Selasa, 23 April 2019

Genmuda – Cafe, restoran, dan berbagai tongkrongan umumnya menarik pembeli baru dengan desain interior bagus nan instagrammable. Tapi, masakan para koki yang bikin pengunjung balik lagi sebagai langganan.

Rasa emang gak pernah bohong. Masakan enak pasti laris. Didukung sama tata visual, pelayanan, dan cara menaruh makanan pada wadahnya, tempat makan manapun pasti dipenuhi pengunjung.

Kalo bukan karena bakat, cara mengasah keterampilan macam itu dengan belajar di sekolah atau akademi masak atau culinary school. Di bawah ini adalah beberapa contoh lembaga pendidikan koki terbaik di dunia.

1. Toscana Saporita

via gourmetgetaways.biz
(Sumber: gourmetgetaways.biz)

Jangan anggap Toscana Sporita sebagai sekolah formal dengan lama pendidikan lebih dari dua tahun. Sekolah masak ini ibarat tempat berlibur sekaligus tempat les.

Kelas berlangsung selama satu minggu dari Hari Minggu hingga Hari Sabtu. Sepanjang kegiatan, semua peserta disuguhi menu khas daerah Tuskan, Italia tiga kali sehari.

Sambil makan, peserta diajari proses pembuatan tiap menu mulai dari masa panen hingga persiapan di dapur. Di luar kelas, ada tourguide yang siap memandu semua murid berlibur atau jalan-jalan di area wisata itu.

2. The Culinary Institute of America

via ciachef.edu
(Sumber: ciachef.edu)

Terletak di Hyde Park, New York, Culinary Institute of America tawarin program S1 dan S2. Dari segi tenaga kerja, sekolah masak itu punya jumlah pengajar terbanyak di antara sesama sekolah masak di AS.

Tahun 1964 berdiri sebagai sekolah vokasi khusus masak, sekarang berkembang jadi sekolah ilmu pariwisata kerestoranan yang juga ngajarin soal bisnis sektor food and beverages.

Kampusnya juga sedia restoran yang urusan bisnis hingga dapurnya dikelola sendiri sama para mahasiswa. Wajar deh lulusan Culinary Institute of America pada sukses di industri pariwisata.

3. TSUJI Culinary Institute

via tsuji.ac.jp
(Sumber: tsuji.ac.jp)

Eksotisme Osaka bukan cuma dari area sub-urban yang maju tapi juga dari sekolah masaknya yang seru. TSUJI Culinary Institute tawarin tiga program pendidikan industri food and beverages.

Pendidikan satu tahun berisi kursus masak ala chef. Pendidikan dua tahun berisi tambahan mater seni kuliner dan manajemen restoran. Pendidikan tiga tahun berisi materi terapan dari jenis pendidikan sebelumnya.

Uniknya, TSUJI Culinary Institute bukan cuma ngajarin para peserta didiknya mengelola restoran. Melainkan, juga mencicipi masakan buatan chef dan tiap peserta didik sebagai perbandingan.

4. Culinary Arts Academy Swiss (CAAS)

via internationalschoolparent.com
(Sumber: internationalschoolparent.com)

Gabungin prinsip masak tradisional ala Prancis dengan perkakas modern, CAAS lahirkan metode memasak khusus makanan Eropa sekelas restoran Michelin Star, penghargaan tertinggi buat dunia kuliner.

CAAS sedia program S1 yang ngajarin tiap mahasiswanya seluk beluk dunia kepariwisataan kuliner. Makanya, lulusan CAAS bisa diterima di restoran tingkat dunia.

5. Lenotre

via culinaryinstitute.edu
(Sumber: culinaryinstitute.edu)

Prancis punya banyak banget sekolah masak bagus, termasuk Le Cordon Bleu. Tapi, Lenotre yang perlu dilirik kalo lagi ngomongin sekolah masak idealis penghasil koki profesional.

Kelas unggulannya adalah Kelas Profesi yang meluluskan para jago masak di Prancis, misalnya Michel Roth, Eric Leautey, Guy Krenzer, dan Olivir Poussier.

6. Leiths School of Food and Wine

via londontown.com
(Sumber: londontown.com)

Sekolah masak ini sedia program Kelas Profesi selama tiga tahun yang kelasnya dibuka buat semua pihak penyuka kuliner, mulai dari koki katering hingga kritikus restoran yang menulis di media.

Ada juga kursus intensif satu minggu buat para peserta yang pengen peroleh dasar-dasar memasak. Sekolah itu juga sedia kelas kilat yang ngajarin teori masakan tertentu.

Pendiri Leiths School of Food and Wine, Prue Leith punya banyak koneksi ke restoran peraih Michelin Star. Itu memperbesar kesempatan para lulusan sekolah masaknya kerja di lingkungan profesional tingkat dewa.

7. South African Chefs (Sachef) Academy

via sachefsacademy.com
(Sumber: sachefsacademy.com)

Program setara D3 di Sachef Academy berlangsung dengan fokus utama praktik memasak sesuai kaidah. Pendidikannya berlangsung selama satu tahun dan memperoleh ijazah setelah lulus.

Program enam bulan yang mengundang pengajar dari para koki bintang lima di Afrika Selatan. Setelah lulus program itu, pesertanya engga dapat ijazah melainkan sertifikat.

Ada juga program D3 enam bulan. Tapi, itu merupakan kelas karyawan yang para tarunanya sedang bekerja di dapur hotel atau restoran. Kalo itu kamu, daftar aja ke Sachef Academy. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.