Kamis, 15 April 2021

Genmuda – Di masa pandemi kayak sekarang menjaga kesehatan sudah jadi prioritas setiap orang. Selain wajib menerapkan 3M, penting pula menjaga pola hidup sehat, salah satunya dengan rutin berolahraga. Jangan kebanyakan mager mentang-mentang Kawan Muda masih WFH.

Menurut dr. Gusti Rizky Teguh Ryanto, Ph.D olahraga menjadi kebutuhan wajib setiap orang di masa sekarang. Gak perlu nunda-nunda sampe berumur baru olahraga, gengs. Soalnya dengan rutin bergerak dan olahraga dapat mengurangi risiko penyakit berbahaya seperti stroke, jantung, diabetes, dan masih banyak lagi.

Hal ini disampaikan oleh beliau dalam Konferensi Pers, Jumat (13/11/2020) yang diselenggarakan oleh Zumba Fitness dan STRONG Nation dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional pada 12 November. Pentingnya ajakan berolahraga bagi masyarakat Indonesia ini juga gak lepas dari data Badan Pusat Statistik (BPS) 2015, hanya 27,61 persen masyarakat Indonesia yang rutin melakukan aktivitas fisik.

Olahraga sesuai kemampuan

Berdasarkan fungsi dan kemampuan fisik tiap orang, penting pula untuk mengetahui jenis olahraga yang cocok bagi diri sendiri. Kenapa? Hal ini dikarenakan untuk menghindarai tumbulnya cedera serius yang berbahaya bagi tubuh.

“Kita harus tau kapasitas kemampuan tubuh kita untuk berolahraga. Karena pada umumnya olahraga dibagi menjadi tiga yakni, ringan, menengah, dan berat.” jelas dr. Gusti.

Ia juga menjelaskan bahwa secara umum seseorang yang berada di usia produktif perlu berolahraga selama 150 menit/minggu untuk jenis olahraga sedang atau bisa 75 menit/minggu untuk olahraga berat. Seperti yang disinggung sebelumnya, kalian dapat membagi waktu tersebut dalam seminggu sesuai kemampuan masing-masing.

Zumba bisa jadi pilihan Kawan Muda

Terus apa dong olahraga yang cocok dipilih buat orang yang mager? Menurut Denada Tambunan, Brand Ambassador Zumba Fitness Indonesia, yang juga hadir dalam acara tersebut merekomendasikan olahraga zumba. Selain memiliki tingkatan bagi berbagai usia zumba bisa dilakukan di mana saja, bahkan secara virtual seperti sekarang,

“Zumba adalah sebuah olahraga yang menyenangkan. Kita mungkin gak sadar kalo kita lagi olahraga.” papar Denada kepada awak media.

Namun jika Kawan Muda mau mencoba zumba namun dengan intensitas yang tinggi, kalian layak mencoba program STRONG Nation. Cut Memey, Brand Ambassador dan Instruktur STRONG Nation, bilang kendati olahraga ini berat, namun tetap ada tingkatannya seperti yang dikatakan oleh dr. Gusti.

“STRONG Nation bisa dilakukan untuk semua fitness level. Mulai dari yang pelan, sedang, hingga berat. Olahraga ini menggabungkan berat badan, pengondisian otot, kardio, dan gerakan plyometrik.” jelas Cut Memey.

Dilihat dari sisi medis, baik zumba atau STRONG Nation sama-sama memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Aktif berolahraga dapat menurunkan berat badan, mengencangkan dan membentuk otot, serta membakar kalori berlebih. Berolahraga juga bermanfaat pada metabolisme yang bisa memperlambat proses penuaan tubuh dan juga meningkatkan kesehatan jantung.

“Selain rutin berolahraga, penting pulang menjaga hidup sehat. Tahu bagaimana cara kita berolahraga, apa yang kita makan dan kita lakukan sehari-hari. Dan yang tidak kalah penting hindari risiko penyakit berbahaya seperti merokok.” tutup dr. Gusti.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.