Selasa, 9 Maret 2021

Genmuda – Hari berganti hari, tentu ada beragam hal baru yang bakal kamu alamin dan banyak orang baru yang bakal kamu temuin. Terlepas dari itu, bukan berarti kamu engga ada lagi hal-hal yang bisa terus-terusan kamu lakuin, Kawan Muda.

Sadar engga sadar, sebetulnya ada banyak hal sederhana yang bisa kamu jadiin kebiasaan dalam kehidupan kamu sehari-hari. Hal tersebut terjadi bukan karena unsur sederhananya itu, melainkan karena manfaatnya yang terbilang besar buat diri kamu sendiri maupun buat orang lain.

Intinya, berbagai hal di sekitar kamu boleh aja terus berubah dari waktu ke waktu. Namun demikian, di samping itu masih ada pula beberapa hal yang bisa kamu jadiin kebiasan yang engga lekang oleh waktu (tsah!). Berikut ini adalah 5 contoh hal sepele yang harus kamu jadiin kebiasaan selagi masih muda:

1. Ngebuka atau nahanin pintu

Semua orang emang diburu waktu dan punya kesibukannya masing-masing. Tapi, bukan berarti itu jadi ngurangin kepekaan dan kepedulian kamu terhadap orang lain. Coba deh kamu pikirin udah berapa kali kamu engga ngebukain atau nahanin pintu buat orang lain gara-gara alasan buru-buru. Padahal, ngelakuin hal ini sebetulnya engga bakal nyita waktu kamu sampai bermenit-menit atau bahkan berjam-jam. Engga ada salahnya kok kalo kamu ‘telat’ 10 detik ke tempat tujuan kamu gara-gara hal ini.

2. Ngucapin maaf, permisi, tolong, dan terima kasih

via buzzfeed.com

Percaya engga percaya, generasi sekarang sering kali lupa buat ngucapin maaf saat ngelakuin kesalahan, permisi saat mau lewat, tolong saat minta sesuatu, dan terima kasih saat dapet sesuatu. Walau cuma tiga kata dan satu frasa, semua ini punya arti dan dampak yang besar saat digunain sesuai konteksnya. Ini pun lagi-lagi termasuk dalam hal yang sepele, tapi terbilang penting buat dijadiin kebiasaan.

3. Ngelihat sesuatu dari kacamata orang lain

Gara-gara terlalu khawatir sama diri sendiri, sering kali kamu mungkin suka cepat ngasih penilaian ke orang lain tanpa nempatin diri kamu di situasi mereka. Padahal, bisa aja penilaian kamu itu keliru dan cuma bikin keadaan mereka makin buruk. So, ibarat kata peribahasa, “jangan nilai buku dari sampulnya” dan “perlakuin orang lain sama kayak kamu pengen diperlakuin orang lain”.

4. Istirahat dari hp

via huffingtonpost.com

Sama kayak kamu yang butuh istirahat, hp kamu juga demikian. Dengan kamu engga megang dan mainin hp kamu selama beberapa jam setiap harinya, itu bisa ngebantu kamu jadi lebih fokus pada tugas-tugas yang perlu kamu selesain dan kamu bisa ngasih lebih banyak perhatian ke orang-orang maupun hal-hal yang ada di sekitar kamu. Ini berlaku pula buat gadget lainnya, entah itu table, laptop, dan semacamnya.

5. Luangin waktu buat diri sendiri

Iya deh Genmuda.com tau kamu anaknya social butterfly banget. Tapi, bukan berarti kamu jadi engga sempat ngeluangin waktu buat diri kamu sendiri, Kawan Muda. Selain ngejauh dari hp kayak di poin sebelumnya, ini juga bisa kamu lakuin dengan nyalon, ke tempat refleksi, atau apapun itu yang bisa bikin kamu santai dan rileks dari berbagai drama dan kesibukan yang harus kamu jalani setiap hari. Selamat mencoba! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer