Jum'at, 19 April 2024

Genmuda – Sony PlayStation akhirnya ‘mengizinkan’ para pengguna PC buat mainin game-game PS3, Selasa, (23/8). Keputusan itu diambil supaya para pengguna komputer bisa mainin juga game eksklusif PS macam ‘Last of Us’ atau ‘Uncharted’.

Dari blognya, PS4 negesin kalo fitur cross-platform ini tersedia buat pengguna Windows PC (sorry ya anak Mac). Hingga kini, program itu baru tersedia di Eropa dan rencananya bakal diaktifkan di Amerika Utara, Asia, juga Oseania menyusul.

Lewat blognya, PlayStation ngasih tau hal yang kamu butuhin buat ngejalanin lebih dari 400 judul game PS3 di komputer. Penasaran? Baca baik-baik di bawah ini. Jangan sampai kelewat ya.

1. DualShock 4 USB Adapter

via blog.playstation.com
(Sumber: blog.playstation.com)

Game yang bisa cross-platform ke PC ini bisa dimainin dengan stik DualShock 4 alias stik bawaan yang ada di PS4. Karena stik PS4 ga bisa langsung konek dengan PC, kamu butuh adaptor DualShock 4 yang bisa dicolok langsung ke USB komputer.

Dengan begitu, semua tombol, joystick analog, touchpad, vibrasi, hingga motion sensor stiknya bekerja sempurna, sesuai dengan fungsinya di PS4. Adaptor ini rencananya bakal dirilis September dengan harga 24-29 dollar AS.

2. Punya akun PS Now dan PC Appsnya

via Genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

PS Now merupakan platform online tempat orang bisa belanja game PS3 secara online dan memainkannya dengan fitur cloud, alias bisa dimainin tanpa CD asalkan aplikasi PS Now di komputer terus terhubung dengan internet.

Di Amerika Utara, orang bisa langganan akun PS Now seharga 19 – 20 dollar AS sebulan. Inget, LANGGANAN ya. Kalo engga gitu mah Sony PlayStation bisa rugi bandar karena para pengguna PC selalu punya cara buat ngebajak game yang ada.

3. Jaringan internet

via wired.com
(Sumber: wired.com)

Pihak PlayStation nganjurin kalo orang yang mau main lewat PS Now butuh koneksi internet paling engga 5Mbps yang stabil. Dengan kata lain, butuh sambungan internet broadband kalo bisa dengan kabel supaya koneksinya tetep oke.

4. Komputer setara Intel Core i3

via deviantart.net
(Sumber: deviantart.net)

Karena grafis dan konten game PS3 udah terbilang kece bahkan di era Next Gen kaya gini, kamu juga butuh komputer paling engga dengan prosesor Intel Core i3 atau AMD A10. Selain itu OS komputernya juga minimal Windows 7.

Kamu juga butuh RAM paling engga sebesar 2 GB biar main gamenya engga terlalu lag. Buat nyimpen game, save, dan data lainnya, kamu juga butuh ruang kosong di hardisk paling engga 300 MB.

5. Budget

gak punya uang di pertengahan puasa

Kalo ngeliat harga hardwarenya, harga komputer dengan spek kaya gitu ga jauh beda dari harga PS3 baru (sekitar 4-5 jutaan). Tapi langganan PS Nownya yang bikin nyesek. Biarpun harga PS Now jadi 45 dolar AS kalo langganan per 3 bulan, nyesek juga buat ngeluarin sekitar 600 ribu tiap tiga bulan sekali, ketawan nabung buat beli PS4 ya? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.