Jum'at, 27 Januari 2023

Genmuda – Kamu udah pernah nonton film ini? Kalo belum Genmuda.com bisa maklumin, karena emang persebaran film ini tolak di berbagai daerah di Indonesia. Film dokumenter berjudul Senyap (The Look of Silence) yang disutradari oleh Joshua Oppenheimer, asal Denmark, ini berhasil nempatin ruang di ajang penghargaan film bergengsi dunia, Oscar 2016, dalam nominasi Documentary Feature.

Film ini menceritakan tentang perjalanan seorang keluarga korban pembantaian tertuduh Komunis pada tahun 1960-an di Sumatera Utara. Menyorot kisah seorang pria bernama Adi beserta keluarganya, yang dituduh merupakan bagian dari PKI. Film yang memicu kontroversi oleh beberapa pihak di Indonesia ini akhirnya dilarang tayang dan engga lulus lembaga sensor film. Berikut beberapa fakta yang berhasil Genmuda.com rangkum terkait film senyap.

 

Penghargaan Internasional

 

Dalam ajang Venice International Film Festival 2014, Senyap berhasil membawa pulang 5 penghargaan loh. Engga cuma di Venice, Joshua dkk juga nyabet banyak penghargaan di Busan International Festival, Bodil Awards, dan Berlin International Festival.

Penayangannya Dicekal dan Dibubarkan Masa

Engga sedikit berbagai komunitas bahkan mahasiswa perguruan tinggi yang menggelar pemutaran film “Senyap”. Yang tercatat, pemutaran film tersebut di Universitas UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta dibubarkan oleh puluhan ormas yang tiba-tiba menghampiri kampus, dilansir dari sindonews. Di Padang, pemutaran film tersebut malah ditolak mentah-mentah. Apa karena film ini terang-terangan menceritakan praktik komunisme, –yang merupakan bagian dari sejarah Indonesia.

 

Dicekal, Engga Boleh Ditonton, Tapi ada di Youtube. Download Juga Gratis

Duh, kalo dilarang kenapa engga putus penyebarluasannya? (sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis