Minggu, 16 Desember 2018

Genmuda – Kalo denger yang namanya hari Senin kayaknya otak kita udah males aja nerimanya.  Nerima kenyataan yang dateng kalo ternyata weekend udah selesai, dan harus nunggu 5 hari lagi sebelum kita bisa jalan sama si doi. Ngejalanin segudang aktivitas yang ngebuat kita layak disebut sebagai manusia.

Hari pertama dalam seminggu ini biasanya identik sama yang namanya ‘kemageran’. Istilah modern yang menggambarkan kalo seseorang males buat ngapa-ngapain. Selain mager, Senin juga identik sama yang namanya kesibukan, kepadatan, dan situasi ngeluh-mengeluh. Soalnya, semua orang di belahan dunia manapun, kembali lagi ke rutinitasnya masing-masing. Pokoknya hari yang bikin orang sedunia sibuk.

Padahal nih ya, hari Senin itu punya filosofi yang bisa kita pelajari. Namanya aja udah hari pertama dalam seminggu, itu bisa berarti awal dari segala macam aktivitas. Gerakan kehidupan bermasyarakat yang akhirnya menghasilkan peradaban. Sekarang, kalo kita udah males berhadapan sama hari Senin, gimana  4 hari kedepan? Jadi, hari Senin itu bisa mencerminkan kamu di hari-hari selanjutnya.

(Source: giphy.com)

Terbilang bikin mager ya emang engga bisa ditepis juga, secara hari Minggu itu banyak menghadirkan godaan. Dari bisa guling-gulingan di kasur doang, jalan sama si doi atau quality time sama keluarga yang jarang banget bisa kamu dapet di hari biasa. Saking mager-nya, sampe ada semboyan “I hate monday”. Sebuah ungkapan baru yang udah mendarah daging di semua masyarakat dunia.

Tapi, tau engga kamu Kawan Muda, kalo ternyata banyak hal yang emang cuma ada di hari Senin. Hal yang bisa bikin kamu menanti-nanti atau malah bikin kamu tambah mager. Apa aja tuh? Baca langsung dibawah. 

1. Sate Senin, sate yang cuma buka di hari Senin

Girang amat makan sate

Gokil sih nih idenya. Sate Senin kayakya berusaha bikin para penikmat sate menanti-nantikan rasa sate buatan mereka, karena bukannya cuma hari Senin. Walaupun Genmuda juga belum pernah cobain. Tapi pasti enak lah.

Dikutip dari malesmandi.com, Sate Senin menyajikan sate yang berbeda dari tukang sate kebanyakan. Menu yang tersedia itu ada 2, yaitu sate klopo dan sate manis. Apaan tuh sate klopo?

(Source: malesmandi.com)

Sate Klopo itu jenis hidangan sate yang banyak kita temuin kalo lagi jalan-jalan ke berbagai daerah di Jawa Timur. Umumnya, sate klopo berbahan dasar daging sapi, terus bumbunya ditambahin parutan kelapa. Kalo proses pembakarannya masih sama kok. Sama kaya pas bakar foto mantan.

Wah, ada Goodyear ngiklan

Rasanya gimana yah? Kamu datengin aja langsung pas hari Senin ke JL Radin Inten II, Buaran, Jakarta Timur. Mereka buka dari jam 6 sore sampai jam 12 malam. Semoga rasa sate asli Jawa Timur ini bisa bikin hari Senin kamu hepi.

2. Upacara

Buat kamu yang masih duduk di bangku depan rumah mantan sekolah, rasanya belum pantes disebut pelajar kalo belum ikut upacara hari Senin. Seremonial (asik) yang pasti ada di setiap institusi pendidikan ini mengharuskan kita berdiri di lapangan dan pake topi sama dasi. Lemes sih, masih ngantuk udah berdiri kurang lebih setengah jam. Terus, ngikutin prosesi yang ada, mulai pidato kepala sekolah, pembacaan janji siswa sampe pengibaran bendera yang bikin kita melek kalo paskibranya cantik.

Tapi, kamu harus semangat Kawan Muda. Karena upacara itu merupakan salah satu seremoni yang bisa ngebangun jiwa nasionalisme kita. Sebagai generasi penerus, kita harus tetap hormat kepada satu bendera, yaitu merah putih.

