Senin, 17 Juni 2024

Genmuda – Wiro Sableng si pendekar tegap gagah perkasa klasik Indonesia bakal diproduksi ulang Lifelike Pictures milik Sheila Timothy. Membanggakannya, rumah produksi Fox International Production (FIP) berhasil digaet kerjasama.

Grupnya 20th Century Fox itu juga pernah kerjasama dengan salah satu rumah produksi Korea Selatan dan ngerilis film “The Yellow Sea” (2010) serta “The Wailing” (2016) ke dunia. Bila Wiro Sableng dapet kehormatan serupa, judulnya bakal berubah jadi “212 Warrior.”

Angga Dwimas Sasongko bakal dipilih sebagai sutradara, sementara koreografi silatnya bakal ditangani Yayan Ruhian. Tomas Jegeus, presiden FIP bilang kalo doi tertarik dengan kultur dan bela diri Indonesia, makanya doi optimis.

Kehormatan buat Vino G Bastian

via variety.com.
(Sumber: variety.com)

Tentu aja, pemeran Wiro Sableng jatuh ke Vino G Bastian, anak dari penulis 185 novel original Wiro Sableng, Bastian Tito. Marsha Timothy dan Sherina Munaf juga termasuk ke dalam daftar cast.

Belum ada kabar soal pemeran gurunya Wiro sableng, Eyang Sinto Gendeng. Tapi, pasti bakalan epik kalo Kang Yayan yang meranin. Doi gondrong, jago silat, dan bisa akting kayak orang gendeng.

Proses syuting filmnya bakal berlangsung tahun ini. Selain oleh Sheila Timothy dan Tomas Jegeus, “212 Warrior” juga bakal diproduksi Michael Werner. Doi beberapa kali jadi produser film Thailand juga, loh.

Niat dari dua tahun lalu

via Twitter
(Sumber: Twitter @lalatimothy)

Sebenernya, niat Sheila memproduksi film “Wiro Sableng” udah muncul sejak 2015. Sekitar Maret tahun itu, doi ngumumin rencana produksi filmnya pada tahun 2016. Untunglah doi engga terburu-buru, jadinya bisa ngegaet produser internasional.

Berdasarkan info Beritagar.id, Februari 2016, Kang Cecep Arif Rahman bakal bantu Kang Yayan sebagai koreografer. Jebolan perguruan silat Panglipur Garut itu udah menyarankan Vino memulai latihan dari jauh-jauh hari biar bentuk gerakan dan badannya pesilat banget. Eniwei, Kang Cecep adalah aktor bersenjata kerambit yang duel paling panjang dengan Iko Uwais dalam dapur di “The Raid 2” (2014).

Info tambahan buat yang belum tau

via youtube.com
Ini Wiro Sableng era 1990 yang diperanin Ken Ken. (Sumber: YouTube.com)

Novel Bastian Tito itu pernah juga diadaptasi ke dalam serial TV Wiro Sableng, pada era 1990-an. Sosok pendekar itu diperanin sama Herning Sukendro, yang akrab dipanggil Ken Ken. Sejak bayi, Wiro udah digembleng Sinto Gendeng supaya jago silat. Begitu gede, doi mengembara ke berbagai daerah sambil bantu warga sekitar ngelawan tirani dan berguru dengan berbagai jago silat.

Di awal petualangannya, doi punya senjata andalan Kapak Maut Naga Geni 212. Kapak logam bergagang gading itu jadi medium Wiro nyalurin tenaga dalamnya demi ngalahin siluman.

Ada juga Batu Hitam 212 yang kalo diadu dengan kapaknya bakal memercik semburan api. Terakhir, doi dapet senjatan Bintang 212, sebuah shuriken sakti yang dipakainya saat terdesak.

Doi pun punya berbagai jurus andalan. Tapi, jurus Pukulan Sinar Matahari yang paling sering dipakai dan jadi ciri khas pendekar kocak itu dalam dunia persilatan. Jadi engga sabar nih liat jurus-jurus jadul itu diterjemahin ke film modern. Buat info lengkapnya pantengin terus Genmuda.com ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.