Minggu, 12 Juli 2020

Genmuda – Banyak orang yang memanfaatkan media sosialnya sebagai tempat buat mengekspresikan dirinya lewat foto. Ada yang jadi fotografer dan ada juga yang jadi modelnya. Foto yang bagus tentunya hasil kerjasama dari kedua pihak dong ya, yaitu antara si model dan sang tukang foto.

Meskipun secantik, seganteng, atau sekeren apapun kamu, tetep aja hasil fotonya kurang bagus kalo kamu gak bisa bergaya dengan bener. Emang sih gak ada acuan gaya yang bener itu gimana dan gaya yang salah itu gimana, tapi seenggaknya coba deh buat hindari 7 kesalahan ini supaya foto kamu hasilnya bagus.

Inget, mau pake ponsel kamera bagus atau filter-filter kekinian pun akan jadi percuma kalo kamu gak paham sama hal yang Genmuda.com paparin berikut ini:

1. Jangan nunduk

A post shared by Sarah Ayu (@sarahayuh_) on


Ada hal yang kamu sembunyikan dan ada juga hal yang kamu kasih liat ketika kamu berfoto dengan kondisi agak nunduk. Yang pertama, ketika kamu nuduk, leher kamu jadi gak keliatan dan malah jadi ngasih ilusi kamu gemuk. Yang kedua, kamu bakal menunjukkan si ‘double chin’ kamu ketika kamu nunduk.

Sebaiknya, posisi wajah kamu ditegakkan aja dengan memandanng lurus ke depan. Kasih liat leher kamu, jangan dibuat turun posisi wajahnya. Posisi leher yang tegak menghadap ke depan juga bisa menambah sisi elegan dari diri kamu.

2. Jangan bungkuk

Gak enak juga lah ya kalo liat foto orang bungkuk. Bagusnya sih tegak aja, sambil menekankan bahu kamu ke arah depan buat ngasih kesan yang kuat. Lagian kalo kamu posisinya lagi duduk dan bungkuk, pasti si lemak-lemak di perut keliatan deh.

Intinya sih, jangan bungkuk kalo posisi kamu lagi berdiri, karena nanti hasil fotonya jadi kurang enak diliat. Dan kalo posisi kamu lagi duduk, jangan pernah nyender ke bangku ya. Harus tetep tegak dan anti bungkuk.

3. Hindari menyilangkan tangan

A post shared by Sonia Eryka (@soniaeryka) on Apr 8, 2017 at 3:09am PDT

Kalo kamu mau kasih liat bentuk tubuh kamu, hindari pose melipat tangan atau bersedekap ya. Karena kalo bersedekap, otomatis posisi tangan kamu itu akan menutupi bagian tubuh yang biasanya menunjukkan ‘curve’-nya.

Tegak aja, jatuhin tangan kamu, tapi jangan sampe terlihat kaku. Jangan lupa buat berdiri dengan posisi lurus dan angkat kepala kamu supaya si leher keliatan. Kasih liat lekukan badan kamu supaya makin ciamik.

4. Bikin ilusi bentuk tubuh

Nah, ada tips lain nih kalo kamu pengen ngasih liat bentuk tubuh kamu. Selain dengan cara gak menyilangkan tangan di tubuh bagian depan, kamu juga bisa mengganti posisi badan kamu dengan berdiri dengan posisi agak menyerong, supaya gak keliatan lebar badannya.

Setelah itu, coba taro tangan kamu di pinggang. Ala-ala model gitu yang suka pose di akhir ‘runaway’-nya. Dengan posisi badan agak menyerong dan tangan kamu ditaro dipinggang gitu, kamu bisa kasih ilusi bentuk badan kamu, dan menghindari teriakan “ih kok lebar sih!”.

5. Hindari baju kebesaran

A post shared by Febby Rastanty (@febbyrastanty) on Nov 14, 2016 at 9:03pm PST

Nah, mungkin sebenernya bukan kamu yang salah pose, atau karena kamu yang emang agak gemuk, tapi bisa jadi juga karena pilihan baju kamu yang kurang tepat pas kamu lagi foto. Pake baju yang lebih lebar atau lebih besar dari badan kamu ternyata emang bikin foto kamu kurang maksimal loh!

Buat menyiasatinya, sebaiknya kamu pake ukuran baju yang pas sama badan kamu. Tapi jangan kekecilan juga. Yang pas pokoknya. Tips lainnya, kamu bisa nih kasih pose dengan taro kedua tangan kamu dipinggang, kayak Miss Universe gitu. Posisi ini bisa kasih ilusi kalo kamu tuh punya pinggang.

6. Jangan kasih liat siku kamu

Agak aneh juga ya kalo di foto itu kamu kasih liat secara jelas siku kamu ke arah kamera. Pose ini akan keliatan sangat gak natural dan malah bikin hasil foto kamu gak maksimal. Buat menghindarinya, jangan pernah mengarahkan siku kamu langsung ke arah kamera. Sebaiknya, taruh aja lengan kamu dengan posisi yang aman. Kalo mau pose ala-ala pegang leher, coba ikutin pose di atas aja.

7. Gaya, jangan kaku

A post shared by Lula Lahfah (@lulalahfah) on May 31, 2017 at 6:06am PDT

Ini sih terpenting ya. Masa mau foto tapi gak pose? Jangan kaku-kaku lah, hindari berdiri tegak tanpa ngelakuin pose atau gerakan apapun. Coba buat pose sebisanya tapi jangan kaku. Manfaatin outfit yang kamu pake, supaya hasil foto kamu keliatan lebih outstanding!

Setelah foto kamu bener, baru deh cobain edit lengkap dengan hashtag dan caption yang menarik kayak selebgram Dwi Handayani. Selamat mencoba, ya! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.