Minggu, 22 September 2019

Genmuda – Hampir tiap bulan smartphone baru dirilis oleh berbagai pabrikan elektronik. Bikin ngiler? Jelas. Punya duit? Belum tentu ini akhir bulan. *canda.

Barang elektronik satu ini emang hampir dibutuhin sama semua orang. Mau tua atau muda. Semua pasti butuh sama yang namanya smartphone. Tanpa Kawan Muda sadari kebutuhan akan smartphone akhirnya mempengaruhi gaya setiap pengggunanya. Kira-kira kamu masuk tipe pengguna yang mana nih? Yuk sikat langsung tcoy!

1. Si Update

via giphy.com

Engga peduli uang tabungan habis, setiap hari harus bawa bekal dari rumah, atau puasa Senin, Kamis, yang penting bisa punya smartphone paling anyar. (Kamu jangan tiru ya!). Belum lama punya iPhone 7, eh udah punya Google Pixel XL. Pokoknya selalu update deh. (Nikmat Tuhan mana lagi yang engkau dustakan anak muda!)

2. Fanboy/girl

Kalo engga pakai merk kesukaannya kayak ada yang aneh aja di tangan. Bukan cuma iPhone, Android juga punya fanboy/girl loh (Bahkan lebih banyak di negara Asia) Ya mereka-mereka inilah yang biasanya berdebat di forum-forum sambil mamerin keunggulan merk yang dipakainya. Malahan sampai berantem di dunia nyata. Padahal sih fungsi ponselnya engga jauh-jauh beda. Buat main medsos, selfie, install aplikasi, sama nelepon doang kan?

3. Si loyal yang engga pernah ganti ponsel

via giphy.com

Satu ponsel untuk selamanya, paling engga sampai ponselnya hancur dan engga bisa dipakai lagi bahkan setelah diservis. Biasanya sih orang yang kayak gini udah sedia budget buat beli ponsel pengganti yang jauh lebih canggih, tahan lama, dan udah pasti harganya terjangkau. Keliatannya doi orang yang setia, dan paham akan kebutuhan kantong hidup.

4. Si Kelas Menengah

Kelakuan tipe keempat ini mirip sama tipe yang pertama. Bedanya mereka cuma punya budget terbatas jadi engga bisa beli ponsel baru yang high-end. Doi gonta-gantinya di level menengah doang. Tapi bukan masalah sih, yang penting beli baru. Paling engga bisa dipamerin waktu lagi update status. He-he.

5. Si klasik

Entah doi technophobia (takut sama kemajuan teknologi), atau emang berlagak retro. Si klasik ini maunya cuma megang ponsel jadul yang masih monochrome dengan ringtone polyphonic. Let’s say, Nokia 3310 yang disebut-sebut anak-anak situs 9gag sebagai ponsel paling kuat di seluruh dunia, lebih kuat dari palunya Thor. *lebay

6. Yang penting punya

notsovictorious.wordpress.com

Ini tipe orangnya apa adanya banget. Doi butuh smartphone, ya doi beli smartphone yang sesuai kegunaannya. Engga penting deh lambangnya Nyamsung, Apel, atau apapun juga. Selama punya dan budgetnya pas, itu udah Alhamdulillah (pake banget).

7. Si Tukang Oprek

Tipe ini paling engga suka kalo ponselnya dipakai menggunakan setingan pabrik. Karena itu, Androidnya dipasangin ROM buatan sendiri, di-root, dan dibuat makin canggih daripada bawaannya. Kalo punya iPhone, OSnya di-jailbreak biar bisa dioprek lebih jauh lagi. Istilah kernel, brick, superuser, atau terminologi IT lain udah jadi makanan sehari-harinya. Tinggal tunggu aja ponselnya terbang ke bulan.

Well, itu dia tujuh tipe pengguna smartphone itu yang sering Genmuda.com temuin sehari-hari. Kira-kira Kawan Muda punya ide yang lebih gokil versi kamu engga? Tulis dong pendapat kamu aja di bawah nanti kita godain. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.