Kamis, 17 Oktober 2019

Genmuda – Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPT) 2019 diumumkan hari ini, Selasa (9/7), mulai pukul 15.00 WIB. Data dari Kemenristekdikti menyebutkan bahwa sebanyak 168.742 peserta dinyatakan lulus SBMPTN 2019 yang terdiri dari 119.777 peserta non bidikmisi dan 48.965 peserta pemohon bidikmisi.

Buat Kawan Muda yang lulus kamu bisa langsung mempersiapkan banyak hal termasuk skema daftar. Namun buat kamu yang gagal jangan bersedih ya, karena masih banyak kesempatan buat kamu di masa depan. Biar gak down lagi, nih langsung baca informasi berikut biar kembali semangat!

Ujian Mandiri PTN

(Sumber: Istimewa)

Tenang, tiap PTN gak sedikit menyisahkan banyak kuota untuk jalur mandiri. Meski uang masuknya bervariasi seenggaknya kamu masih bisa kuliah di PTN inceran kamu. Informasi seputar ujian mandiri biasanya akan langsung tertera di situs PTN terkait.

Namun perlu kamu ingat karena uang masuknya cukup besar jadi silakan pikirkan matang-matang soal biaya kuliah dengan kesanggupan yang kamu miliki. Kalo perlu ajak diskusi otru atau saudara kamu untuk melihat peluang lulus berdasarkan daya tampung dan peminatnya. Tenang, kalo kamu belajar serius di masa depan banyak banget loh info beasiswa yang bisa kamu dapetin.

Ambil sekolah vokasi dan politeknik

©Genmuda.com/2016 TIM
Aqil (kanan) lagi nunjukin teknik menggambarnya di tangan kepada undangan konferensi pers. ©Genmuda.com/2016 TIM

Jangan anggap remeh opsi ini Kawan Muda. Meski umumnya pendidikan vokasi dan politeknik hanya sampai tingkat D3 dan D4, tapi kesempatan kamu untuk kerja sampai melanjutkan S1 setelah kerja masih terbuka lebar loh.

Inget, dalam dunia kuliah gak ada yang namanya tertinggal. Lagipula opsi satu ini sangat bermanfaat buat mengedepankan praktik kerja, bahkan ada yang berkerjasama langsung dengan instansi atau perusahaan terkait.

Perguruan Swasta

via: UAI.ac.id
(Sumber: Istimewa)

Siapa bilang PTN hanya jadi satu-satunya solusi kamu buat melanjutkan pendidikan di universitas? Banyak juga loh perguruan tinggi swasta yang gak kalah bagus dengan kesempatan kerja yang lebih besar.

Nah, jika kamu memilih opsi ini jangan males juga buat cek kembali aktreditasi kampus, fakultas, dan jurusan. Kenapa? Karena akreditasi sangat penting untuk kesempatan kerja di masa depan. Apalagi kalo kamu pengen ikutan CPNS. Dan yang paling penting gak semua kampus swasta itu mahal kok.

Ikutan les

via pikiran-rakyat.com
Anak-anak SMA ikut Sosisalisasi dan Simulasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap Pilkada 2018 di Hotel Papandayan, Jalan Gaoto Subroto, Kota Bandung, 29/8/2017. (Sumber: Pikiran-Rakyat.com)

Kalo kamu masih penasaran mau masuk PTN namun belum lulus di SBMPTN tahun ini, gak ada salahnya kamu menunggu di tahun depan. Tapi bukan berarti kamu gak ada persiapan ya. Sebaliknya kamu justru bisa lebih fokus mempersiapkan diri pada soal-soal yang kamu rasa kurang mengerti.

Sekali lagi Genmuda.com ingetin, “Kamu gak perlu malu karena tidak ada kata terlambat untuk belajar.” Hal positif yang bisa penulis bagi adalah, “Belum tentu juga kan temen kamu yang lulus tahun ini bisa lulus kuliah tepat waktu?”

Ikutan organisasi atau jadi relawan

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Apa untungnya buat kamu? Ya selain mengisi waktu sambil mempersiapkan SBMPTN tahun berikutnya kegiatan ini dapat mengasah pengalaman, nambahin relasi, dan yang pasti bisa kamu masukin dalam CV.

Jadi jangan cepat putus asa karena di masa depan pengalaman dan pendidikan yang bakal dipertanyakan. Bukan perkara, “Apakah kamu lulus SBMPTN atau engga?”

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.