Selasa, 28 Mei 2024

Genmuda – 25 tahun sejak perilisan pertama, Titanic menjadi salah satu film tersukses dalam sejarah. Kisah romantis Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) dan Rose DeWit Bukater (Kate Winslet) itu pun kembali tayang di bioskop dalam format remaster.

Yup, Kawan Muda kini bisa nonton kisah Titanic yang tayang mulai 8 Februari 2023 di Indonesia dalam format 3D 4K. Lantas apa sih yang menarik dari film yang dirilis ulang ini? Berikut rangkuman dari Genmuda.com yang udah nonton duluan kemarin.

1. Format 3D 4K

25 Tahun film Titanic ©20th Century Fox

FYi, film Titanic sebenarnya udah berapa kali ditayangkan ulang sejak debut di tahun 1997. Format 3D pun pertama kali dirilis pada 4 April 2023 dalam rangka memperingati seratus tahun tenggelamnya kapal Titanic.

Namun kali ini bertepatan dengan 25 tahun film tersebut, kini Titanic hadir dalam kualitas 4K HDR. Dari segi cerita semuanya sih sama aja, tapi adanya peningkatan teknologi di film itu jelas bikin feel ceritanya makin ngena buat Kawan Muda tonton.

2. Budget restorasi yang gak murah

Titanic dikenal sebagai film termahal saat itu dengan biaya 200 juta dolar AS. Meski begitu hasilnya jelas balik modal. Soalnya Titanic menjadi salah satu film paling laris dan menelurkan banyak penghargaan.

Proses 3D senggaknya butuh waktu bertahun-tahun, di mana sekitar 300 seniman komputer menghabiskan lebih dari 750.000 jam kerja untuk “memahat” fotografi asli menjadi informasi digital 3D yang penuh kedalaman dan detail.

Pun halnya sama versi remaster kali ini, gengs. Dikutip dari Deadline, restorasi film drama romantis itu menelan biaya sampai 18 juta dolar AS atau sekitar Rp270 miliar.

3. Sengaja dirilis dekat Hari Valentine

25 Tahun film Titanic ©20th Century Fox

Produser Jon Landau dan COO dari Lightstorm Entertainment sebenarnya udah ngasih bocoran adanya perlilisan ulang Titanic pada tahun lalu di Barcelona. 20th Century Fox yang kini telah diakuisisi oleh Disney, akhirnya menyepakati kalo waktu perilisannya menjadi 10 Februari 2023 atau mendekati Hari Valentine. Namun demikian, Indonesia mendapatkan jadwal lebih dulu pada hari ini, Rabu (8/2/2023).

4. Teori Jack bisa selamat

25 tahun berlalu, James Cameron akhirnya buka suara soal kemungkinan karakter Jack Dawson yang diperangkan oleh Leonadro DiCaprio bisa selamat.

Hal itu dia sampaikan baru-baru ini jelang perilisan Titanic Remaster. Hal itu dia buktikan pengujian ilmiah yang dilakukan sebanyak tiga kali.

“Jack mungkin masih hidupm tapi dengan banyak Variabel,” ujar Cameron dikutip dari Deadline.

Kemungkinan itu lahir usai banyak penggemar yang menyebut Jack dan Rose sebenarnya bisa saling berbagi tempat di papan kayu. Akhirnya Cameron mencoba mereka ulang adegan tersebut, dan yup, kemungkinan Jack selamat tetap ada.

5. Worth it gak?

Jawabannya ya. Bukan hanya sekedar nostalgia, Genmuda.com merasa versi remaster kali ini benar-benar gak kalah saing dengan film-film jaman sekarang.

Selain Titanic emang punya cerita yang bagus, namun adanya peningkatan kualitas gambar dan efek jelas membuat cerita film ini semakin menarik untuk diikuti. (sds)

Comments

comments