Senin, 25 September 2017
Tekno

15 Hal yang Cuma Bisa Dimengerti Sama Anak Dota! GGWP!

Genmuda – Siapa yang engga kenal sama Dota 2? Kalo kamu gamers sejati tapi engga tau game keluaran Valve yang berbasis MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) ini, wah kelewatan.

Dota 2 merupakan penerus map game terdahulunya, map Dota di Warcraft III. Dota (Defense of the Ancient) yang digandrungi para gamers dari seluruh dunia ini bahkan udah ada turnamen tahunannya sendiri Kawan Muda, namanya The International dan udah berjalan di tahun ke-6. Turnamen itu jadi ajang pembuktian para professional Dota players dari seluruh dunia yang mendedikasikan hidupnya buat main game. Liga Champions versi Dota lah.

Pokoknya kalo lagi main Dota, seorang cowok bisa berubah jadi ngeselin buat kalian wahai cewek di seluruh dunia. Pasti bales chat nunggu mati dulu atau game selesai. Engga ada angin engga ada petir tiba-tiba doi marah, berarti doi lagi kalah. Kalo ada pacar kamu yang balesnya cepet pas lagi main Dota, dia berarti sayang banget sama kamu. Titik!.

Karena biasanya kalo orang lagi main Dota yang mereka liat tiap detik itu cuma map kecil dipojok. Yang mereka tau cuma gimana caranya biar bisa dapet last hit yang banyak, creepingcreeping, dan creeping sampe GG atau IMBA (Istilah jago di Dota) terus ngancurin markas musuh dan menang. Kalo kalah? Ya ada yang ngatain, ngebanyol, yang diem aja ikhlas sampe ada yang engga terima dan main terus sampe harus menang. Eh, taunya sama aja, kalah terus. Akhirnya buat ID baru biar ketemu lawan gampang.

Seseru itu banget main Dota? Penulis bilang ‘iya’. Coba kamu rasain sendiri gregetnya pas main. Kira-kira apalagi tuh yang bikin seru pas main Dota? Nih, Genmuda kasih 15 hal yang cuma bisa dirasain sama anak Dota. Setelah penulis nanya sana-sini ke beberapa Dota Player, yang bisa bikin kamu senyum atau malah kesel bacanya.

 

1 . El-Classico Anak Dota (Na’Vi vs Alliance)

Kata siapa ‘El-Classico’ cuma ada di dunia sepak bola? Enak aja, kita sebagai Dota Player juga punya! Pertandingan yang disebut-sebut ‘El-Classico’ di Dota itu kalo team Na’Vi ketemu Alliance di turnamen. Wah, serunya engga ketolongan. Tapi…itu dulu sob. Sekarang Na’Vi udah ditinggalin beberapa pemain intinya.

Pertandingan mereka udah engga segreget dulu. Malah kalo Na’Vi ketemu Alliance sekarang, para penonton di Twitch nyebut pertandingan itu jadi ‘El-Trashico’. Jangan tersinggung ya pendukung Na’Vi dan Alliance. Yang namanya masa lalu emang sakit kalo di inget-inget.

Nih, masih inget tingkah Dendi yang begini engga?

2. MMR = Kasta Pemain

Mau kamu anak pejabat, pengusaha yang tiap nafas ngasilin duit atau anak baru gede di Dota itu semua setara. Yang jadi pertanyaan buat kamu cuma satu, ‘berapa MMR lo?’. Sadis john.

MMR itu udah menggolongkan player jadi beberapa bagian. Dengan tinggi rendahnya MMR kamu, itu nunjukin juga seberapa hebat skill kamu waktu main. Semakin tinggi MMR kamu ya semakin susah lawan yang ketemu. Akhirnya… munculah ‘Joki MMR’ sebagai penyelamat.

3. Arteezy, Dendi, s4, Puppey dan SingSing Itu Artis!

Ngaku suka Dota? Nama di atas ada yang jadi idola kamu engga? Kalo engga ada, ada yang salah sama kamu. Jadi mereka itu udah jadi artis sekaligus kiblat para Dota Player buat belajar di seluruh dunia. Match biasa aja yang nonton ribuan. Pokoknya terkenal abis lah di dunia per-dota-an.

Ada di antara kamu yang nempel poster wajah mereka di kamar? Hayooo ngaku. He-he.

