Selasa, 30 November 2021

Genmuda – Bahasa tubuh yang efektif digunain bikin seseorang terasa berkarisma daripada cuma andalin bahasa verbal. Kalo keduanya digabung, efeknya bakal lebih gokil lagi loh. Secara historis bahasa isyarat udah dikenal manusia jauh sebelum mengenal tulisan. Gerakan tubuh dan pembawaan orang waktu lagi ngomong pun terus berdampak besar hingga di jaman manusia modern.

Namun, manusia modern makin bisa memilah-milah bahasa tubuh. Mereka pun telah mengenal bahasa lisan dan tulisan yang lengkapi alat komunikasi. Di bawah ini adalah beberapa kombinasi bahasa tubuh dan lisan yang bisa kamu ikuti supaya jadi karismatik.

1. Liat mata orang dalem-dalem kalo kamu engga setuju omongannya

via giphy.com

Dalam komunikasi biasa pun pastilah pernah ngerasa engga setuju sama omongan orang. Silakan aja menyanggah omongan itu dengan lisan, tapi kontak mata juga perlu. Kalau bisa malah dalem-dalem. Terserah deh melotot atau mengernyit, asalkan kontak mata engga putus.

2. Tetep tenang kalo dibentak

Bentak-bentakan pun terkadang engga bisa dihindari. Dalam kondisi itu, jangan terpancing buat ikut tinggiin intonasi bicara. Tetep santai. Tarik napas dalem-dalem kalo emang perlu. Gestur itu bakal tunjukin dominasi yang bisa bikin orang lain meredam amarahnya.

3. Berada deket penyerang buat hindari bentrokan

Bentak-bentakan itu sebenernya bisa dicegah, gaes. Cara paling dasar adalah duduk deket orang yang disinyalir bakal banyak ngomel lalu mulai berbicara. Suasana emang bakal terasa canggung tapi rasa canggung itu bisa meredam amarah loh.

4. Lagi galau? Coba tulis buku diary

via giphy.com

Curhat emang satu-satunya obat buat atasi galau, tapi kalo keseringan curhat kan temen males juga dengernya. Karena itu, coba tulis curhatan di buku harian, agenda, ponsel, atau selembar kertas bekas. Efeknya sama loh.

5. Berdiri tegap bikin pede

Insting manusia sejak jaman dulu selalu memandang pemimpin sebagai sosok yang kuat. Pada kenyataannya, sosok kuat itu bisa ditiru dengan berdiri tegap. Yup. Lurusin bahu, busungin dada, dan jangan nunduk supaya keliatan pede. “Fake it till you make it!”

6. Jangan banyak mikir

Ada kalanya sebuah komunikasi dilakuin buat mencari keputusan tepat. Ketika itu terjadi, jangan kebanyakan mikir. Perhitungkan aja hal yang emang mendasar, lalu ambil keputusan. Misalnya, engga perlu ribet mikirin temen doi yang jutek. Kalo emang suka dan pengen jadian, ya deketin doi!

7. Trik minta tolong

Meski kamu orang paling to the point, kamu engga bisa langsung bilang “Tolong ambilin pulpen” ke temen. Itu malah kedengeran seperti ngasih perintah. Harus ada basa-basi di awal. Paling engga, kamu bilang “Gue butuh pertolongan lo” di awal. Itu kan lebih enak didenger.

8. Hangatkan dulu tangan sebelum berjabat tangan

via giphy.com

Gimana caranya bisa berteman sama orang kalo kamu ngasih suasana dingin. Karena itu, angetin dulu tangan kamu sebelum menjabat tangan orang lain. Meski keliatan engga nyambung, itu bikin pembawaan orang ramah ke kamu.

9. Inget nama orang-orang kalo pengen populer

Engga perlu lakuin aksi gokil atau bikin vlog yang gimana banget buat jadi populer. Cukup inget aja nama temen-temen, terus sering-sering sapa doi dengan nama akrabnya. Lama-lama orang yang disapa pun bakal menyapa balik. Voilà, jadi tenar deh di pergaulan.

Sembilan trik itu bisa kamu lakuin supaya dipandang sebagai orang berkarakter, gaes. Cocok banget kalo kamu pengen jadi ketua OSIS, ketua BEM, atau ikut organisasi. Gimana menurut kamu? Share komentar di bawah ini, ya.

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.