Selasa, 21 Mei 2019

Genmuda – Musisi legendaris, Chuck Berry meninggal dunia di usia 90 kota St Louis, Sabtu (18/3). Pria kelahiran Missouri, 18 Oktober 1926 itulah yang populerkan permainan musik RnB dengan gitar country dan aksi panggung seru, hingga tercipta yang namanya Rock n Roll, sekitar 1950-an.

Keluarga temukan pria bernama Charles Edward Anderson Berry itu tak bergerak di rumah. Setelah polisi memeriksa, dia dinyatakan wafat di usia 90 tahun. Banyak media dan pengamat bilang pelantun “Roll Over Beethoven” dan “Johnny B Goode” ini cocok disebut bapak Rock n Roll.

John Lennon juga pernah terdengar bilang apabila musik Rock engga disebut “Rock,” pasti disebutnya musik “Chuck Berry.” Akan tetapi, sang legenda selalu bilang kalo Elvis Presley dan Fats Domino lebih cocok dengan predikat itu. Selain ninggalin sekitar 20 album, vokalis sekaligus gitaris ini juga ninggalin warisan di bawah ini.

1. Solo gitar

“Jangan ngaku bisa bermain rock kalau belum bisa lakuin trik-trik permainan gitarnya Chuck Berry.” Lebih kurang, begitu kata Ted Nugent, salah satu musisi rock kenamaan Amerika yang aktif sejak 1958 hingga kini. Karena Chuck Berry, aliran musik yang bercabang jadi banyak jenis ini identik sama permainan solo gitar.

2. Musik remaja

Berkat lirik lagu-lagu Chuck Berry yang asik dan gaul pada jamannya, musik Rock selalu dianggap sebagai soundtrack kehidupan anak muda. Seangkatan sama Chuck Berry, ada sih Jane Morgan yang ngeluarin lagu “A Wonderful Guy.” Tapi, gaya Jane di atas dan luar panggung tuh flamboyan. Engga kayak Berry yang rebel, trendy, dan gaul.

3. Lagu yang bercerita

Ketika lirik lagu di era sebelumnya cuma jadi media ekpresiin perasaan, lagu Chuck Berry udah bercerita. Contoh gampangnya di “Rollover Beethoven,” deh. Lirik lagunya nyeritain langkah-langkah yang doi tempuh waktu merintis karier, mulai dari bikin lagu, ngirim ke radio lokal, sampai kasih proposal ke perusahaan rekaman. Rasa percaya diri doi sama musik ciptaannya juga tergambar jelas di lagu itu.

4. Aksi panggung heboh

Kamu bisa perdebatkan apakah Chuck Berry atau The Tielman Brothers dari Hindia Belanda yang populerkan aksi panggung heboh. Tapi, kamu engga bisa menyanggah sama sekali kalo sang musisi kulit hitam Amerika yang bikin aksi panggung heboh lebih populer, daripada grup band asal daerah yang sekarang bernama Indonesia itu.

5. Duck walk

Engga afdol kalo enggak ada pointer khusus buat aksi panggung paling fenomenal Chuck Berry ini. Duck walk. Artinya bukan jalan bebek, tapi jalan jongkok. Engga jalan juga sih sebenernya karena doi main gitar sambil loncat-loncat di satu kaki ke arah depan. Seperti musik ciptaannya, atraksi ikonik itu juga ditiru musisi hingga puncak kejayaan musik Rock, 1970-1980an.

6. “Rock & Roll Music”

https://www.youtube.com/watch?v=rVT65M4mRnM

Grup Warkop DKI mungkin bakal kekurangan lagu lawakan seandainya Chuck Berry engga rilis “Rock & Roll Music.” Grup yang bikin Dono, Kasino, dan Indro tenar itu memparodikan lagu peraih posisi 6 tangga lagu Billboard ciptaan Sang Legenda menjadi versi Tegal yang bikin ngakak guling-guling.

Itulah 6 warisan yang diberikan Chuck Berry kepada dunia. Secara fisik, sang legenda udah enggak ada lagi, tapi Genmuda.com yakin dia bisa terus hidup. Asalkan, musik dan semua warisannya tetep dimainin para musisi dari seluruh dunia.

via nytimes.com
(Sumber: nytimes.com)

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.