Jum'at, 15 Januari 2021

Genmuda – Dalam rangka merayakan hari jadi yang ketika, Selasa (16/5), Line Indonesia baru aja bikin talkshow tentang Line Webtoon dan Line Creator’s market. Talkshow ini dihadiri sama para kreator-kreator dari sticker dan juga webtoonist kece di balik cerita-cerita menarik yang sering kamu baca.

Dipandu sama Cia Wardana, acara dibuka sama presentasi mengenai Line creator’s market yang mewadahi para kreator-kreator dalam pembuatan sticker di Line, baru deh selanjutnya digelar presentasi tentang Line Webtoon sebagai mewadah para anak muda kreatif dalam pembuatan cerita Webtoon.

“Dalam rangka merayakan hari jadi LINE Creator’s Market yang ketiga sekaligus bagian dari komitmen kami untuk mendukung para kreator di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, kami siap meluncurkan ragam inovasi dan memberi dukungan bagi para talenta kreatif untuk berkreasi dan tumbuh bersama kami dan memiliki pemasukan tambahan lewat LINE Creator’s Market,” ujar Inez Yorisya Kemala, Business Developer Manager LINE Indonesia.

Apa sih Line Creator Market?

Inez Yorishya Kemala – Business Development Manager LINE Indonesia ©Line Indonesia

Kamu pasti tau kan soal sticker lucu yang mesti dibeli pake koin di LINE? Nah orang-orang yang membuat sticker itu adalah para kreator yang tergabung dalam Line Creators Market. Kalo kamu buka situs https://store.line.me, kamu bakal nemuin satu halaman tentang “Creator’s Stickers”, yang pasti isinya adalah stiker yang dibuat sama kreator-kreator berbakat dengan jumlah pembelian stiker yang paling banyak.

Tapi, gak semua sticker itu gratis, karena justru sticker yang dibuat sama para kreator lah yang mesti dibeli. Kalo biasanya kamu mesti beli banyak sticker dengan harga mahal, sekarang kamu bisa beli sticker tersebut dengan harga terjangkau, lewat “Sticker Sachet”. Ibarat kamu mau beli eceran, kamu bisa juga beli sticker ini dengan harga yang lebih cocok sama kantong, loh.

Berawal dari iseng…

 ©Line Indonesia
Sticker Creators LINE Indonesia, ki-ka: Alvin Kuntara, Moh. Archyd Ekaputra, Sigit Kusumanugraha, dan Inez Yorishya Kemala ©Line Indonesia

Pihak Line membuka jalan buat kamu-kamu yang punya jiwa kreatif dan pengen menyalurkannya lewat sticker yang menurut kamu gokil. Caranya, kamu bisa ikutan Line Creators Stickers Challenge, kalo kamu menang nantinya stiker kamu akan diterima sama pihak Line dan secara resmi bisa dijual. Kreator-kreator yang hadir di acara Line Creative Talk ini adalah M. Archyd Ekaputra kreator “Mr. Kumis”, (Jotter) Sigit Kusumanugraha dan Alvin Kuntara kreator “Bro Gaul” dan “Just Be Yourself.”

FYI, ketiga karya kreator tersebut adalah karakter di sticker yang penjualannya paling tinggi dan pernah menjadi ranking 1 di antara sticker-sticker lainnya. Dari talkshow sore itu Genmuda.com bisa ambil kesimpulan kalo mereka awalnya cuma iseng menggambar dan bisa melihat peluang yang menjanjikan setelah di-approve oleh pihak Line.

Tau Line Webtoon?

Ghina Fiyanni – Manager LINE Webtoon LINE Indonesia ©Line Indonesia

Pasti tau juga dong ya, karena Line Webtoon ini bisa sekalian kamu baca di Line Today. Awalnya, Webtoon ini bernama NAVER Webtoon dan terkenal di Korea di tahun 2004 dengan pembaca sebanyak 17 juta pembaca setiap bulannya. Sekarang ini udah ada total 131 Webtoons, 65 webtoonist (orang yang membuat Webtoon), dengan 58 lokal Webtoon yang biasa kamu baca setiap harinya.

Tau “Tahilalats” kan? Nah, doi adalah salah satu kreator Webtoon dengan pembaca terbanyak kedua setelah Webtoon “Eggnoid” dengan 2,3 juta subscribers dan disusul sama Webtoon yang berjudul Alice dengan 1,4 subscribers. Ghina Fianny, selaku Line Webtoon Manager Line Indonesia mengaku, kalo Line pengen terus mempromosikan karya para webtoonist dan ngasih kemudahan para akses buat para pembacanya.

Proses berkaryanya gak segampang yang kamu kira

©Line Indonesia
Avisiena, Savenia – Webtoonist LINE Indonesia ©Line Indonesia

Kamu bisa ikutan Webtoon challenge dengan mengirimkan cerita kamu di situs resminya Line Webtoon. Tinggal klik di bagian “Webtoon Challenge”, kamu bisa berkesemptan buat jadi webtoonist dengan banyak pembaca.

TAPI, jangan anggap itu gampang. Genmuda.com juga sempet kepoin pengalaman Avisiena, Webtoonist dari cerita “Terlalu Tampan” dan ilustratornya komiknya, Sevenia. Pemenang Line Creative 2016 ini buktinya juga harus melewati proses gagal berkali-kali sebelum komiknya masuk di top 10 Webtoon yang dibaca di Line Webtoon. Bahkan, cerita “Terlalu Tampan” ini udah diterbitkan di Thailand dengan bahasa Thailand loh!

Selain itu, ada juga “Roket Kertas,” yang terdiri dari 3 mahasiswa asal Yogyakarta yaitu Khutmul Husna, Wikan Narendra, dan Lantera Nareswara. Karya mereka juga diterima dengan baik sama para pembaca lewat karya “Sekar X Popular.” Keduanya bergenre komedi romantis yang bisa menggaet para pembaca buat setia dan nunggu Webtoonnya keluar tiap jam 10 malam.

Kalo kamu pengen juga seperti anak muda di atas tungguin aja informasi selanjutnya dari Line Indonesia sekalian pantengin Genmuda.com. Ciao! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.