Rabu, 12 Agustus 2020

Genmuda – Engga jauh beda dari masa SMA, masa kuliah pada dasarnya juga menarik. Bahkan, ada pula banyak hal yang bisa kamu kangenin pas kamu udah lulus kuliah loh, Kawan Muda.

Saat kuliah, kamu boleh aja benci sama mata kuliah, dosen, kantin, Wi-Fi lemot, atau apapun itu yang ada di kampus kamu. Tapi, saat kamu udah lulus, diwisuda, dan ngelanjutin kehidupan kamu ke tahap yang berikutnya, ada kalanya kamu pasti bakal teringat dan pengen balik lagi ke masa kuliah kamu.

Intinya, saat kuliah mungkin ada sejumlah hal yang kamu biarin gitu aja karena udah jadi bagian dari rutinitas sehari-hari kamu. Hingga suatu hari, kamu akhirnya nyadar kalo berbagai hal itulah yang bakal bikin kamu kangen sama masa kuliah. Berikut ini Genmuda.com rangkumin 8 contohnya:

1. Kamar kost/asrama

Selama kuliah, kamu yang tinggal jauh dari orang tua mungkin ada yang kecewa dengan kamar kost/asrama kamu. Entah karena ukuran, lokasi, teman sekamar, atau penghuni lainnya, yang jelas beragam hal itu bikin kamu pengen buru-buru balik lagi ke kamar kamu di rumah. Terlepas dari itu, kamu dijamin tetap bakal kangen sama kenangan yang kamu buat di kamar kost/asrama kamu itu.

2. Penampilan apa adanya

via memeguy.com

Entah kamu ke kampus pakai kaos doang atau bahkan sampai engga mandi gara-gara bangun kesiangan, engga ada yang bakal peduliin atau perhatiin kamu banget kok, Kawan Muda. Selama kamu engga terlihat dekil banget kayak abis bertapa di goa bertahun-tahun dan bau badan kamu engga ngeganggu orang-orang di sekitar kamu, itu masih bisa diterima. Lain halnya pas kamu udah masuk dunia kerja, umumnya kamu bakal dituntut buat berpenampilan rapi setiap saat (semacam business casual).

3. Libur berbulan-bulan

Percaya engga percaya, engga ada libur yang lebih asyik daripada libur kuliah. Libur kuliah biasanya bisa berlangsung sekitar dua sampai tiga bulan. Sebaliknya, libur sekolah mah paling lama cuma sampai sebulan, apalagi libur kerja paling cuma seminggu doang (kecuali lagi cuti, udah gitu cuti hamil pula).

4. Bolos tanpa alasan

via photobucket.com

Ini bukan bermaksud jadi pembenaran buat bolos kamu selama ini loh ya. Tapi, biasanya ‘kan di awal perkuliahan dosen suka ngasih jatah bolos tuh. Engga peduli jatah itu kamu pakai buat sakit atau cuma gara-gara malas doang, yang jelas jatah bolos tersebut engga bakal bisa kamu dapetin selain di masa perkuliahan.

5. Waktu luang yang lebih banyak

Berhubung kuliah itu engga kayak sekolah yang jadwalnya tiap hari sama dan kamu bahkan bisa ngatur jadwal kamu sendiri, otomatis kamu sebetulnya punya lebih banyak waktu luang. Hang out di tengah minggu pun engga jadi masalah, soalnya kamu juga masih punya cukup waktu buat istirahat. Beda banget kalo kamu udah kerja, biasanya pulang kerja pengennya langsung buru-buru nyampe rumah.

6. Diskon pelajar

via uwaterloo.ca

Mulai dari restoran sampai naik mobil travel Jakarta-Bandung sekalipun, semua bisa didiskon selama kamu punya kartu mahasiswa. Sekalinya kartu mahasiswa kamu udah engga berlaku, palingan kamu cuma bisa nikmatin diskon-diskon standar yang harganya udah dinaekin dulu baru didiskon. Mending buru-buru manfaatin deh kartu mahasiswa kamu selagi masih berlaku.

7. Bahagia walau bokek

Ibarat kata Bob Marley, pas kuliah mah no money no problem. Kalo mau makan di saat-saat tiris, kamu bisa kasbon dulu di ibu kantin atau patungan sama teman-teman kamu. Pokoknya ada aja deh cara supaya kamu engga kekurangan dan masih bisa makan walau duit udah tinggal recehan.

8. ‘Ngegocek’ junior

via teen.com

Wah, buat yang satu ini mah boong banget kalo kamu engga kangen. Ini semacam ngegodain dedek-dedek emesh gitu deh, Kawan Muda. Pas udah jadi senior, sedikit banyak dari kamu pasti bakal pengen buat manfaatin status kamu sebagai senior demi ngedeketin para junior, baik saat ospek, kegiatan mahasiswa, maupun di kelas pas perkuliahan berlangsung. Ada yang junior yang berhasil kecantol sama kamu engga nih? (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer