Kamis, 13 Juni 2024

Genmuda – Logo adalah bentuk identitas dari sebuah merk atau perusahaan. Selain punya desain yang unik, desain logo umumnya punya pesan yang dalam dan gampang diingat sama masyarakat.

Seorang desainer pun harus dituntut punya riset dan pengetahuan saat menerima brief dari perusahan sebelum menciptakan sebuah logo. Dan wajar jika akhirnya pekerjaan membuat logo itu engga segampang yang banyak orang pikir. Kawan Muda yang anak DKV pasti paham kan? He-he.

Well, kalo masih banyak orang merasa membuat desain logo itu gampang, maka kamu harus tau dulu rahasia dari 7 logo perusahaan dan brand kece berikut ini:

1. McDonald’s

via: lifebuzz
(Sumber: Istimewa)

Tau engga, pada tahun 1960 McDonald’s mau mengubah logo perusahaan mereka dengan logo baru. Namun seorang psikolog sekaligus kosultan desain bernama, Louis Cheskin, menentang ide tersebut dan ngotot supaya restoran fastfood tersebut tetap menggunakan huruf M yang melengkung seperti sekarang.

Kawan Muda tau alasannya? Doi beralasan huruf ‘M’ melengkung punya efek psikologis pada pelanggan dan membuat mereka membayangkan payudara yang bergizi, dan kemudian membuat mereka lapar. (Agak absurd sih) Walau sulit dipercaya, tapi kamu harus akui kalo hurum ‘M’ melengkung itu udah jadi ciri khas dari restoran tersebut.

2. Amazon

via: Business Insider
(Sumber: Istimewa)

Logo situs jual beli itu emang keliatan sederhana banget. Nama perusahaan dibuat bold dan akhirannya dibuat standard. Di bawah nama Amazon ada sebuah garis melengkung yang mirip pointer mouse.

Namun siapa sangka, logo sederhana itu punya filosofi yang hebat. Pertama bentuk garis melengkung seperti senyum diibaratkan sebagai pelanggan yang tersebut. Kedua posisi anak panah yang melengkung dari huruf ‘A’ ke ‘Z’, diistilahkan kalo pelanggan bisa mencari segala kebutuhan mereka dari A-Z.

3. Formula One

via: Wikipedia
(Sumber: Istimewa)

Ajang kompetisi mobil tercepat ini dunia ternyata punya logo yang unik dan menarik. Kalo Kawan Muda engga jeli, kelihatannya mungkin cuma ada angka satu di logo F1 di warna merah. Padahal kalo kamu jeli, sebenarnya antara huruf ‘F’ dan warna merah itulah yang menggambarkan angka satu.

Justru warna merah dengan bentuk garis itu diibaratkan sebagai laju kecepatan mobil-mobil formula satu. Saking cepatnya, engga heran kalo angka satu di logo F1 dibuat samar-samar. Masuk akal juga ya.

4. Baskin Robbins

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Logo es krim satu ini pasti sering banget Kawan Muda temui di supermarket atau pusat-pusat perbelanjaan. Selain emang diambil dari dua nama pendirinya, yaitu Burt Baskin dan Irv Robbins, ternyata ada rahasia lain yang jarang orang tau.

Coba Kawan Muda perhatikan pada logo BR, “Kenapa ada warna pink di dalamnya?” Buat mempercantik aja? Salah tjoy. Kalo dilihat warna pink di huruf BR menyerupai angka 31. Dan tau apa arti angka 31 pada perusahaan itu? Itu adalah jumlah rasa yang ditawarkan Baskin Robbins.

5. Apple

via techstory.in
(Sumber: techstory.in)

Walau udah beberapa kali gonta-ganti warna, namun outline buah apel digigit adalah bentuk sederhana dan ikonik dari Apple. Meski erat dikaitkan sama kematian Alan Turing penemu komputer pertama yang meninggal saat memakan apel yang dicampur sianida, hingga buah kurdi yang dimakan oleh Adam dan Hawa.

Tapi teori ditolak mentah-mentah oleh si desainer, Rob Janoff. Doi justru mengatakan kalo saat itu Steve Jobs cuma mau dibuatkan logo apel tapi engga mau sama kaya buah ceri. Desain apel tergigitnya (biten apple) menjadi simbol ‘bytes’ yang merupakan fondasi penting dalam dunia komputer.

6. Toblerone

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Siapa sih engga suka cokelat satu ini? Kalo kamu perhatikan logonya mungkin mirip pegunungan di Swiss. Tapi coba kamu perhatiin lagi, ternyata ada seekor beruang di sana.

Setelah diselidiki ternyata diketahui jika beruang adalah lambang dari kota Bern dimana menjadi kota pertama yang memproduksi Toblerone. Kata ‘Tobler’ dan kata ‘Torrone’ sendiri berarti madu dan nougat dalam bahasa Italia.

7. Wendy’s

via: The Blaze
(Sumber: Istimewa)

Restoran cepat saji ini juga punya rahasia yang mungkin jarang orang engeh. Walau nama dan gambar anak cewek di logo itu emang anak dari pendirinya Dave Thomas, tapi ada satu filosofi yang dalam dari logo Wendy’s.

Jadi kalo kamu teliti, pada kerah anak perempuan itu terdapat outline yang membentuk kata ‘mom’. Penempatan itu bukan muncul karena iseng doang gaes, tapi memiliki arti kalo kamu mau inget masakan nyokap, maka kamu harus pergi ke Wendy’s. Lucu juga ya?

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.