Senin, 17 Juni 2024

Genmuda – Komputer berteknologi tinggi dan jumlah judul game terbanyak sama sekali engga bikin PC-Gamer jadi makhluk paling berbahagia. Soalnya, para console gamer bisa mainin judul-judul eksklusif yang cuma tersedia di PS3 ataupun Xbox 360.

Setelah bertahun-tahun lamanya, mupeng itu bisa terobati. Soalnya, ada tiga emulator PS3 dan 2 emulator Xbox one yang teruji. Program yang bisa diunduh gratis itu membuat komputer bisa ngejalanin hampir semua game yang terbit buat dua konsol tersebut.

Kabar soal kemunculan emulator ini sebenernya udah tersebar sejak lima tahun lalu. Sayangnya, kebanyakan program emulator merupakan program palsu yang memaksa penggunanya mengunduh virus. Nah, di bawah ini merupakan emulator yang teruji dan aman dipakai.

1. RPCS 3

via wazecrack.net
(Sumber: wazecrack.net)

RPCS 3 bukan program virus meski beberapa program antivirus berkata sebaliknya. Emulator bikinan developer indie ini bisa dipakai di Windows 7 64-bit, Linux 64-bit atau yang lebih tinggi dari itu. Prosesor komputernya juga harus yang tergolong tinggi, minimal sekelas AMD FX atau Intel produksi di atas tahun 2011.

Supaya engga melanggar hukum, situs RPCS3 engga memuat semua file yang dibutuhin buat menjalankan sebuah game. Kamu perlu punya file OS PS3 (PS3UPDAT.PUP) yang bisa didownload lewat situs resmi PlayStation atau diambil langsung kodingannya dari console PS3.

2. Nucleus

via youtube.com
(Sumber: youtube.com)

Project yang dimulai sama Alexandro S Bach ini diperbarui secara berkala bersama 5 kontributor lainnya. Hingga kini, udah ada 5 versi Nucleus yang rilis. Karena alasan yang sama, Nucleus engga bisa lampirin firmware keys PlayStation 3 (keys.xml) ke dalam bundle software yang tersedia di GitHub.

“Project kecil ini bertujuan untuk eksperimen, riset, dan mempelajari topik seputar OS perangkat modern. Bukan untuk disalahgunakan apalagi mendukung tindakan ilegal,” tulis Alexandro secara jelas di halaman GitHub doi.

3. Short Waves

via YouTube.com
Grafik Short Waves yang lebih kecebadai daripada grafik PS3. (Sumber: YouTube.com)

Sekitar 2014, muncul juga emulator bernama Short Waves. Pada tahap awalnya, program itu udah bisa tampilin grafik yang jauh lebih bagus dari PS3. Kendalanya cuma satu. Developernya juga engga bisa masukin firmware atau OS PS3 ke dalam program yang doi buat. Project ini keliatannya mangkrak begitu aja dan ditinggal.

4. Xenia

via YouTube.com
(Sumber: YouTube.com)

Situs utama Xenia.jp cuma berisi pengenalan soal emulator buatan mereka. Semua filenya bisa didownload lewat halaman GitHub mereka. Hingga kini, ada total 39 orang developer yang terus mengupdate Xenia biar bisa mainin game-game terbaru. Emulator ini juga merupakan emulator Xbox 360 pertama loh.

5. Giano

via Istimewa
Giano lagi dipakai buat ngetes “DOOM II” (1994). (Sumber: Istimewa)

Pada 12 Februari 2007, project Giano rilis sebagai program resmi keluaran Microsoft untuk menguji-coba sistem berbagai perangkatnya Microsoft. Tiga tahun kemudian, program itu dimanfaatin para netizen sebagai emulator Xbox 360. Sayang, project itu selesai dan engga diupdate lagi sehingga netizen mulai beralih ke Xenia.

Itulah emulator PS3 dan Xbox 360 yang teruji. Karena sistem dua console itu tergolong rumit, kamu juga butuh muter otak lebih banyak buat menyeting emulator-emulator di atas hingga berfungsi. Jangan lupa juga, share komentar kamu di bawah ini, ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.