Minggu, 7 Juni 2020

Artikel ini dipersembahkan oleh Pond’s Acne Solution – wajah bersih, jerawat berkurang mulai dalam 3 hari.

Genmuda – Menginjak usia remaja, tubuh mengalami perubahan hormon yang terjadi terus-menerus. Munculnya jerawat di kulit wajah yang tadinya mulus pun terjadi akibat perubahan itu. Bahkan hingga menginjak usia 20-an aja jerawat bandel engga bakal hilang tanpa melakukan perawatan yang benar.

Ibarat kata pepatah, jerawat tuh ‘mati satu tumbuh seribu’. Semakin pengen dihilangkan, justru semakin banyak yang muncul. Anak muda pun mencoba berbagai produk pembersih wajah,hingga melakukan berbagai upaya tradisional yang dipercaya bisa hilangkan jerawat dalam waktu cepat.

Sayangnya, beberapa upaya itu belum tentu teruji secara klinis dan boleh dibilang cuma mitos belaka. Berikut ini 8 mitos yang masih aja berkeliaran dan dipercaya para kaum hawa. Kamu jangan ikut-ikutan melakukannya ya!

1. Pencet aja jerawatnya

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Percaya engga? Masih ada loh orang yang meyakini kalo memencet jerawat jadi cara paling jitu buat menghilangkan jerawat. Jerawatnya emang mungkin bisa pecah. Tapi, bakal muncul bekas yang engga bakal hilang. Lebih parahnya, bekas jerawatnya bisa meradang kalo kemasukan kotoran. Kalo udah gitu, kan jadi lebih repot girls.

2. Maskeran pakai kopi

via: Tumblr
(Sumber: Tumblr)

Di Indonesia, banyak yang percaya kalo kopi baik banget buat merawat kulit wajah, terutama karena mengandung zat antioksidan flavanoid dan polifenol. Katanya wajah kamu bakal lebih cerah dan halus, serta bisa menghilangkan jerawat serta bekas-bekasnya. Really? Sejujurnya, engga semua orang cocok buat memakai tips tradisional ini. Lagi pula, mendingan kopinya di-brew jadi espresso atau diolah jadi Frappuccino biar enak diminum pas lagi hangout bareng teman.

3. Perasan jeruk nipis buat kulit wajah

Via: Getty Image
(Sumber: Istimewa)

Mentang-mentang mengandung Vitamin C, orang-orang percaya kalo masker jeruk nipis mampu hilangkan jerawat. Walaupun kandungan dalam Vitamin C bisa memperbaiki jaringan sel kulit. Namun, itu terjadi dari dalam setelah dicerna oleh tubuh, JADI BUKAN DARI LUAR.

4. Jerawat ditempelin es batu

Via: Tumblr
(Sumber: Tumblr)

Es batu bisa menghilangkan jerawat? Itu cuma mitos. Suhu dingin emang bisa mengerutkan kulit dan karena itu orang percaya kalo es batu bisa menciutkan pori-pori wajah. Dengan pori-pori makin sempit, kotoran penyebab jerawat jadi makin sulit nyelip ke dalamnya. Tapi ada risiko yang harus siap kamu ambil yaitu, kotoran malah jadi terperangkap di pori-pori yang sempit itu dan justru bikin jerawat makin banyak. Hih!

5. Olesin aja kulit wajah pakai bawang putih

Baiklah. Satu lagi bumbu dapur yang dipercaya teruji klinis bisa hilangkan jerawat karena mengandung senyawa sulfur, antijamur, antiseptik, antioksidan, sekaligus antivirus. Karena itulah orang percaya kalo masker bawang putih bermanfaat banget buat jerawat. Namun, hasilnya bisa berbeda-beda buat setiap orang ya, buat kamu yang punya kulit wajah sensitif bisa-bisa nanti wajah menjadi kemerehan hingga iritasi. *amit-amit.

6. Pasta gigi untuk obati jerawat

Kalo dalam pelajaran biologi, unsur pembentuk gigi tuh punya kemiripan dengan unsur pembentuk tulang. Sebelum dijelaskan kenapa pasta gigi cuma jadi mitos obat hilangkan jerawat, mari jawab pertanyaan berikut. Lebih keras tulang atau kulit? Kalo udah tau jawabannya kok kamu masih mau gunain pasta gigi, –yang notabene mengandung bahan-bahan keras, buat membersihkan gigi untuk kesehatan kulit wajah kamu yang lagi sensitif-sensitifnya? Bisa-bisa muncul masalah baru di kulit wajah kamu.

7. Biarin aja jerawatnya. Nanti juga hilang sendiri

Banyak orang percaya kalo jerawat bakal hilang dengan sendiri ketika hormon makin stabil di usia yang makin dewasa. Tapi kalo udah dewasa tapi jerawat masih belom hilang-hilang juga, terus gimana? Makin tengsin kan. Selain itu, jerawat juga bisa makin parah kalo kulit wajah kamu engga dirawat dengan bener. Kalo bisa dicegah dari sekarang kenapa harus nunggu entar?

Jadi kalo udah baca 7 mitos di atas, cara paling baik buat membersihkan wajah dari jerawat membandel itu adalah dengan mencuci wajah secara teratur. Upayakan juga cuci wajah kamu dengan pijatan lembut, jangan kayak nyuci baju.

Selain itu pastiin juga kamu pilih pembersih wajah yang ampuh buat ngebasmi jerawat. Salah satunya, Pond’s Acne Solution. Dengan kombinasi “Active Thymo-T Essence” dan teknologi “Lock + Clear” yang udah dikembangkan oleh Pond’s Institute dapat membunuh bakteri penyebab jerawat langsung ke sumbernya. Jerawat pun berkurang mulai dalam 3 hari.

FYI, dua kandungan itu menghilangkan jerawat dengan cara yang belum pernah dilakukan produk-produk pengobat lainnya dan yang paling penting formulanya udah teruji klinis melalui berbagai tes di Pond’s Institute.

Kalo kamu mau membuktikan sendiri keampuhan Pond’s Acne Solution kunjungi aja situs ponds.co.id/jerawattamat dan langsung dapatkan sampelnya secara cuma-cuma alias gratis dari Pond’s. Tunggu apa lagi? Udah saaatnya buktiin kalo Pond’s Acne Solution bukan sekedar mitos buat atasi masalah jerawat kamu girls.

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.