Kamis, 17 Oktober 2019

Genmuda – Sejumlah wilayah di wilayah Jabodetabek harus mengalami mati listrik sejak Minggu (4/8) siang hingga malam hari. Meski berangsur-angsur pulih PT PLN (Persero) menyatakan bahwa pemadaman bergilir masih akan berlangsung hingga Senin (5/8) sore di beberapa daerah.

Mengingat kasus mati listrik massal ngerugiin banyak pihak, baik secara individu, kelompok, maupun negara. Rizky Adriansyah (24) misalnya, cowok yang bekerja sebagai freelance desainer pada salah satu agensi di Jakarta ini ngaku ke Genmuda.com, bahwa pekerjaannya jadi molor karena kasus mati lampu di rumahnya di Bekasi.

“Pasti (jadi molor). Padahal gue biasa kerja dari rumah, tapi kemarin ke mall juga pada penuh. Udah deadline, klien pasti bakalan ngomel besok.” kata Rizky dalam pesan singkat ke Genmuda.com.

Nah, biar kerjaan lo gak terganggu kayak Rizky, berikut Genmuda.com bahas beberapa antisipasi yang harus lo siapkan dalam kondisi seperti ini.

1. Sedia powerbank

Berhubungan listrik di wilayah jabodetabek belum stabil lebih baik lo sedia powerbank. Tapi jangan lupa juga buat mengisi daya powerbank lo sampai penuh. Seenggaknya tips ini berguna buat lo yang gak bisa hidup jauh-jauh dari smartphone.

2. Charge semua gadget sebelum ‘mati lampu’ lagi

via: giphy

Selain smartphone, lo juga harus mengantisipasi pemadaman listrik dadakan dari PLN dengan cara mengisi penuh semua daya gadget lo. Gak mau dong tugas sekolah, kampus, atau kantor lo mandek gara-gara laptop atau tablet lo kehabisan daya. “Emang semua bos atau dosen lo mau ngerti? KAGAK LAH!”

3. Sedia lilin, senter, atau lampu darurat

 

Kalo lo gak mau menderita di malam hari pas mati lampu wajib sedia barang-barang di poin ketiga. Namun pastiin juga lo gak ‘lalai’ saat menyalakan lilin untuk mengantisipasi risiko kebakaran. Kan gak lucu!

4. Gak usah sering-sering update status

via: Tumblr

Kenapa? Ya biar baterai smartphone lo gak boros. Jangan lupa buat logout semua akun media sosial kamu. Lagian mau update status biar di-notice siapa sih? Emang ada yang nyariin lo? *canda.

5. Tetap hati-hati saat berlalu lintas

Berkendara dengan mematuhi lampu lalu lintas aja masih punya kemungkinan kecelakaan, apalagi kalo lampu lalu lintasnya masih error seperti sekarang? Kan engga semua tempat lampu merah selalu ada petugas. Jadi jangan mentang-mentang lampu merahnya error terus lo jadi ugal-ugalan, gengs. Nyawa lo kan gak ada ‘serepnya’. Keep safety ya!

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.