Minggu, 16 Desember 2018
StudentKampusSekolah

7 Hal Wajib yang Disiapkan Saat Musim Hujan

(©Genmuda.com/2016 TIM)Dua orang pengunjung lagi berfoto di WTF 2016, Minggu (14/8). Meski hujan, penonton tetep hepi mengikuti acara. (©Genmuda.com/2016 TIM)

Genmuda – “Tik tik tik… Bunyi hujan di atas genting.” Siapa yang kangen sama musim hujan, yuk tunjuk tangan! Memasuki Bulan November-Desember, kita bakalan ketemu lagi sama musim hujan. Apa aja yang harus disiapin?

Ada yang suka sama musim hujan, ada juga sebaliknya. Buat sebagian orang, musim hujan itu menyenangkan, karena cuacanya adem, gak gerah dan panas, enak buat istirahat, sekaligus banyak alasan buat engga sekolah, ngampus, ataupun ngantor (eh…). Sebaliknya, ada juga yang menganggap musim hujan itu bikin repot. (Ya, namanya juga manusia, dikasih hujan salah, engga hujan juga salah)

Memasuki November hingga Desember, di Indonesia identik dengan musim penghujan. Beberapa hari belakangan aja, banyak wilayah-wilayah yang udah mulai diguyur hujan. Hal ini jadi berkah tersendiri buat daerah yang selama ini mengalami kekeringan, sekaligus bisa membantu memadamkan kebakaran hutan dan kabut asap. Tapi hujan juga bikin was-was, karena banyak wilayah yang rentan dilanda banjir.

Makanya, buat menyambut musim penghujan, ada hal-hal yang harus kamu siapin nih Kawan Muda, biar aktivitas sehari-hari kamu tetap lancar dan engga terganggu.

1. Sedia payung/ jas hujan dan pakaian hangat

Udah pasti, kamu harus mulai membawa payung ataupun jas hujan kemana-mana. Siapa tau, di tengah jalan tiba-tiba hujan turun dan gak ada tempat buat berteduh. Pasti kamu gak mau dong, basah-basahan sambil lari-lari kayak film India? Yang ada malah masuk angin nanti, gengs.

So mulai sekarang, siapin lagi payung atau jas hujan kemanapun kamu pergi ya. Jangan lupa buat nyiapin pakaian yang hangat biar kamu gak kedinginan. Bongkar lagi lemari dan keluarin segala macem sweater, jaket, dan cardigan kamu. Pilih juga sepatu yang nyaman dipakai buat ngelewatin jalanan yang becek ya guys.

2. Periksa kendaraan

Buat kamu yang berkendara, musim hujan juga bisa membahayakan. Jalanan yang licin, pengelihatan yang jadi kabur dan jarak pandang terbatas bisa bikin risiko kecelakaan meningkat atau mogok di tengah jalan. Jadi, jangan lupa periksa kendaraan kamu sebelum berangkat. Lampu sein dan rem pastikan bekerja dengan baik.

3. Minum vitamin dan jaga pola makan

Perubahan cuaca dari panas ke musim hujan juga sering jadi penyebab penyakit. Selain itu, di musim hujan, ancaman flu dan penyakit-penyakit lainnya juga bisa terjadi loh Kawan Muda. So, pastiin kamu rajin minum vitamin dan jaga pola makan. Jangan jajan sembarangan dan membeli makanan yang gak bersih dan sehat. Siapin juga obat-obatan di rumah ya.

4. Periksa kondisi atap dan selokan air

Biar engga was-was tiba-tiba atap bocor-bocor atau rumah kebanjiran gara-gara selokan mampet, yuk cek dulu kondisi rumah kamu. Apalagi buat yang tinggal sendirian, jangan sampai tiba-tiba rumah atau kosan kamu udah berubah jadi akuarium pas hujan datang.

5. Siapin hiburan di rumah

Musim hujan bakalan bikin kamu males keluar rumah. Biar gak bosan, kamu juga bisa kok santai-santai dan ngelakuin hal yang menyenangkan. Contohnya, selimutan sambil nonton DVD, baca komik atau novel, sampai main monopoli, catur, kartu UNO, dan lain-lain bareng keluarga atau pacar.

6. Selalu sedia makanan dan cemilan

Ngerasa gak kalo musim hujan bikin nafsu makan kita juga jadi meningkat? Dengan jadi sering lapar dan pengen cemil ini-itu, sebaiknya kamu siapin berbagai makanan dan cemilan di rumah, biar gak repot keluar buat beli ini itu. Tapi jangan lupa buat siapin juga alat timbang, biar kamu gak kebablasan ya gengs.

7. Tebengan

Ini salah satu yang paling penting. Namanya musim hujan, males banget dong harus nunggu-nunggu angkot atau bis di pinggir jalan dengan risiko kena cipratan mobil atau motor yang lewatin genangan air? Nah inilah saatnya kamu bermodus-modus ria ke teman, pacar, gebetan, ataupun mantan biar dapet tebengan. Udah gak usah repot, syukur-syukur gratis dan jadi hemat ongkos kan?

 

Bonus: Musim hujan juga identik sama suasana yang sendu dan bikin galau. Sambil hujan-hujan dan baca tulisan ini, ada lagu yang cocok buat kamu nih. Cekidot!

(sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