Selasa, 18 Juni 2019

Genmuda – Masalah penampilan dari jaman baheula emang udah jadi salah satu topik yang engga bisa lepas dari para cewek. Meski begitu, bukan berarti para cowok sama sekali engga peduli sama penampilan mereka loh, Kawan Muda.

Para cewek sampai sekarang emang masih harus berhadapan dengan standar kecantikan ideal yang jauh lebih rumit daripada para cowok. Terlepas dari itu, baik cewek maupun cowok sebenarnya engga beda jauh dalam hal kepercayaan diri terkait penampilan dan berat badan mereka.

Lah, kenapa bisa gitu? FYI, kemiripan di antara cewek dan cowok dalam hal penampilan dan berat badan udah dibahas dalam sebuah riset terbaru yang diterbitin di jurnal ‘Body Image’. Riset tersebut berusaha buat nemuin “prevalensi dan korelasi kepuasan terhadap penampilan dan berat badan”.

(Sumber: gemmagazine.ca)

Well, siapa sangka, hasil riset yang ngelibatin 12.176 orang cewek dan cowok itu ternyata cukup ngejutin. Hasil riset tersebut ngungkapin bahwa dari belasan ribu peserta yang ada, cuma sekitar seperempat yang ngerasa sangat sampai amat sangat puas dengan penampilan (26% dan 28%) dan berat badan (20% dan 24%) mereka.

Sementara itu, jumlah cewek dan cowok yang sangat sampai amat sangat engga puas dengan penampilan fisik mereka lebih sedikit (9% dan 6%) daripada cewek dan cowok yang sangat sampai amat sangat engga puas dengan berat badan mereka (20% dan 15%). Para cewek dan cowok dengan masa tubuh yang lebih tinggi bahkan ngerasa jauh lebih engga puas terhadap penampilan dan berat badan mereka.

(Sumber: unilad.co.uk)

Intinya, riset tersebut antara lain nyimpulin bahwa memang terdapat hubungan di antara keenggapuasan terhadap berat badan dan persepsi diri. Orang yang engga puas sama penampilan dan berat badannya cenderung punya neurotisme yang lebih tinggi, gaya keterikatan yang lebih takut, serta ngabisin lebih banyak waktu buat nonton televisi.

Sebaliknya, orang-orang yang puas [dengan penampilan dan berat badan mereka] punya tingkat keterbukaan, ketelitian, dan extraversion yang lebih tinggi, lebih aman dalam gaya keterikatan, serta harga diri dan kepuasan hidup yang lebih tinggi,” demikian salah satu kesimpulan dalam riset tersebut.

So, kamu masuk ke golongan yang puas atau engga puas nih sama penampilan dan berat badan kamu, Kawan Muda? Ingat, gimanapun penampilan kamu dan berapapun berat badan kamu, yang terpenting semua itu tetap harus disyukuri. Jangan lupa juga buat lebih mentingin kesehatan ya! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer