Selasa, 18 Juni 2019

Genmuda – Komunikasi jadi kunci penting buat menjalin dan pertahankan hubungan asmara dengan seseorang. Kamu dan si doi juga perlu punya pikiran terbuka, jujur, dan bikin supaya hubungan kalian tetep seru atau malah makin seru sehingga api asmaranya engga padam.

Lebih kurang, begitu teori yang disampaikan American Psychological Association (APA) lewat situsnya yang diakses Rabu (27/7) lalu. Namun, saran itu masih umum banget dan belom tentu bikin orang tau apa yang seharusnya dilakukan. Jadi, apa yang bisa lo kerjain buat bikin doi makin lengket? Yuk cek 10 saran ini.

1. Dengarkan doi

Kalo doi lagi cerita, jangan sekali-kali lo malah bengong dan ngimpi di siang bolong. Sadar bro! Lo perlu dengar ceritanya dan kasih respon yang sesuai. Kalau bisa, coba deh lo pahami emosinya dan berempati biar doi makin ngerasa dihargai.

2. Ngelakuin kegiatan bareng

Bukan cuma jalan bareng loh. Kalo perlu, lo masuk juga tuh ke ekskul atau kegiatan yang sama dengan doi. Doi ikut PMR, ya lo masuk aja. Doi suka masak, lo bantuin masak dong. Siapa tau kan dengan ngelakuin hal bareng bakal ada percikan asmara yang makin besar.

3. Tanya pendapat doi

Biarpun ngerasa udah paling bener, lo tetep perlu tanya pendapat doi. Apa lagi kalo lo mau mutusin sebuah hal yang ada hubungannya dengan relationship kalian berdua. Inget, nanyanya jangan cuma basa-basi. Lo juga perlu pertimbangkan pendapat doi.

4. Cari tau lebih dalam tentang doi

Ketika lagi ngobrol, kalian jangan hanya bertukar gombalan atau nanya kabar aja. Tanyain juga dong soal kepribadian doi. Misalnya, tanyain aja hal yang bikin doi takut, makanan kesukaannya, anggota keluarga yang paling disayangnya, hewan peliharaan favoritnya, yah hal-hal kayak gitu. Kenapa perlu begitu? ‘Karena tak kenal maka tak sayang, udah kenal makin sayang.’ *tsah! 

5. Saling memaafkan

Sebuah hubungan asmara engga mungkin berjalan mulus tanpa berantem. Entah lo atau doi yang berbuat salah, kalian perlu belajar minta maaf dan memaafkan. Karena cuma dengan itu hubungan bisa bertahan lama.  Iya dong. Masa lo engga mau maafin doi. Mau cari pacar apa nyari musuh?

6. Tawarkan bantuan

Bukan berarti menganggap doi lebih lemah, tapi lo perlu terus tawarin doi bantuan apa lagi kalo lagi ditimpa masalah. Masalah doi nerima bantuannya atau engga sih itu urusan belakangan. Masalah lo tau cara bantunya atau engga juga urusan belakangan. Lo bisa googling kan cara nyari solusi. Yang penting lo perhatian.

7. Tau diri

Kalo lagi dalam situasi serius, ya lo jangan becanda. Begitu juga sebaliknya. Masa iya lo malah nge-jayus waktu doi lagi serius ngomongin masalah hubungan kalian. Engga mungkin kan lo berharap doi cengengesan dan malah becanda waktu lo tembak?

8. Luangin waktu

Sesibuk apapun kegiatan lo sehari-harinya, paling engga kasih lah waktu seminggu sekali buat bersama doi. Kalo engga bisa, ya minggu berikutnya. Please deh usahain luangin waktu bareng doi. Kalo dianggurin terus, ya jangan salahin doi kalo nyari yang lebih perhatian.

9. Jangan bandingkan doi

She is a human being, bukan barang belanjaan atau motor yang bisa lo banding-bandingin. Soalnya, engga ada cewek yang suka disamain atau dalam hal apapun dibandingin dengan cewek lain. Bahkan lo bandingin sama keluarga lo aja jangan. Apa lagi sama mantan.

10. Jangan nyalahin

Bukan berarti lo nyalahin diri sendiri juga. Daripada salah-salahan, mending perdebatan lo dan doi dialihkan buat nyari solusi. Ini juga berlaku kalo lo masih dalam tahap pedekate. Soalnya, doi bakal liat lo sebagai cowok yang bisa diandelin. Makin bisa diandelin = makin besar kemungkinan lo diterima.

Berdasarkan teori dari APA di awal, itu lah 10 hal praktis yang bisa lo lakuin waktu ngegebet atau mempertahankan hubungan asmara. Bahkan ketika putus pun lo masih perlu berteman (seperlunya aja, biar engga baper) dengan doi. Karena memperlakukan orang dengan sopan tuh cerminan jati diri. Gimana menurut lo? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.