Jum'at, 19 Juli 2019

Genmuda – Suka sebel gak sih kalo ada teman atau keluarga kamu yang mandinya lama banget. Atau kamu termasuk pelakunya? Eits, jangan-jangan kamu sengaja berlama-lama di kamar mandi karena emang lagi kesepian lagi.

Sebuah penelitian ilmiah di Yale University, Amerika Serikat mengatakan bahwa lama durasi seseorang saat mandi bisa berkaitan dengan kondisi dirinya yang sedang kesepian, Kawan Muda. Tanpa kamu sadari, kebutuhan ilmiah menghabiskan waktu cukup lama saat mandi pasti ada di tiap orang meski intensitasnya bisa beda-beda.

Awalnya penelitian ini melibatkan 51 mahasiswa dari usia 18 hingga 45 tahun. Mereka diminta untuk mengisi survei tentang kebiasaan sehari-hari mereka dan menandai betapa kesepiannya perasaan mereka. Surveinya mencakup 3 pertanyaan tentang rutinitas mandi setiap hari, terkait beberapa sering, suhu air, dan durasi yang mereka habiskan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang lagi kesepian mengambil 23% waktu lebih lama buat mandi dibandingkan mahasiswa lain. Semakin sepi dan galau, semakin lama juga mereka menghabiskan waktu di kamar mandi dan semakin hangat pula airnya.

Biar maqueen yaqueen para peneliti kembali melibatkan cara serupa pada kelompok usia yang lebih dewasa buat memastikan apakah bakal terjadi perubahan. Tes serupa lantas dilakukan pada usia 41 peserta, usia 19-65.

Hasilnya para peneliti menemukan hasil yang hampir serupa, kecuali bahwa mereka gak bisa menemukan hubungan antara frekuensi mandi dan kesepian dalam kelompok kedua. Tetapi perbedaan ini masih bisa dijelaskan, gengs karena orang tua cenderung memiliki kebiasaan yang lebih teratur dan rutin daripada anak muda.

Kenapa bisa gitu? Karena percaya atau engga, saat mandi dengan air panas pada dasarnya bisa menggantikan sahabat kamu buat curhat dan menghilangkan perasaan sepi.

Perlu digarisbawahi ya bahwa kesepian di sini bukan karena gak punya teman, namun lebih pada kondisi batin. Singkatnya orang yang banyak teman bisa aja ngerasa kesepian karena kondisi lingkungan sosial mereka.

Oleh sebab itu peran kalo kamu lagi galau, kesel, atau mungkin butuh temen curhat, mandi dengan air panas mungkin jadi solusi ampuh buat kamu. Setuju atau engga? (sds)

Comments

comments