Jum'at, 23 Februari 2018

Genmuda – Bagi sebagian banyak orang, yang namanya bangun pagi itu bukan cuma sulit, tapi udah kayak ujian hidup. Apalagi kalo pas malamnya abis begadang dan tidurnya kurang, otomatis bakal makin susah aja deh buat bangun lebih awal.

Kata orang, kita harus tidur sekitar enam sampai delapan jam setiap malamnya supaya paginya bisa bangun dengan segar. Padahal, serangkaian riset udah ngebuktiin bahwa kebutuhan tidur tiap orang berbeda-beda dan yang jauh lebih penting itu adalah kualitas ketimbang kuantitasnya.

Dengan demikian, engga peduli kamu udah tidur sampai 10 jam sekalipun, kalo tidur kamu engga nyenyak ya itu sama aja boong. Di samping itu, kalo tidur kamu pulas, kamu pun sebetulnya mungkin aja buat bangun pagi tanpa ngerasa capek terlepas dari berapa lama waktu kamu tidur. Berikut ini adalah 5 hal lainnya yang perlu kamu perhatiin kalo pengen bangun tidur lebih awal dengan segar:

1. Hindari beberapa makanan/minuman yang bisa bikin kamu terjaga

Salah satu penyebab tidur kurang nyenak biasanya adalah faktor makanan/minuman. Hal itu terjadi karena sebagian makanan/minuman diyakini secara ilmiah bisa ngeganggu sistem pencernaan kamu dan ngeganggu tidur kamu. Beberapa contohnya adalah kopi, cokelat, dan anggur merah. Oleh karena itu, seengganya hindari ngekonsumsi makanan/minuman tersebut setelah magrib.

2. Ke toilet sebelum tidur

via hudo.com

Buat kamu yang sebelum tidur lebih milih buat nonton TV atau mainan hp, mending kamu mulai biasain buat ngelakuin hal ini deh. Mungkin kamu mikirnya hal ini sepele karena nanti kamu juga bakal ke toilet kalo kamu kebelet. Padahal, secara engga langsung hal ini udah ikut berkontribusi dalam ngeganggu tidur kamu. Walaupun kamu engga pengen buang air, ada baiknya kamu tetap usahain ngelakuin hal ini.

3. Fokus pada hal yang bikin senang di pagi hari

Kalo kamu udah memulai hari dengan perasaan khawatir dan stres, yang ada kamu bakal tetap ngerasa lelah dan lesu walaupun tidur kamu udah cukup berkualitas. Dengan demikian, selalu dorong diri kamu buat fokus pada hal-hal yang lebih positif. Apapun hal positif yang kamu pilih — entah ulang tahun, baju baru, ketemu pacar, atau apapun itu, semuanya bakal sama-sama ngebantu kamu lebih semangat.

4. Lakuin olahraga sederhana

via tumblr.com

Biar suasana hati dan tingkat konsentrasi kamu tetap terjaga, engga ada salahnya kalo kamu olahraga dulu pas abis bangun tidur. Engga perlu yang susah-susah atau yang ribet-ribet, cukup jogging aja itu udah ngebantu otak buat ngerilis sejumlah kimia dan endorfin ke aliran darah, sehingga bisa ngeringanin gejala stres, lesu, dan bahkan rasa sakit. Kalo kamu ngejalanin hal ini secara rutin, manfaatnya pun bisa buat jangka panjang.

5. Pastiin tubuh tetap terhidrasi

Memulai hari dengan segelas air udah diketaui bisa ngebantu memicu metabolisme, termasuk bikin kamu lebih waspada. Sementara buat kopi, sebaiknya kamu minum sesekali aja dan pada saat di mana kamu ngerasa capek banget. Kamu juga bisa ngegunain alternatif lain berupa buah dan teh yang dikonsumsi secara bergantian. Selamat mencoba, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer