Senin, 6 April 2020

Genmuda – Awal tahun 2020 kita udah disambut sama musim hujan dengan curah hujan yang cukup tinggi di sejumlah kota. Selain musibah banjir yang melanda Jabodetabek, masalah penyakit yang mengancam kesehatan juga gak luput dari perhatian kita.

Namun demikian musim hujan juga melahirkan penyakit turunan yang bisa aja dialami banyak orang, yaitu MALES. Karena cuacanya ngedukung buat ‘rebahan’ di rumah seharian, jadi ada aja di antara Kawan Muda yang mager buat melakukan aktivitas. Mau ke kampus, sekolah, atau kantor bawaan males banget. Belum lagi hawanya pengennya tidur seharian.

Genmuda.com paham kok apa yang lo rasain, karena sambil bikin tulisan ini penulis juga sedang dirundung kemalesan yang haqiqi. Nah, karena kita senasib dan seperjuangan di musim hujan, berikut Genmuda.com kasih 7 minuman yang cocok buat lo konsumsi di musim hujan biar tetep semangat dan ‘on’ terus sepanjang hari.

1. Teh jahe

Susu jahe bisa lo temui menjelang sore atau malam hari, tapi untuk pagi dan siang hari teh jahe adalah solusi paling aman buat dicoba. Rasa jahe pedas bisa kasih rasa hangat di dada lo selama musim hujan. Selain bikin anget, jahe juga berkhasiat menangkal penyakit kulit dari air banjir sekaligus mengatasi masalah pencernaan. Etapi daripada lo repot-repot parut jahe sendiri banyak kok produk teh jahe kemasan yang dijual di toko offline dan online.

2. Cokelat Panas

Minum cokelat panas di musim hujan juga ampuh bikin lo tambah semangat. Inget cokelatnya murni ya, jangan kebanyakan gula. Kenapa? Menurut berbagai sumber cokelat kaya kan zat katekin yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga senyawa flavonoid yang mengandung antioksidan kuat yang mengurangi peradangan. Nah kalo cokelat dipanaskan semua kandungan itu bakal dilepaskan lebih efektif. Kalo gak mau pakai gula, lo juga bisa menambahkan sedikit susu putih ya.

3. Susu Almond

Eits, susu almond bukan cuma buat ibu hamil doang nih gengs. Faktanya minuman ini memiliki kalori lebih sedikit daripada susu sapi dan juga tidak mengandung kolesterol. Susu almond panas bisa lo campur dengan bahan alami tambahan kayak kayu manis, madu, atau syrup vanila (kalo ada). Tapi kalo lo gak mau tambahin apa-apa juga udah cukup oke kok buat teman minum di musim hujan.

4. Kopi Kayu Manis

Kopi panas dicampur kayu manis terbukti banyak memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kayu manis punya senyawa antibakteri yang membantu menjaga kekebalan tubuh. Bumbu ini juga dikemas dengan banyak sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh flu di musim hujan seperti sekarang.

5. Red Wine

Anggap lah lo tajir melintir dan sudah cukup umur. Nah, menurut sebuah penelitian di Inggris, dengan mengonsumsi segelas wine sehari dapat mengurangi risiko infeski sebesar 11 persen. Ini dikarenakan flavan-3 dalam anggur membantu tubuh menangkal bakteri helicobacter pylori yang menyebabkan gastritis, bisul dan kanker perut. Meminum red wine setelah beraktivitas juga dapat membantu daya ingat.

6. Bajigur

Kalo red wine kelihatan ‘minuman sultan’ buat lo, maka masih ada minuman dengan kearifan lokal dan murah meriah buat lo konsumsi selama musim hujan, yakni bajigur. Selain harganya yang murah bajigur punya banyak manfaat buat tubuh, mulai dari menyehatkan pencernaan, meremajakan kulit, sampai memperlancar aliran darah sehingga lo tetep bisa fokus selama musim penghujan.

7. Bandrek

Nah, lo susah buat nemuin tukang bajigur maka silakan beli bandrek instan yang cocok diminum anget-anget pas musim hujan. Meski campuran utamanya jahe dan gula merah, bandrek juga dilengkapi dengan rempah alami kayak merica, pandan, atau serai yang mampu menjaga metabolisme tubuh lo dari cuaca dingin. Mau di minum pagi atau sore hari juga oke kok.

So, itu dia 7 rekomendasi minuman musim hujan dari Genmuda.com. Kalo lo punya minuman favorit lainnya langsung aja tulis di kolom komentar di bawah ya. Selamat mencoba!

Comments

comments