Jum'at, 20 September 2019

Genmuda – Ujian Nasional (UN) buat anak kelas XII kayaknya udah tinggal menghitung hari aja ya gaes. Yup, sebagaimana kita ketahui, para siswa SMA atau sederajat akan menjalani UN mulai hari Senin (4/4) hingga Kamis (7/4).

Kalau ngebayangin UN pastinya kamu yang duduk di kelas XII lagi siap-siap sekaligus jiper buat ngerjain soal-soal yang bakal diuji. Deg-degan engga sih? Atau kamu lagi panik? Tenang, itu semua lumrah kok kita alamin.

Sebagai Generasi Muda, masalah klise kayak gitu sebenarnya engga perlu kamu bawa pusing, karena kali ini Genmuda.com bakalan kasih kamu 10 kiat sederhana supaya kamu makin pede hadapi UN yang tinggal menghitung hari. Udah siap ya? Yuk, langsung simak ulasan lengkapnya!

1. Jangan dibawa stres, istirahatkan otak kamu

(Sumber: Istimewa)

Setelah dijejelin sama berbagai mata pelajaran di sekolah dan di bimbingan belajar (bimbel) beberapa bulan belakangan, otak kamu sebenarnya perlu refreshing alias butuh piknik. Maksudnya, kamu tetap bisa me-review beberapa mata pelajaran sambil melakukan aktivitas ringan seperti nonton televisi atau mendengarkan musik.

2. Buat catatan penting

Dari persiapaan yang kamu dapat dari hasil try out di sekolah, bimbel, atau kampus, pasti selalu ada materi yang sifatnya berulang. Dari pengalaman Genmuda.com sih, soal-soal dari materi tersebut 90% bakalan keluar di UN. Berangkat dari situ kamu bisa mulai membuat catatan penting entah itu nama istilah, rumus, atau hal-hal lainnya selama bukan kebetat. He-he.

3. Anggaplah UN sebagai ujian yang biasa kamu lakuin di sekolah

Sejak kita duduk di bangku sekolah dasar, sebenarnya ujian udah sering banget kan kita lakuin? Ujian hidup apalagi. Oleh sebab itu, daripada Kawan Muda panik anggaplah UN sebagai ujian yang sering kamu jalanin. Kalau kamu bingung ngejawab soalnya nanti, selalu ingat aja lirik The Beatles, “There will be an answer, let it be.” *itung kancing

4. Banyak berpikir positif

What? Gue harus gimana pas UN nanti? Tenang, banyak-banyaklah berpikir positif. Dalam artian selalu pikirkan kemungkinan terbaik saat kamu mengerjakan soal-soal UN. Dengan demikian kamu pun bisa lebih rileks dan pede menghadapi UN.

5. Minta restu dari orang tua dan guru

Tanpa doa orang tua dan guru mungkin kita sebagai siswa cuma butiran debu doang. *cieleh… Genmuda.com sih yakin sama kekuatan dan suport dari mereka bisa jadi dorongan psikologis buat kamu ngerjain soal UN. Jadi mari sungkeman dan peluk mereka sebelum UN nanti.

6. Banyak minum air putih

Genmuda.com juga percaya kalau air putih engga cuma bikin kamu tetap fokus, tapi bisa menjaga daya tahan tubuh kamu supaya tetap 100% prima. Melihat di Indonesia masih masuk musim pancaroba dan musim radang tenggorokan, ada baiknya kamu tetap menjaga kondisi tubuh kamu tetap fit biar engga sakit pas UN nanti.

7. Cukup Istirahat

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Sama kayak gadget kamu yang sering dipakai setiap hari, kalau udah lowbatt harus dicash dong. Tubuh kamu pun perlu waktu buat beristirahat. Jangan sampai kamu malah bela-belain belajar hingga larut malam. Selain engga sehat, belum tentu juga materi yang dipelajari bener-bener masuk di kepala kamu.

8. “Jangan menjadi orang yang punya motor, tapi engga bisa naik motor”

Maksudnya apa nih? Kamu mungkin bisa dengan cepat menghafal rumus atau istilah dari berbagai mata pelajaran, tapi nih kalau kamu engga bisa memahaminya, itu sama aja kayak ungkapan di atas. Jadi mulai biasakan kamu memahami dan belajar mengembangkan materi yang kamu pelajari dengan cara belajar kamu sendiri.

9. Hindari bisikian ‘ghoib’ dari bocoran soal

Hal kayak begini pasti ADA aja setiap tahunnya. Entah kamu mau percaya atau engga, yang jelas sebagai generasi muda kamu jangan mengantungkan harapan sama ‘ketidakpastian’. Percaya akan kemampuan diri kamu sendiri itu keren kok! Setuju dong ya?

10. Berdoa

Walau sering dibilang anak kelas XII mendadak alim jelang UN, buang jauh-jauh deh pikiran tersebut. Genmuda.com yakin kalau kemampuan manusia pasti ada batasnya. Oleh sebab itu, kalau kamu merasa udah berusaha dengan maskimal, jangan lupa berdoa kepada Tuhan ya. Karena manusia bisa berusaha, Tuhan yang menentukan. *Amin.

Well, semoga aja setelah baca kiat-kiat di atas Kawan Muda yang bakal lebih pede lagi ngadepin UN tahun ini. “Good luck and stay positive ya!”

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.