Minggu, 22 Oktober 2017
Gaya HidupOlahraga

Dari Tiga Gol Indah Ini Kira-kira Siapa yang Layak Memenangkan Puskas Awards 2017?

via: FIFA(Sumber: FIFA)

Genmuda – Sama kayak tahun-tahun sebelumnya, Senin (9/10) FIFA baru aja merilis tiga kandidat gol terbaik di tahun 2017. Nama-nama yang mengisi tiga besar itu adalah Deyna Castellanos, Olivier Giroud, dan Oscarine Masuluke.

Ketiga pemain ini berhasil mengalahkan tujuh kandidat lainnya lewat voting yang udah dibuka sejak bulan September di situs resmi FIFA. Sedangkan pemenang Puskas Award 2017 akan ditentukan lewat voting mulai tanggal 9 Oktober 2017, dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 23 Oktober 2017.

Nominasi gol terbaik FIFA sendiri berasal dari beragam kompetisi kelas dunia terhitung sejak periode tanggal 1 Oktober 2016 hingga 2 Juli 2017. Penghargaan ini udah dimulai sejak tahun 2009, yang diambil dari nama pemain bola asal Hungaria, Ferenc Puskas. Puskas adalah salah satu pemain sepak bola terbaik dunia yang pernah yang mencetak 592 total gol dalam 610 pertandingannya.

So, sebelum kamu nentuin pemain mana yang bakal kamu pilih, mendingan liat dulu cuplikan ketiga nominasi Puskas Award 2017 lengkap dengan alasan kenapa kamu harus voting gol tersebut.

1. Deyna Castellanos – Piala Dunia Wanita 2016 U-17

Deyna menjadi satu-satu pemain wanita yang masuk nominasi 10 besar gol terbaik tahun ini. Gol jarak jauhnya dari tengah lapangan saat Venezuela kontra Kamerun berhasil menyelamatkan Venezuela ke babak selanjutnya.

Kenapa layak divote?

Venezuela sebelumnya unggul 1-0 di menit ke-92. Selang satu menit kemudian giliran Kamerun menyamakan kedududkan. Dalam posisi 1-1, gol Deyna menjadi penentu kemenangan. Wajar kalo di kompetisi tersebut gol ini keluar sebagai gol terbaik.

2. Olivier Giroud – Liga Inggris 2016/2017

Gol kalajengking Giroud ke gawang Crystal Palace menjadi salah satu gol terbaik dalam sejarah Liga Inggris menurut pelatih Arsenal, Arsene Wenger. Dengan posisi membelakangi bola, pemain Prancis itu bisa melespaskan tendangan dengan tumit.

Kenapa layak divote?

Bukan hal mudah buat bikin gol kalajengking, ditambah butuh keseimbangan untuk menyesuiakan posisi tumit dengan bola.

3. Oscarine Masuluke – Liga Afrika Selatan 2016/2017

Pindah ke Afrika Selatan di laga Baroka melawan Orlando Pirates. Aksi kiper Oscarine Masuluke menjadi pahlawan buat Baroka. Gimana gak, saat posisinya tertinggal satu gol, gol salto Masuluke di masa injury time justru menyelamatkan timnya dari kekalahan.

Kenapa layak divote?

Posisinya sebagai kiper jelas jadi pertimbangan utama, dan yang kedua seorang kiper bisa bikin gol salto dengan begitu sempurna. Kurang apa lagi coba?

Gimana, Kawan Muda? Menurut kamu gol mana yang paling layak menangin anugrah Puskas Award 2017?

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.