Senin, 24 Februari 2020

Genmuda – Buat Kawan Muda yang udah berhasil ngelaluin semester terakhir perkuliahan dan udah sukses ngejalanin siding skripsi sekaligus revisinya, saat ini lo pasti lagi engga sabar buat nungguin wisuda. Tapi, di balik perasaan engga sabar itu, biasanya bakal terselip pula perasaan khawatir.

Setelah wisuda, apa sih yang nantinya bakal lo lakuin? Lo udah punya rencana pascawisuda belum? Atau jangan-jangan, lo udah keburu pusing sendiri mikirin mau ngelamar kerja ke mana aja sampai-sampai engga pengen ngebahas lagi soal apapun terkait kehidupan sehabis wisuda?

Well, lo sebenarnya engga perlu sampai stres sebegitunya kok, Kawan Muda. Kehidupan setelah lo lulus dari jenjang perkuliahan itu emang bakal lebih menantang, tapi engga harus lo takutin sampai yang gimana-gimana. Santai aja, berikut ini adalah 6 hal yang perlu lo ingat kalo lo lagi stres mikirin wisuda dan kehidupan setelahnya:

1. Lo gak harus langsung ngedapetin pekerjaan impian

via: giphy

Banyak fresh graduate kadang suka ngebebanin diri mereka buat harus langsung ngedapetin pekerjaan impian setelah lulus kuliah. Padahal, engga semua pencarian kerja bakal berjalan sesuai rencana. Daripada lo terus-terusan maksain diri, mending coba magang atau ngejalanin pekerjaan lain dulu buat ngisi waktu sambil terus nyari cara buat bisa ngedapetin pekerjaan impian lo itu. Lumayan ‘kan buat nambah-nambahin pengalaman dan pemasukan?

2. Lo belum tua-tua banget

Ya ilah, engga usah lebay deh, Kawan Muda. Lo engga bakal kehilangan masa muda cuma gara-gara udah lulus kuliah. Yang lebih penting itu jiwanya, bukan usianya. Lo masih punya waktu kok buat ngubah arah hidup dan nyobain banyak hal yang engga pernah lo tau di masa kuliah. Inget ya, masih ada banyak banget kesempatan yang menanti, asalkan lo engga nyamain ukuran waktu lo dengan ukuran waktu orang lain.

3. Lo masih bisa hura-hura

via: Giphy

Siapa bilang kalau udah lulus kuliah lo engga bisa hura-hura lagi? Masih berkaitan sama poin sebelumnya, lagi-lagi lo harus ingat kalo lulus kuliah itu bukan akhir dari kehidupan masa muda. Justru, apalagi kalo udah kerja, lo bakal punya uang sendiri buat senang-senang (asal engga keterlalu aja ya). Lagian, kalo kerja terus yang ada nanti lo malah mati percuma, Kawan Muda.

4. Lo engga perlu terus-terusan begadang lagi

Iya sih kerja kantoran memang engga semuanya 9 to 5, tapi ada juga yang nuntut hampir sebagian besar waktu lo setiap harinya. Meski begitu, pekerjaan yang kayak gitu ada kalanya juga bisa punya waktu yang lebih fleksibel. Dengan kata lain, ngerjain makalah sampai subuh kayak pas lo masih kuliah nantinya cuma bakal jadi bagian dari masa lalu (tsah!).

5. Teman-teman lo juga sama kok

Seiring mendekatnya waktu wisuda, biasanya lo pasti bakal ngebandingin rencana ke depannya sama rencana dari teman-teman lo. Padahal lo lupa kalo mereka sebenarnya juga masih belum yakin-yakin banget sama rencana mereka masing-masing. Walau mereka kelihatannya udah siap banget buat ngejalanin kehidupan setelah lulus kuliah, mereka pada dasarnya masih pengen terus kuliah dan sekarang lagi ngeringkuk di bawah shower sama kayak lo.

6. Lo engga sendirian

Engga sendirian di sini maksudnya bukan cuma karena teman-teman lo juga masih sama engga yakinnya kayak lo, tapi juga karena lo masih punya keluarga dan orang-orang terdekat lainnya yang bakal ngedukung. Lo pun bisa minta saran dan nanya pendapat mereka soal langkah apa yang sebaiknya diambil. Ngapain pusing sendirian kalo ada orang lain yang mau ngebantuin? (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer