Jum'at, 17 November 2017
Hiburan

‘Solitour’, Tur Pertama Gerald Situmorang Akhirnya Resmi Digelar

©Genmuda.com/2016 TIMGerald Situmorang menghayati showcase live perdananya di RUCI Art Space, Jakarta, Selasa (25/10). Selain gelar konser musik, doi juga bikin pameran artwork album 'Solitude'-nya ©Genmuda.com/2016 TIM

Genmuda – Sukses ngegelar pertunjukan ‘Nights of Solitude’ musisi Gerald Situmorang ternyata engga langsung puas begitu aja. Buktinya, kini doi tengah ngegelar tur pertamanya yang bertajuk ‘Solitour’.

Respon baik yang terus berdatangan menyusul peluncuran album ‘Solitude’ udah ngedorong Gerald buat makin gencar nyebarin virus debut album solonya tersebut. Engga heran, musisi berusia 27 tahun itu pun semangat banget buat langsung buru-buru nyelenggarain rangkaian ‘Solitour’.

Namun demikian, Gerald engga sendirian dalam ngejalanin ‘Solitour’. Doi ditemani pula oleh pemain saxophone Tommy Pratomo. JSYK, keduanya pernah main bareng di sebuah grup musik bernama BAG+BEAT di tahun 2010, yang saat itu kerap manggung di festival musik bergengsi.

Yang lebih menariknya lagi, baik Gerald maupun Tommy bakal punya pertunjukan mereka sendiri dalam ‘Solitour’. Dengan kata lain, keduanya bakal punya suguhan berbeda buat kamu yang hadir dalam setiap jadwal pertunjukan. Mereka punya amunisi berbeda, dengan proyek solo mereka yang bakal jadi benang merah dari perjalanan ‘Solitour’.

‘Solitour’ adalah niat kami berdua yang memang ingin berjalan bersama dalam sebuah tur. Saya berteman lama dengan Tommy dan masing-masing dari kami memiliki album solo. Selain membicarakan musik, ‘Solitour’ adalah salah satu hal yang menjadi bahan obrolan dan akhirnya ini terjadi juga,” kata Gerald dalam siaran pers yang diterima Genmuda.com.

via Whistle Media
(Sumber: Istimewa)

Sementara itu, Tommy nambahin pula bahwa, “Nama ‘Solitour’ yang diusung bukan semata menggambarkan tur yang berkaitan dengan album ‘Solitude’, tapi ‘Solitour’ menjadi cerminan kami berdua sebagai seorang solois yang berjalan bersama dalam sebuah tur.”

Intinya, di ‘Solitour’ Gerald bakal ngebawain materi dari album ‘Solitude’, yang beberapa waktu lalu sukses dirilis dalam format fisik dan digital. Sebaliknya, Tommy Pratomo juga udah nyiapin setlist, di mana doi bakal ngekombinasiin karya-karya di album ‘TND’ (2015) dan karya-karya terbarunya yang terangkum dalam album keduanya yang bakal dirilis pada tahun 2017 mendatang.

“Dalam pertemanan kami yang sudah lama, tur ini jelas menjadi sesuatu yang baru, apalagi dalam kehidupan bermusik kami berdua. Gerald dengan album ‘Solitude’ dan saya dengan materi yang sudah disiapkan. Terutama untuk saya, ada konsep baru yang sudah disiapkan. Biasanya saya akan bermain dalam format band, tapi di tur ini saya hanya akan bermain berdua dengan seorang pianis. Semoga saja pertunjukan ini mendapat apresiasi yang maksimal,” lanjut Tommy.

Lantas, kapan sih ‘Solitour’ bakal digelar? FYI, ‘Solitour’ udah digelar mulai hari Minggu (13/11) kemarin sampai hari Jumat (18/11) nanti. Ada 5 kota di Pulau Jawa yang bakal disinggahin Gerald dan Tommy, yaitu Malang, Surabaya, Solo, Jogjakarta, dan Semarang. Menyusul kemudian, bakal ada pula jadwal di kota Bandung dan Jakarta, yang masih dalam proses pematangan konsep.

“Pemilihan kota jelas karena di kota-kota tersebut memiliki atmosfer musik yang bagus. Ada sisi potensial juga yang jadi alasan, musik yang saya dan Tommy mainkan adalah instrumental, sangat segmented. Dan lewat tur ini, kami ingin secara langsung mendekatkan musik instrumental dengan audiens di sana. Mudah-mudahan bisa berkembang,” tutup Gerald.

So, buat kamu yang berada di kota-kota yang termasuk dalam rangkaian ‘Solitour’, luangin aja waktu kamu dan siap-siap saksiin pertunjukan spesial dari Gerald dan Tommy, Kawan Muda. Tiketnya bisa kamu dapetin on the spot sebelum pertunjukan dimulai pada pukul 19.00 WIB. Berikut ini adalah jadwal pertunjukan ‘Solitour’ selengkapnya:

Hari/Tanggal Kota Lokasi HTM
Minggu (13/11) Malang RumahOpa Rp35.000,00
Senin (14/11) Surabaya Ore Store Bebas
Selasa (15/11) Solo Double Decker Rp25.000,00
Rabu (16/11) Jogjakarta Teater Garasi Rp35.000,00
Jumat (18/11) Semarang Impala Space Rp35.000,00

(sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer