Rabu, 29 Juni 2022

Genmuda – Kalo ditanya siapa yang layak disebut sebagai pahlawan di jaman sekarang, tentu jawabannya bisa beragam banget, engga cuma para veteran perang. Terlepas dari itu, bukan berarti jasa para veteran perang engga layak buat kita kenang loh ya, Kawan Muda.

Veteran perang yang dilupain oleh negara mungkin udah bukan masalah yang asing lagi di Indonesia. Bukannya nikmatin hari tua dengan tenang, eh mereka malah masih harus berjuang. Padahal, di jaman penjajahan dulu, mereka itulah yang berada di barisan terdepan dalam ngerebut kemerdekaan.

Nah, terkait dengan topik pahlawan dan masalah veteran perang sekaligus dalam rangka nyambut HUT TNI yang ke-71 pada 5 Oktober mendatang, layanan video online Viddsee punya rekomendasi film pendek menarik buat kamu tonton nih, Kawan Muda. Berjudul ‘Berita Buat Sang Merah Putih’ karya Christ Pelamonia, film pendek tersebut pernah menangin penghargaan Film Pendek Terbaik Festival Film Indonesia 2009.

FYI, di ‘Berita Buat Sang Merah Putih’, ceritanya ada seorang veteran perang berusia 85 tahun bernama Rachman yang tinggal di Jakarta dan bekerja sebagai seorang tukang koran. Suatu kali, beliau nemuin bahwa dirinya punya semacam ikatan dengan seorang anak laki-laki berusia 13 tahun keturunan Tionghoa bernama David, yang kerap dibuli karena dirinya bukan anak keturunan pribumi.

Belum usai sampai di situ, seiring berjalannya waktu Pak Rachman juga mulai ngerasa kesepian karena engga ada lagi yang mau ngedengerin cerita-cerita perangnya. Namun demikian, beruntungnya beliau akhirnya bisa ngatasin masalahnya itu dan ngerasa kembali hidup dengan ngebantu David. Langsung aja tonton video di bawah ini buat kisah selengkapnya:

(sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer