Minggu, 22 September 2019

Genmuda – Kepopuleran One Piece gak lepas dari jalan ceritanya yang panjang dan makin menarik. Sama dengan komik-komik luar negeri, jalan cerita Luffy cs. menghasilkan banyak teori fans yang bikin orang penasaran.

Dari sekian banyak teori fans yang bertebaran gak sedikit yang berhasil terbukti dan ada pula yang dibikin troll sama Oda. Lantas apa aja sih teori One Piece yang paling banyak dipercaya oleh fans? Berikut rangkuman yang Genmuda.com lansir dari berbagai sumber.

1. Makino adalah istri Shanks

via: ScreenRant

Teori ini muncul setelah Makino menggendong seorang bayi pada cover story 614. Dalam SBS di volume 63, Oda mengonfirmasi bahwa itu adalah anak Makino. Para fans lantas menduga bahwa ayah anak itu adalah Shanks. Kenapa? Karena hubungan keduanya sudah cukup dekat, bahkan sebelum Luffy pergi berlayar. Di sisi lain, sejak timeskip selama dua tahun, Shanks bisa aja mondar-mandir ke East Blue.

2. Monkey D. Dragon pemakan buah iblis tipe logia

Sosok ini emang masih misterius di cerita One Piece. Dicap sebagai orang paling berbahaya banyak fans yang menduga jika bokapnya Luffy ini juga memiliki kekuatan buah iblis tipe logia dan bisa berubah wujud menjadi manusia angin. Hal ini diperkuat oleh teori mata angin di Loguetown dan Post War arc yang selalu identik dengan keberadaannya, termasuk datangnya serangan dari Jesus Burgers ke markas pasukan revolusi.

3. Topi jerami besar ada hubungannya dengan Uranus

Fans One Piece dibuat kaget setelah Oda menggambar sebuah topi jerami besar mirip dengan yang dipakai Luffy terdapat di dalam Mary Geoise di bab 906. Salah satu teori fans menyebutkan bahwa topi ini adalah ‘harta karun’ terbesar yang bisa mengguncang dunia, mirip seperti apa yang dikatakan oleh Doflamingo. Teori ini membahas bahwa di topi jerami itulah tertulis cara untuk menemukan senjata kuno Uranus.

4. Pertarungan Big Mom dan Kaido cuma jadi bukti betapa kuatnya Kaido

Pada cerita Wano kita dikasih tau kalo Big Mom akhirnya bentrok dengan Kaido. Namun teori fans menyatakan kalo pertarungan dua yonko itu cuma jadi bukti bahwa Kaido emang gak bisa mati. Soalnya Big Mom pernah bilang bahwa Kaido berhutang sesuatu dengan dirinya. Entah apa yang ditukar oleh orang seperti yonko, jika bukan kekuasaan atau kekuatan besar.

5. Gear 4 Luffy masih ada berapa jenis lain

Setelah muncul dengan versi biasa dan snake-man. Teori fans percaya bahwa Oda akan membuat transformasi lain dari Gear 4 Luffy dalam bentuk binatang buas lainnya, seperti “Eagleman”dan “Tigerman”. Mengingat Oda sering menghubungkan cerita mitologi dimana Tiger dan Naga (Kaido) adalah lawan seimbang, layak kita tunggu apakah teori ini benar-benar jadi kenyataan.

6. Dalam tubuh Blackbeard terdapat tiga orang

Blackbeard yang berhasil memakan dua buah iblis sekaligus emang mematahkan teori fan. Namun sebuah teori menjelaskan bahwa kondisi ini terjadi karena dalam tubuh Blackbeard terdapat dua orang sehingga mampu menggunakan dua kekuatan buah iblis sekaligus.

7. Raftel dan Kerajaan Kuno adalah tempat yang sama

Sebelum porak-poranda oleh Buster Call, para ilmuan Ohara udah berhasil menemukan nama asli dari Kerjaan Kuno yang dirahasiakan oleh pemerintah dunia. Meski bukti-buktinya udah hilang, tapi saat Rayleigh bertemu dengan Luffy, doi menceritakan bahwa Roger gak cuma sampai ke Raftel namun mengetahui rahasia dari abad kekosongan hingga Kerajaan Kuno. Hal ini yang kemudian melahirkan teori bahwa Raftel dan Kerjaan Kuno adalah tempat yang sama.

8. Joyboy adalah raja dari Kerjaan Kuno

Saat di Pulau Manusia Ikan, Nico Robin berhasil membaca Poneglyph yang berisi permintaan maaf seseorang bernama Joyboy kepada putri duyung, yang juga senjata kuno bernama Poseidon. Sebuah teori muncul bahwa Joyboy adalah nama raja dari Kerajaan Kuno. Bukti teori ini dikaitkan dengan namanya yang mirip dengan raja Kerajaan Kediri, Jayabaya, atau yang disebut Joyoboyo dalam bahasa Jawa. Belum lagi Jayabaya juga menuliskan ramalan akan kejatuhan kerjaannya lewat buku yang mirip dengan Joyboy dengan bantuan Poneglyph.

9. Buah Iblis mengandung elektromagnetik

Banyak teori seputar kekuatan buat iblis di One Piece. Tapi salah satu yang paling menarik pernah dikemukakan oleh CAMUNAI yang bilang bahwa buah iblis ada kaitannya dengan elektromagnetik termasuk cara kerjanya dan kelemahannya dengan air, batu laut, dan haki. Secara singkat air terdiri dari molekul-molekul polar yang menyerap gelombang elektromagnetik dari pengguna Buah Iblis dan melemahkan mereka. Demikian juga halnya pada Batu Laut yang konon memiliki sifat yang sama. Sedangkan Haki bisa melukai pengguna Buah Iblis berkat “tubuh hitam” yang bisa menyerap radiasi elektromagnetik.

10. One Piece akan menyatukan Redline

Ashura_KingFisher adalah salah satu teori fans One Piece yang paling populer menjelaskan bahwa One Piece sejatinya adalah proyek yang dikembangkan oleh Kerajaan Kuno dan melibatkan penggunaan Senjata Kuno untuk menghancurkan Redline. Di bab 610, Shyarly pernah memprediksi bahwa Luffy akan menghancurkan Pulau Manusia Ikan. Ini juga berhubungan sama teori ini karena menghancurkan Redline juga akan menghancurkan Pulau Manusia Ikan. Tapi itu berarti bahwa penghuninya akhirnya akan pindah ke permukaan alias menemukan era baru. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.