4. Mid or Feed dan Rebutan Carry

Ada yang lebih sebel engga dari ngerasain hal ini pas main Dota? Kamu misalnya baru pick Phantom Assasin nih, terus tiba-tiba temen kamu pada milih Sven, Rikimaru, Gyro dan Juggernaut. GG! Mending kamu serang aja sekalian fountain lawan pake kurir burung.

Kasus kedua yang sering terjadi itu adalah adu bacot pas lagi milih hero. Ada yang chat, “Mid thanks” terus ada yang nyaut “Putang ina I mid” dan akhirnya berantem rebutan mid. Giliran udah dikasih mid, eh kerjaannya mati mulu dan akhirnya dikatain sepanjang game. Ngaku?

5. Bahasa Alien

Kita, sebagai orang Indonesia pasti lebih banyak main di server SEA (South East Asia), setuju? Mau engga mau karena main bareng sama player dari Negara lain kita harus berkomunikasi pake bahasa Inggris. Tapi, engga semua player bisa paham sama hal ini pas main game.

Ditanya ‘Where are you come from?’ dijawab ‘Putang Ina’. Kalo main mati mulu, dikatain ‘Putang Ina’. Duh, ini baru salah satu contoh bahasa alien yang kita temuin pas main yang pasti bikin kesel. Masih banyak kata-kata lainnya. Setuju? Kalo setuju komen di bawah.

6. The International

Kita rela nonton Manchester United vs Liverpool sampe begadang. Tapi kita lebih rela ngorbanin waktu yang banyak buat nonton The International. Satu pertandingan aja bisa sampe 5 babak bro.

Turnamen dunia ini tuh udah kaya turnamen olah raga secara umumnya. Yang nonton banyak! Bahkan sampe bawa tulisan-tulisan buat ngedukung team yang dijagoin. Lagu kebangsaan masing-masing team udah ada belum ya?

7. Kalo Kalah Nyalahin Temen

Jimi Hendrix: Lo main yang bener lah! Stun aja engga kena, kerjaannya mati mulu! Ward dong jangan lupa, gue jadi engga bisa ngutan nih! Kalah kan, team apaan nih.

Anton Bandit: …

8. Kalo Kalah Main Terus, Kalo Menang Udahan

Ngaku? Apalagi kalo lagi MMR-an. Kalo kalah rasanya harus balikin dulu angka sebelumnya.

 

9. Dikit-dikit Report

Disconnected dikit lapor. Ngutan sampe kalah, lapor. Mati mulu dikira feeder, lapor. Dikit-dikit lapor pokoknya. Di mata pemain dota lain kita harus bener-bener sempurna banget. Sedih kan kalo harus ngerasain kayak gitu?

10. ATM (Anak Tukang Mati)

Predikat ini nempel ke kita kalo kita sering mati. Pokoknya sedih kalo udah dikatain. Ya, mau engga mau harus terima. Secara internasional, disebutnya feeder.

11. Ez Bugattis

Siapa yang sering main ‘judi item’? Ngaku deh! Sebutan ini berlaku kalo kamu menang banyak. Dan akhirnya dengan sikap cool kamu bisa ngomongn ‘Ez Bugattis’

12. K/D/LH

Ada yang lebih penting engga pas lagi main selain yang satu ini?

13. Support = Dewa Penolong

Semoga para support selama ini diberikan pahala yang besar. Karena tanpa kehadiran para support, player lain engga ada artinya. Amin!

14. Comeback is Real

Kamu bisa ngeledekin musuh yang dari awal udah ngatain kamu pake caps lock, “COMEBACK IS REAL”. Kalimat ini tuh keluar kalo dari awal kayaknya kita keliatan udah mau kalah. Padahal Spectre kita masih ngutan dan akhirnya jadi. Kita menang,

15. Hiburan Pulang Sekolah/Kampus/Kerja

Seharian udah lelah ngejalanin aktivitas. Pulang sampe malem, kayaknya butuh hiburan. Apalagi kalo bukan Dota? Setuju engga? Kalo menang enak, tidur hati seneng. Tapi kalo kalah, dijamin besok kesiangan.

Sebenarnya masih banyak hal yang cuma dirasain sama anak Dota. Beberapa contoh di atas berdasarkan pengalaman penulis dan nanya sana-sini aja. Kalo versi kamu masih ada, jangan sungkan buat nambahin di kolom komentar di bawah ini. GG Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis