Rabu, 2 Desember 2020

Genmuda – Awal bulan Februari 2020 ada satu film komedi dari negeri gingseng berjudul “Secret Zoo” yang siap mengisi jadwal nonton Kawan Muda. Masih diangkat dalam premis cerita yang dekat dengan keseharian, film ini disutradarai oleh Son Jae-gon yang sukses menggarap drama komedi “My Scary Girl” dan “Villain & Widow”.

Menghadirkan para pemain yang cukup familiar di tanah air, apa aja sih yang ditawarkan oleh film ini? Penasaran? Gak usah lama-lama langsung aja baca review di bawah ini sampai tuntas.

Ambisi pengacara muda

©Acemaker Movie Works/2020

Ide ceritanya “Secret Zoo” bisa dibilang cukup absurd. Awalnya kita dikenalkan oleh pengacara muda bernama Tae-soo (Ang Jae Hong) yang berambisi jadi pengacara  tetap di firma hukum ternama di Korea Selatan. Walau udah kerja keras bagai kuda dan banting tulang sampai kering kerontang, Tae-soo masih aja belum bisa mendapatkan posisi tetap.

Kegigihannya lantas dimanfaatkan oleh CEO Hwang (Park Hyuk-Kwon). Ia kemudian memberikan tugas buat Tae-soo untuk menjadi direktur sebuah kebun binatang yang sedang mengalami kebangkrutan dan dibeli oleh klien di firma mereka.

Tujuannya sederhana, Tae-soo harus bisa menghasilkan keuntungan dalam waktu tiga bulan. Jika berhasil maka ia bakal langsung menjadi pengacara tetap di firma hukum milik Hwang.

Namun masalah utamanya bukan cuma soal untung-rugi doang, soalnya di kebun binatang itu gak ada hewan eksotis yang bisa mereka tunjukkan kepada pengunjung. Bersama empat karyawan kebun binatang yang tersisa; Sae-won (Kang So-ra) seorang dokter hewan, Direktur Seo (Park Young-kyu),  Hye-kyung (Jeon Yeo-been) dan Gun-wook (Kim Sung-oh), Tae-soo punya ide cemerlang membuat kostum hewan palsu buat menarik pengunjung.

Dipilihlah hewan ikonik mulai dari singa, beruang kutub, gorila, dan kukang. Kebun binatang mendadak viral setelah Tae-soo yang mengenakan kostum beruang kutub tertangkap kamera meminum minuman soda dari penonton.

Dalam hitungan minggu jumlah pengunjung melonjak secara drastis. Utusan kantor Tae-soo kemudian diutus untuk memantau keadaan di kebun binatang baru itu. Kira-kira bakal ketahuan atau engga? Mampukah Tae-soo mendapatkan kepercayaan dari bosnya untuk menjadi seorang pengacara?

Dekat dengan keseharian

©Acemaker Movie Works/2020

Walau dibalut sama pekerjaan di bidang hukum, “Secret Zoo” terasa dekat sama kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari drama pasangan bucin, dedikasi dari sebuah pekerjaan, hingga belajar tanggung jawab seorang direktur untuk menghidupi karyawannya. Semuanya tanpa sadar disentil oleh naskah yang ditulis oleh Son Jae-gon, Lee Yong-jae, dan Kim Dae-Woo.

Sesekali penonton juga dibikin gemes sama kelakuan karyawan kebun binatang dengan sejumlah permasalahan keluarga mereka. Di satu sisi mungkin lo bakal iba sama keadaan Tae-soo, namun di sisi lain ada juga sebelnya karena ia sering kali menghalalkan banyak cara demi karirnya doang.

Meski masih satu rumah produksi dengan film “Extreme Job” namun harus diakui kalo film ini gak segemilang sang kakak dalam segi plot humor. Ada beberapa bagian yang terasa garing buat penonton. Hematnya mungkin terasa nanggung buat di beberapa bagian.

Plusnya justru ada pada kostum binatang yang dibuat semirip aslinya. Untuk porsi akting semua pemain terasa pas dengan karakter yang diperankan. Mau antagonis atau protagonis semuanya sama konyolnya.

Kesimpulan

©Acemaker Movie Works/2020

Secara keseluruhan penulis memberikan skor 3.5/5 buat “Secret Zoo”. Kendati humor yang dikasih terasa garing, tetapi film ini berhasil mengangkat cerita receh menjadi menjadi banyak isu dalam keseharian kita. Setelah keluar bioskop lo seolah dibuat mikir, “Oh, ternyata pekerjaan pengacara bisa nyambung ke sini ke situ ya.”

Terus apakah film ini layak buat ditonton? Jawabannya tentu cocok buat lo yang pengen nonton film dengan cerita segar dan ringan buat diikuti. Di Indonesia filmnya mulai tayang hari Rabu (5/2). Berikut cuplikan trailernya!

 

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.