Sabtu, 24 Februari 2024

Genmuda – Drama India masih jadi salah satu favorit penonton televisi Indonesia di antara derasnya peredaran K-Drama. Serial ‘Lonceng Cinta’ (Kumkum Bhagya) jadi salah satu judul yang naik daun bulan ini.

Judul itu masuk ke dalam empat besar trending pencarian di Google. Film ini mengisahkan dua anak perempuan bernama Pragya dan Bulbul nyari cinta sejati. Ceritanya seru karena ada cinta segitiga antara Pragya, Bulbul, dan cowok bernama Suresh.

Serial pertamanya diluncurin di Zee TV India pertama kali pada 15 April 2014. Setelah berjalan dua tahun, terungkap sejumlah fakta seru yang bikin serial ini laris. Berikut ini adalah fakta-fakta yang Genmuda.com temuin:

1. Terinspirasi dari novel terkenal

via modomamablog.com
Poster film Sense and Sensibility, adaptasi Novel dengan judul serupa karya Jane Austen. (Sumber: modomamablog.com)

Drama karya Ekta Kapoor dan timnya ini terinspirasi dari novel klasik ‘Sense and Sensibility’ karya Jane Austen pada tahun 1811. Austen merupakan penulis novel Inggris yang karyanya kini banyak dibahas di tingkat universitas. Novel itu juga udah pernah dijadikan film dengan judul serupa pada tahun 1995.

2. Pembuatnya menang penghargaan

Ekta Kapoor pun sempat dianugerahi penghargaan Asia’s Social Empowerment Award pada 2012 karena ngedorong orang buat meraih pendidikan supaya bisa merdeka. Karena itu, film buatannya erat banget sama kehidupan pendidikan. Misalnya aja Si Pragya yang jadi dosen di sebuah universitas.

3. Baru Season 1

via pinterest
Pragya (kiri) lagi digodain sama Abhi (kanan) (Sumber: Pinterest)

Biarpun serial itu udah dibuat sekitar 678 episode, serial ini masih terus diproduksi. Zee TV India juga masih muterin serialnya. Lebih gilanya lagi, selama dua tahun berjalan serial ini baru memasuki satu season. Mau sampai kapan ini cerita diulur-ulur terus. Mau nunggu Episode ke 1.756.865 di Season ke 11? Itu sinetron apa kamera CCTV. Kok muter terus engga ada abis-abisnya. *canda

4. Booming pelan-pelan

Lain dari film ‘Kuch Kuch Hota Hai’ yang mendadak booming, rating ‘Lonceng Cinta’ merambat naik pelan tapi pasti. Dalam beberapa minggu setelah peluncuran perdananya, film itu langsung masuk peringkat kedua di Zee TV India. Filmnya pun langsung diputar di Zee TV internasional.

5. Booming juga di Filipina

via indiaopines.com
Ini wajah asli pemeran Bulbul. Pantes serialnya laris. Cakep gini orangnya. (Sumber: indiaopines.com)

Selain di Indonesia, serial ini juga diminati banget di Filipina. Serialnya dimulai tiap primetime negara itu dan selalu dipantengin penduduknya yang udah pulang kerja, tinggal bersantai.

6. Berarti ‘Keberuntungan Pernikahan’

Kalo judul asli filmnya diterjemahin langsung ke bahasa Inggris, Kumkum Bhagya berarti ‘Marriage’s Luck.’ Secara harfiah, artinya sih ‘Keberuntungan pernikahan.’ Tapi, maksudnya dalam bahasa Indonesia adalah ‘Rezeki orang nikah.’ Filmnya pun sengaja dimulai dengan huruf K karena Ekta Kapoor yakin itu bisa datengin keberuntungan. Dan emang bener aja, filmnya bisa tenar di 14 negara berbeda.

7. Meraih 34 penghargaan

via India Today
Artis-artis ‘Lonceng Cinta’ menang Penghargaan Zee TV Gold Award. (Sumber: India Today)

Sepanjang dua tahun berjalan, ‘Lonceng Cinta’ ngeraih hingga 34 penghargaan di anugerah perfilman India. Bukan cuma pemeran utama, pemeran pembantu dan krunya juga dapet nominasi. Gokil.

Gimana? Setelah baca 7 fakta salah satu drama India yang episodenya banyak banget ini, Kawan Muda makin penasaran engga? Film ini bisa kamu tonton di salah satu stasiun TV swasta, sekitar pukul 16.00 WIB. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.