Minggu, 29 Januari 2023

Genmuda – Tepat pada Minggu (13/12) dini hari, UEFA resmi melakukan drawing 16 tim yang bakalan pentas di Piala Eropa 2016 di Perancis. Acara yang dilakukan di negeri Napoleon ini pun menghadirkan grup seru dengan kekuatan tim yang relatif seimbang.

Grup A, diisi oleh tim tuan rumah, Prancis. Masuk dalam pot 1, Les Blues bakalan bersaing dengan Rumania, Albania, dan Swiss. Kalau diliat dari statistik Prancis lebih diunggulkan sebagai juara grup.

Selain dua tim tersebut, Kawan Muda juga engga boleh anggap remeh Swiss yang masih diperkuat oleh Eren Derdiyok dan Xherdan Shaqiri. Rumania dan Albania pun bakal diyakini memberikan kejutan kalau dilihat dari performa kedua negara di fase klualifikasi.

(Sumber: Real Sport)

Grub B jadi babak baru antara Inggris dan Wales. Persaingan gengsi jadi alasan Inggris wajib unggul dari Wales. Kendati demikian, Wales sebagai negara persemakmuran Britania Raya bisa aja lebih PEDE lantaran lebih dahulu meloloskan diri ke babak 16 ketimbang anak asuh Roy Hodgson yang harus bersusah payah masuk ke fase 16 besar.

Sedangkan Russia dan Slovakia bisa jadi tim kuda hitam di grup ini. Russia bisa aja melempem di Piala Dunia 2014 kemarin, tapi di sejak kualifikasi EURO kali ini Rusia termasuk tim produktif dengan 21 gol serta 5 defisit gol dari 10 laga.

Juara Piala Dunia 2014, Jerman harus kembali reunian dengan Polandia di Grup C, dimana kedua tim sebelumnya sama-sama bersaing di fase kualifikasi. Dua tim yang bakalan bersaing dengan mereka adalah Irlandia dan Ukraina.

(Sumber: Euro Sport)

Juara bertahan, Spanyol nongkrong di Grup D, bersama Republik Ceko, Turki, dan Kroasia. Walau menyandang predisksi juara bertahan, ‘Tim Matador’ justru engga boleh lengah, kalau mereka engga mau punya nasib seperti di Brazil tahun lalu.

Acaman serius buat La Furia Roja bisa datang dari Turki atau pun Kroasia. Karena di babak kualifikasi keduanya mampu memberikan kejutan dengan lolos secara dramatis. Ceko pun bakalan jadi lawan kuat karena berhasil jadi juara Grup A pada babak kualifikasi kemarin.

Grup Neraka terjadi di Grup E, dimana Belgia, Italia, Irlandia, dan Swedia bakalan memperebutkan posisi utama lolos ke babak 8 besar. Tekanan tertuju pada Italia yang masuk di pot 2. Melihat peluang yang ada, Belgia dan Swedia menjadi lawan serius di grup ini.

(Sumber: Gazzetta)

Portugal mungkin aja bisa sedikit lega, karena di Grup F, CR7 cs, bertemu dengan Islandia, Austria, dan Hungaria. Praktis Portugal lebih kenyang pengalaman tampil di babak 16 besar EURO, ketimbang ketiga negara lainnya.

Laga pertama gelaran di Benua Biru ini bakalan dibuka pada tanggal 10 Juli 2016, yang mempertemukan Prancis dengan Rumania. So, dari fakta di atas kira-kira Kawan Muda udah ada punya jagoin belum nih? Awas, jangan pasang taruhan (banyak) ya. He-he.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.