Selasa, 18 Desember 2018

Genmuda – Pendaftaran CPNS 2018 mulai dibuka besok, Rabu (19/9) melalu situs resmi sscn.bkn.go.id. Berdasarkan pengalaman dari ujian CPNS sebelumnya, banyak para pendaftar yang justru gagal lolos dalam tahap administrasi data alias step pertama.

Padahal kesalahan tersebut bisa dihindari dari jauh-jauh hari kalo aja Kawan Muda lebih memperhatikan hal-hal kecil ini. Percaya deh, biarpun receh sejumlah kesalahan ini pasti bisa menimpa siapa aja dan fatal akibatnya.

Biar kamu gak termasuk calon peserta tes CPNS yang gagal dari tahap awal, nih Genmuda.com kasih tau kesalahan receh yang sering dianggap sepele. Perhatikan baik-baik, ya!

1. Email gak aktif

via: Tumblr

Ini tahap paling dasar dan jangan dianggap remeh. Saat membuka situs sscn.bkn.go.id kamu harus menggunakan email aktif dan passwordnya udah kamu ingat. Saran genmuda.com sebaiknya kamu punya email khusus pekerjaan dan jangan campur aduk sama email urusan medsos. Gak mau ribet? Disaring aja email yang masuk.

2. Foto semau kamu

(Sumber: Instagram)

Gak peduli kamu itu kalo foto anglenya di kiri, kanan, atas, bulat, kotak, segitiga. *canda. Untuk Tes CPNS setiap peserta wajib menggunakan pas foto formal dengan kemeja putih dan latar merah.

Gak usah bergaya rebel, ini kan tes dari pemerintah otomatis kamu harus ikut aturan mereka. Sediakan juga foto ukuran 2×3 dan 4×6 dengan ukuran maksimal 300 kb. Kalo kamu kurang paham minta tolong sama petugas studio foto juga bisa kok.

3. Ukuran hasil scan Ijazah dan transkrip terlalu besar

Pastikan juga hasil scan dua dokumen ini jelas. Terus ukuran sizenya gak boleh lebih dari 300 kb dan harus kamu upload dalam format PDF. Gak ngerti ubah dari JPG ke PDF? Coba browsing di internet, banyak kok situs online untuk mengubah sejumlah file ke dalam bentuk PDF.

4. Gak cek NIK dan NKK

©Genmuda.com/2017 TIM
Data di KTP berbeda dari data yang terdaftar di pusat data pemerintah. ©Genmuda.com/2017 TIM

Seperti kasus yang pernah Genmuda.com bahas, kasus ini sering disadari oleh calon pendaftar. Ada kasus dimana NIK di KTP bisa berbeda dengan NKK dalam Kartu Keluarga atau malah gak terdaftar sama sekali.

Kalo berbeda calon pendaftar biasanya gak akan bisa login. Tapi jangan cemas, karena waktu pendaftaran dan verifikasinya hingga minggu kedua Oktober, kamu masih bisa kok urus berkas-berkas kependudukan kamu ke kantor kelurahan setempat.

5. Asal cari surat akreditasi jurusan

via: Giphy

Musim CPNS kayak sekarang biasanya tiap Universitas sudah menyediakan soft copy akreditasi jurusan lewat situs kampus masing-masing atau bisa kamu ambil sendiri di jurusan dalam bentuk copyan. Kalo udah pastikan juga akreditasi itu masih berlaku alias gak kadarluarsa.

Buat menghindari kasus kayak gitu, sebaiknya kamu cek langsung di situs resmi kampus kamu dan jangan asal download dari situs antah berantah. Gak kalah penting, surat akreditasi BAN PT bagi instansi pemerintah menjadi syarat utama buat menyaring calon PNS. Jadi pastikan surat akreditasi kampus kamu sesuai dengan instansi yang ingin kamu lamar.

6. Kurang teliti sebelum mendaftar

Gak cukup dua kali, kalo bisa empat atau lima kali kamu cek semua kelengkapan syarat administrasi sebelum mendaftar di tes CPNS. Ini penting loh, daripada gak lolos cuma karena kurang satu berkas kan sayang.

7. Mendaftar di jam sibuk

Belajar dari pengalaman sebelumnya, situs resmi sscn.bkn.go.id sering banget down karena banyaknya orang yang mengakses, terutama di hari pertama. Biar kamu engga emosi jiwa, Genmuda.com sarankan untuk mengaksesnya di malam hari.

Untuk kenyamanan, sebaiknya kamu udah membersihkan histori, cache, dan cookies dari browser. Pastikan juga koneksi internet kamu stabil supaya engga gagal upload dokumen.

Tenang sejak resmi dibuka esok hari, Pemerintah masih kasih kamu waktu hingga minggu kedua Oktober untuk melengkapi berkas yang kurang untuk melakukan pendaftaran tes CPNS 2018.

Hingga berita ini diturunkan, tentunya kamu wajib membaca lebih lengkap persyaratan resmi yang dibutuhkan melalui situs sscn.bkn.go.id. Tips di atas diambil berdasarkan data dan pengalaman dari tes CPNS sebelumnya. Semoga bermanfaat, ya!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.