan gambar tiap adegan dibuat mengikuti ketukan lagu. Bahkan gerakan tiap aktor pun begitu. Sama halnya dengan suara tembakan.

9. Sudut pandang realistis

Saat adegan-adegan yang gak ada soundtrack atau efek lagu apapun, terdengar suara berdenging. Sama seperti Baby yang mendengar denging saat gak dengerin lagu, terutama saat suasana hening. Dengingnya muncul akibat penyakit tinnitus yang doi derita.

10. Banyak referensi film lain

via Istimewa

Penikmat segala jenis film pasti bisa mengenali kemunculan ikon-ikon dari film lain di sepanjang “Baby Driver.” Selain kemunculan dialog dan cuplikan “Monster Inc,” ada juga topeng karakter ikonik film “Austin Powers in Goldmember” (2002) yang muncul saat adegan perampokan bank. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.