Minggu, 22 September 2019

Genmuda – Belakangan ini Kawan Muda mungkin pernah dengar jika ada rasa dasar baru yang ditemukan oleh para ilmuan di dunia, dengan nama starchy. Rasa ini pun berasal dari karbohidrat kompleks di dalam tubuh.

Yup, sebagaimana yang kamu tau, lidah sebagai indera perasa tuh bisa merasakan lima rasa dasar yaitu, manis, asam, pahit, asin, dan umami. Nah dengan adanya kabar ini otomatis starchy masuk menjadi rasa dasar yang keenam. (Umami aja masih belum tau, sekarang ada lagi rasa baru)

Asal mulanya gimana

via: Tumblr

Kadungan ’Starchy’ berasal dari Pati atau Amilum yang dihasilkan oleh tumbuhan untuk menyimpan glukosa dalam jangka panjang. Kandungan tersebut kemudian menjadi penyusun utama tepung.

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, ’Starchy’ sering disebut dengan nama pati, tepung atau kanji. Contohnya pun pasti sering banget kamu temu, entah saat makan nasi, roti, atu pasta.

Rasanya? “Ya, rasa karbohidrat deh.”

via: giphy

Maksudnya gimana sih? Oke sebenarnya karbohidrat sangat sulit dirasakan oleh lidah karena karbohidrat bisa pecah dengan sangat cepat. Akhirnya saat kamu makan makanan berbahan dasar pati, lidah cuma merasakan rasa manis padahal sih itu rasa karbohidrat.

Oleh sebab itu guna membuktikan rasa asli starchy, Juyun Lim dari Oregon State University melakukan eksperimen kepada 22 responden. Para responden diberi senyawa yang memblokir rasa manis manis pada lidah dan senyawa yang menghalangi enzim memecah rantai panjang karbohidrat.

Setelah melakukan cara tersebut para responden pun akhirnya bisa tau gimana rasa starchy. Mereka menggambarkan bahwa rasa karbohidrat yang dimaksud menyerupai rasa tepung. “Orang Asia menyebutkan jika rasanya mirip nasi, sementara orang Eropa menyebutnya seperti pasta atau roti.” ujar Juyun Lim.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa rasa starchy menjadi alasan kuat kenapa banyak orang doyan mengonsumsi karbohidrat seperi nasi atau roti. Hal ini pun mendorong para peneliti untuk mengidentifikasi reseptor spesifik pada lidah yang membuat seseorang merasakan rasa starchy.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.