3. Kesurupan I Hate Monday

Kesurupan belajar main gendang

Semboyan ini kayaknya bisa nge-brainwash pikiran kita dalam 1 detik. Bayangin nih, misalnya kamu udah bela-belain bangun pagi biar engga telat berangkat. Mandi cantik udah, sarapan, senyum yang lebar dan engga lupa gambar alis. Terus, pas lagi pake sepatu kamu ngecek Twitter dan yang muncul cuma sederet status pake hashtag #ihatemonday. Akhirnya galau duluan ngadepin padatnya hari Senin. Ikutan deh lemes seharian dan pasang hashtag #ihatemonday.

Yang jadi permasalahan, gimana caranya kamu lagi pake sepatu terus sambil megang hp?

4. Macet Tingkat Hokage Ke-3!

(Source: popxo.com)

Kalo kamu tinggal di kota-kota besar, selain hari Jumat, hari Senin juga jadi yang paling macet dari hari biasa. Ada yang tau kenapa?

5. Monas Ditutup!

Terhitung dari tanggal 12 Agustus 2014  lalu, jam operasional Monas buat hari Senin udah ditutup Kawan Muda. Kecuali buat yang lari pagi, mulai dari jam 4 subuh sampe jam 9  masih dipersilahkan. Ngintip dari berita detik di tanggal yang sama, penutupan di hari Senin ini diberlakukan biar pihak pengelola punya waktu buat ngerawat lingkungan Monas. Mulai dari tugu, lift dan tamannya.

6. Museum Juga Banyak Yang Tutup

(Source: tumblr.com)

Setiap hari Senin, kebanyakan Museum di seluruh dunia ditutup buat umum. Karena ada peraturaran khusus yang tertulis buat seluruh Museum di dunia. Salah satu contohnya Museum Wayang di Jakarta. Engga percaya? Datengin aja hari Senin. Pasti tutup!

7. Ragunan Juga Tutup, Engga Mau Kalah

 (Kayaknya tempat wisata ikutan mager buka nih hari Senin)

(Source: giphy.com)

“Mohon maaf untuk pengunjung Taman Margasatwa Ragunan pada hari senin Ragunan TUTUP untuk kunjungan, kami akan mulai buka kembali pada hari Selasa s/d Minggu pukul 08.00 – 16.00 WIB. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya kami berharap anda dapat berkunjung lain waktu bersama mantan.” Itu yang ditulis di halaman website resmi ragunanzoo.jakarta.go.id

Nonton Hemat Setiap Hari Senin Dengan T-CASH TAP

Wah, cocok banget nih buat ngingetin masa nomat (nonton hemat) yang dulu berlaku di banyak bioskop (sekarang masih engga ya?). Kalo kamu punya TCASH Tap dari Telkomsel ini,kamu cuma harus ngerogoh kocek Rp. 15.000 buat nonton di CINEMA XXI di seluruh Indonesia. Punya Rp. 30.000 di kantong saldo TCASH, kamu udah bisa nonton berdua sama si doi. Engga perlu buka dompet lagi, tinggal kasih hp kamu ke mas/mba-nya, proses pembayaran kamu selesai. Praktis, aman dan bikin kamu nyaman. Handphone bisa mejeng.

Engga cuma nonton doang jadi murah, kalo kamu udah aktifin TCASH kamu di Grapari Telkomsel, segala kebutuhan kamu penuh potongan harga. Mau makan dimana? McDonald’s? Diskon. Bakmi GM? Diskon. Ngopi cantik sore-sore di Liberica? Diskon. Ke Seven Eleven, Chatime atau Baskin Robins semuanya diskon. Buat tanggal tua yang lagi hemat-hematnya ngeluarin duit, TCASH bisa jadi solusi yang paling ngebantu kamu.

Buat aktivasi, kamu cukup telp mba-nya di *800*88#. Kalo yang ngangkat cowo, matiin. Pokoknya harus mba-nya. Kalo udah jadi, tinggal isi saldo di Indomaret terdekat. Engga ada lagi yang namanya nunggu bank buka atau ngantri panjang mau nyetor duit. Telkomsel, For Better Indonesia.

(adv)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis