Minggu, 18 Agustus 2019

Genmuda – Banyak dari kita, para kaum hawa yang suka beli peralatan make up ini-itu, tapi ujung-ujungnya berakhir di tempat make up aja tanpa pernah dipake. Padahal beli make up engga boleh ngasal loh. Engga kayak beli gorengan yang tinggal asal ambil aja. Beli make up jelas harus punya perhatiin harga, shade, hasil akhir, packaging, dan bahan dasarnya.

Meski artikel serta informasi seputar pertimbangan make up yang disebutin sering banget kamu temuin, faktanya masih banyak cewek yang suka kejebak dan salah pilih setelah beli make up. Makanya supaya kalian engga menyesal di kemudian hari. Sekarang Genmuda.com mau kasih tau kesalahan sederhana yang sering dilakuin cewek kalo lagi beli make up? Yuk disimak dulu ulasannya, girls!

1. Engga nyoba dulu

via: Zula

Tidak semua produk yang keliatan di bungkusnya itu sesuai sama yang aslinya, loh. Kamu harus liat dulu warna dan teksturnya, kira-kira cocok engga sama kondisi atau jenis kulit kamu. Jadi pantang deh buat langsung comot produk kecantikan tanpa mencari tau detail isinya.

2. Beda sama jenis kulit

via: Google
Beda kulit, beda warna (Sumber: Sabrinatajudin.com)

Kalo kamu engga nyoba dulu, bakal fatal banget nantinya. Setiap kulit punya jenis yang berbeda, pun sama jenis make up-nyaMisalnya kulit kamu berminyak, kamu juga harus cari make up yang jenisnya bebas minyak. Biar engga nambah-nambahin minyak di wajah kamu.

3. Beli karena warnanya lucu

via: Google
Lucu banget yaaaaa (Sumber: Bonniebeautyxo.com)

Nah, yang kayak gini cewek banget ya. Walaupun sebenernya engga perlu-perlu banget, tapi tetep aja beli karena kemasannya lucu. Sesekali sih boleh-boleh aja,  tapi jangan keseringan ya, dan tetep perhatiin dua poin sebelumnya biar make up yang kamu beli engga cuma jadi pelampiasan laper mata doang.

4. Nyoba foundation di punggung tangan

via: Google
Cobainnya langsung di wajah aja ya (Sumber: Istimewa)

Padahal foundation itu dipakenya di wajah, tapi kenapa kamu cobanya di punggung tangan? Lebih baik kamu coba aplikasiin foundationnya langsung ke wajah, biar langsung tau warna mana yang pas. Karena bisa jadi warna punggung tangan dan wajah kamu itu beda.

5. Pukul rata semua warna

via: Google
Warnanya sama semua… Padahal sih beda (Sumber: Istimewa)

ENGGA semua brand akan bikin jenis warna atau shade yang sama. Pink di brand lipstik ini, belum tentu pink yang sama di lipstik yang lain. Lagi-lagi, pastiin kamu nyoba dulu sebelum beli ya.

 6. Pake lipstik tester

Kebayang engga kalo lipstik yang kamu coba itu udah dicoba juga di bibir-bibir cewek lain? Hmmm, agak gimana juga gitu ya. Coba buat minta tester yang bersih ke penjualnya, biar bibir kamu juga tetap tergaja kebersihannya.

7. Engga liat di beda lampu

via: google
Cobain di ruangan terang ya (Sumber: Istimewa)

Kalo kamu mau beli foundation, concealer sama bedak, coba buat liat warnanya di kondisi lampu yang beda warnanya. Misalnya kamu beli foundation, —yang warnanya mesti 1 tingkat di bawah warna kulit kamu, tapi kamu belinya di kondisi terang. Bisa jadi, pas di rumah atau saat kondisi lampu yang engga begitu terang foundationnya malah teralu terang. Calon-calon mubadzir lagi deh.

8. Bagus di temen kamu, belum tentu bagus di kamu

Setiap orang pastinya punya jenis dan warna kulit yang beda. Kalo kamu nyoba lipstik yang mau kau beli di bibir temen kamu dan ternyata warnanya bagus, belum tentu loh bagus di juga kamu. Jadi karena kamu yang mau beli, sebaiknya kamu aja ya yang nyoba jangan orang lain.

9. Engga perhatiin tanggal kadaluwarsa

via Marie Claire
(Sumber: Istimewa)

Ini penting juga buat diperhatiin, girls! Karena engga mungkin kan kamu beli bedak tapi kadaluwarsanya 2 bulan lagi. Yang ada baru dipake sedikit, eh udah engga bisa dipake lagi karena udah kadaluwarsa.

10. Engga perhatiin bahan dasar

via: Google
Perhatiin juga bahan dasarnya (Sumber: Istimewa)

Engga semua make up punya bahan dasar yang cocok sama kulit kamu. Misalnya, buat kamu yang kulitnya sensitif, hindari pemakaian kosmetik yang berbahan dasar alkohol. Buat yang berminyak pastiin di kemasannya tertulis label “oil free”

Gitu deh, 10 kesalahan receh para cewek waktu beli make up. Ternyata penting buat tau segalanya tentang apa yang mau kita pake di wajah kita. Semoga bermanfaat ya. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.