Jum'at, 20 September 2019

Genmuda – Dalam satu geng Kawan Muda, pasti ada aja temen yang punya karakter aneh-aneh. Ada yang bisa jadi ibu atau bapaknya anak-anak, ada yang royal, ada yang suka nolong, sampe ada yang paling baperan (baca: bawa perasaan).

Baperan yang Genmuda.com maksud kayak diledekin dikit ngambek, gak ditegor disangkanya dimusuhin, ya pokoknya receh banget deh. Lo paham kan yang dimaksud kayak apa?

Biarpun kesel, tapi baper adalah sesuatu yang manusiawi, gengs. Makanya coba deh ikutin 7 cara ini buat mengatasi temen lo yang baperan.

1. Jaga omongan dan lawakan

©Genmuda.com/2017 TIM
Waktu sekolah, Ria pernah cinlok sama salah satu sahabatnya. Pacarannya engga lama, tapi persahabatan mereka langgeng. ©Genmuda.com/2017 TIM

Inget ya, perasaan baper sering kali muncul dari kasus-kasus receh yang jarang banget kita sadarin. Nah, receh buat kita belum tentu receh buat si baperan, bisa aja cengan atau lawakan kita malah bikin dia sakit hati.

2. Jangan banyakin ngegas

©Genmuda.com/2017 Everlyn
©Genmuda.com/2017 Everlyn

Sama halnya dengan becanda, naikin suara saat ngomong atau ‘ngegas’ bisa aja bikin si baperan ngerasa diomelin dan gak dihargai. Sama-sama receh sih, tapi sama dia tetep aja dianggap serius.

2. Mulai obrolan dan minta maaf duluan

(Sumber: THR)

Anggap temen lo baper karena becadaan lo. Mau gimanapun juga di mata orang baperan, lo itu tetep salah. Jadi gak usah gengsi deh, coba mulai minta maaf duluan dan kasih tau maksud becandaan lo itu apa. Lama-lama kalian berdua juga bakalan kebal kok.

4. Kasih jeda

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Kalo gak ada yang mau saling buka obrolan, gak ada salahnya buat kasih jeda buat kalian berdua. Seenggaknya cara ini bantu pikiran kalian lebih dingin dan gak baperan lagi.

5. Santai dan selalu mikir positif saat temen lo baper

via: Instagram/adrianiseptianti
(Sumber: Instagram)

Selalu biasakan santai dalam menghadapi orang baperan. Lo juga harus selalu berpikiran positif ketika temen lo baper. Kalo lo udah terbiasa dengan cara ini, level kebaperan temen lo juga pasti bakal berkurang dengan sendirinya.

6. Ajak temen lo itu piknik

via: Twitter
(Sumber: Twitter)

Biasanya orang baperan itu selalu punya pemikiran dia itu ‘playing as victim’ padahal sih orang lain gak anggap dia gitu. Jadi daripada tambah baper, meding lo coba ajak dia piknik biar pikiran dia gak negatif terus dan bisa memperluas pergaulan dia.

Jangan diladenin

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Kalo temen lo udah baper, lo juga jangan ikutan baper. Itu sama aja bohong, gengs. Karena semakin lo ladenin, lo berdua malah tambah baper satu sama lain. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.