Jum'at, 17 November 2017
Penting Gak Penting

Pengen Hari-hari Sekolah Kamu Berjalan Lebih Baik? Ini 5 Hal Sederhana yang Bisa Kamu Lakuin

via Google(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Lagi tengah minggu kayak gini, udah bukan rahasia lagi kalo kamu yang masih pada sekolah pasti bawaannya pasti pengen buru-buru weekend aja (yang ngantor juga sih hehe). Padahal, ngejalanin hari-hari sekolah sebetulnya engga harus sampai semenderita itu kok, Kawan Muda.

Iya sih di mana-mana sekolah itu emang capek dan engga gampang. Udah mah harus bangun pagi, eh kamu juga harus siap buat belajar walau mata, otak, tangan, dan mulut kamu belum sinkron. Bahkan, di rumah pun kamu masih harus ngerjain PR dan belajar buat nyiapin ujian. Hectic abis lah pokoknya!

Namun demikian, bukan berarti kamu engga bisa ngejalanin hari-hari sekolah yang bebas stres loh ya. Lagi pula, kamu ‘kan juga engga bisa seenaknya ngubah peraturan sekolah jadi lebih banyak libur ketimbang masuknya. So, daripada cuma ngeratapin nasib dan ngeringkuk di bawah shower, mending kamu lakuin 5 hal sederhana berikut ini biar hari-hari sekolah kamu bisa berjalan dengan lebih baik:

1. Lakuin sesuatu yang nyenengin sebelum ninggalin rumah

My morning routine when I have time and I had a minimum of good night sleep. Sooo good to start the day like this… With mornings I am very ambivalent. Either I love them or hate'em. It was one of my goals to change that. Neither to start the day in a hurry nor to sleep too long in. And then there are sleepless nights where the next day can be hard… So this is what I do now: I set a timer for 9 hrs of sleep for 5 days and see how I feel. Next 5 days I try 8 hrs, next 5 days 7. just to observe the sleeping habbit and see what a difference it makes ? Sounds control freak? Zodiac virgo ✨ with a little help from wonderful @scandinavian_earthchild #sleep #habbits #meditation #mornings #morningroutine #read #meditate #withalittlehelp #journaling #focus #bestill

A post shared by Steffi Grube (@steffigrube) on

Meleknya aja udah susah, eh ini malah disuruh ngapa-ngapain dulu sebelum berangkat sekolah. Jangan keburu ngeluh dulu, ini engga bakal sia-sia kok. Dengan ngasih sedikit waktu tambahan buat rileks di pagi hati, nantinya itu bisa ngubah seluruh sisa hari kamu. Entah kamu baca buku, nonton TV, ngedengerin lagu favorit, olahraga, atau sekedar main-main dulu sama anjing/kucing kamu, semua itu sama-sama bakal ningkatin mood kamu dan bikin kamu lebih semangat.

2. Jangan lupa sarapan dan suguhan kecil di siang hari

Kamu mungkin suka ngeyel kalo disuruh sarapan dulu sama nyokap kamu sebelum berangkat sekolah. Padahal, sarapan itu bisa bikin kamu ngerasa lebih segar dan bersemangat buat memulai hari loh. Cukup roti dan susu atau semangkuk sereal aja, sebetulnya itu juga udah cukup. Menyusul di siang harinya, baru deh kamu nikmatin suguhan kecil kayak cokelat, permen, atau kue favorit kamu. Lumayan ‘kan buat ngehibur diri?

3. Fokus merhatiin pelajaran di kelas dan selesain tugas-tugas

Kamu tau engga apa yang bisa bikin jam sekolah kamu berlalu dengan cepat? Merhatiin pelajaran yang lagi berlangsung di kelas. Kalo kamu cuma duduk ngelamun atau ngelihatin jam terus-terusan, yang ada kegiatan belajar mengajar yang kamu jalanin di kelas bakal kerasa berlalu lebih lama. So, sebete-betenya kamu sama pelajaran yang lagi berlangsung, minimal usahain aja buat bikin catatan yang menarik (entah distabiloin atau digambar-gambarin) biar nantinya kamu engga males-malesan lagi buat belajar.

4. Hindarin orang-orang yang ngebawa perasaan negatif

Ini emang lebih gampang buat diomongin ketimbang dilakuin. Tapi, bukan berarti ini mustahil buat kamu coba. Misalnya aja kalo kamu kebetulan papasan sama senior/junior mantan kamu atau anak kelas sebelah yang pernah ngejelek-jelekin kamu di medsos, ya udah engga perlu hirauin mereka. Kalo kamu keburu baper, itu ujung-ujungnya cuma bakal bikin mood kamu jadi engga enak.

5. Tidur cukup di malam sebelumnya

I'm not dead…just sleeping with my sister. No estoy muerta. Solo durmiendo con mi hermana! #pug #pugs #sleep #pet #dog

A post shared by Ramona The Pug (@ramona_the_pug_) on

Ini mungkin klise, tapi ini penting dan bermanfaat banget loh, Kawan Muda. Kalo kamu tidur larut dan paginya telat bangun, itu jelas bisa ngerusak keseluruhan hari kamu. Dengan kata lain, kalo kamu engga pengen bangun dalam keadaan lelah dan terburu-buru buat memulai hari, selalu usahain buat tidur lebih cepat di malam sebelumnya. Lebih daripada itu, perhatiin pula beberapa hal yang bisa ngebantu kamu bangun tidur lebih cepat tanpa ngerasa capek. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer