Rabu, 14 November 2018

Genmuda – “Eh, udah coba produk makeup yang ini belum?”, “Kayaknya kamu cocok pake krim yang ini deh?”, “Hidup sehat emang bisa bisa bikin cantik?” Jujur deh, dari sekian pertayaan tadi, pasti pernah cewek-cewek alami dalam hidup mereka. Minimal satu kali deh.

Cantik itu emang relatif, namun untuk merawat tubuh supaya terlihat cantik jelas banyak banget pengorbanannya caranya. Di berbagai media kamu pasti sering nemuin tips and trik seputar kecantikan. Saking banyaknya, kamu jadi bingung sendiri mana ya tips yang bener-bener bisa kamu percaya?

Nah, sekarang Genmuda.com akan kasih tau kamu seputar 7 mitos kecantikan yang terlanjur banyak orang percaya. Ingat ya mumpung kamu masih muda sebaiknya hindari mitos-mitos ini biar gak nyesel di kemudian hari. Yuk, cekidot!

1. Pakai makeup setiap hari bikin kulit rusak dan cepet tua

via: Getty Images
(Sumber: Istimewa)

Kemungkinannya sih cuma dua, pertama kulit kamu emang gak cocok sama salah satu produk makeup dan kedua karena kamu males ngebersihin makeup. Soalnya sisa makeup bakal membuat kulit susah untuk bernafas. Jadi jangan langsung salahin makeupnya ya, gengs.

2. Krim moisturizer untuk menutup kerutan

FYI, moisturizer bukanlah solusi melawan kerutan di kulit. Menurut Charles Bollmann seorang pakar kecantikan, cara kerja moistuizer hanya melapisi kerutan dari luar bukan dari dalam. Selain faktor usia, kebiasaan merokok dan terkena langsung sinar matahari lah yang membuat timbulnya kerutan di kulit.

3. Banyak minum air putih supaya kulit tetep kencang dan awet muda

via Stylist
(Sumber: Istimewa)

Mitos ini masih diperdebatkan oleh banyak orang, kenyataannya banyak mengonsumsi air putih gak benar-benar memperlambat penuan. Sebaliknya sel kulit mati di permukaan gak bisa menyerap kelembapan dari dalam kulit.

4. Berjemur akan mengeringkan jerawat

Kering enggak infeksi iya. Cara ini jelas gak cocok buat sebagian orang. Perlu kamu ingat, berjemur tanpa menggunakan krim pelapis juga sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Studi yang dilakukan oleh Universitas Harvard tahun 2016 menyebutkan, efek jangka panjangnya keseringan berjemur di bawah sinar matahari langsung akan menyebabkan kanker kulit. Duh, serem ya.

5. Tanning kulit sebagai indikator kulit sehat

via: Twitter
(Sumber: Istimewa)

Kamu pikir berlomba-lomba tanning kulit supaya kelihatan punya kulit cokelat eksotis dan dianggap sehat itu bagus? Nyatanya justru sebaliknya. Dr. Roxana Daneshjou, seorang pakar dermatologi di Stanford University School of Medicine bilang bahwa keinginan anak muda di usia kurang dari 35 tahun melakukan tanning kulit justru membuat kulit mereka rusak dan menimbulkan risiko melanoma (red. salah satu jenis kanker kulit paling serius) sebanyak 800 persen.

6. Sering potong rambut, bikin rambut tebal dan cepat panjang

Gak peduli sesering apa kamu potong rambut. Namun rata-rata rambut manusia tumbuh sekitar 0.40 inci setiap bulan. Tebal atau tipisnya rambut juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Kalo sekeluarga kamu rambutnya tipis mau dicukur setiap bulan pun hasilnya tetep aja tipis. Gitu aja!

7. Kutek menghambat kuku untuk bernafas

BIG NO!!! Kuku adalah sel mati. Jika kuku bisa bernafas kutek juga gak akan tahan lama karena kadar air di kuku meningkat. Kuku gak membutuhkan oksigen Kawan Muda, mereka mendapatkan nutrisi melalui kapiler yang berada di bawah kutikula kuku.

Comments

comments