Sabtu, 8 Agustus 2020

Genmuda – Sistem negara tertutup dan kepemimpinan diktator sama sekali engga jadi hambatan Korea Utara ngasih internet gratis buat penduduknya. Cuma internetnya ini lain dari yang dikenal belahan dunia lain.

Orang Korea Utara menyebutnya sebagai ‘Kwangmyong,’ yang arti kasarnya adalah ‘bintang gerang.’ Uniknya, jaringan kwangmyong tuh terpisah dari internet pada umumnya. Secara teknis pendatang yang masuk ke Korea Utara engga bisa mengakses jaringan kwangmyong, begitu juga sebaliknya. Cara kerjanya bisa dibilang lebih mirip intranet tetapi lingkupnya dalam satu negara.

Dipegang Satu pihak

via northkoreatech.org
Gedung Star Joint Venture Co. (Sumber: northkoreatech.org)

Penyediaan jaringannya pun cuma dipegang satu perusahaan doang. Yaitu, Star Joint Venture Co. Itu adalah gabungan perusahaan komunikasi yang dipercaya pemerintah Kim Jong Un buat mengelola telekomunikasi di Korut.

Ada 5.000an situs…

Meski begitu, jaringan internet tertutup ini juga diisi situs-situs buatan Korea Utara. Laporan Business Insider.co.id, Kamis (24/11), bilang katanya ada sekitar 5.500 situs yang bisa diakses di negara tetangga Korea Selatan tersebut.

…Tapi bohong

Tapi, laporan Telegraph.co.uk, September lalu berkata lain. Situsnya cuma ada 28 buah, itu pun berisi situs pemerintah, asuransi negara, olahraga negara, dan kuliner nasionalnya.

Cuma dua email

via giphy.com

Berbeda sama negara lain, warga Korea Utara engga bisa mengakses email selain yang disediain Sili Bank dan Chesin.com. Mereka juga engga kenal sama yang namanya Facebook, Twitter, Google Plus, Path, apa lagi Instagram. *engga kebayang gimana rasanya.

Susah izinnya

Meski gratis aksesnya, cuma segelintir warga Korea Utara aja yang bisa mengaksesnya. Soalnya, distribusi perangkat komunikasi di negara itu diatur sangat ketat. Butuh izin pemerintah dan kepolisian setempat buat punya komputer.

Internet asli dikuasai pusat

Meski begitu, para pejabat Korea Utara bisa menikmati internet asli. Itupun ada beberapa batasan. Sambungannya engga terhubung langsung ke internet dunia, tapi harus ke Tiongkok dulu.

Orang asing bisa akses internet

via giphy.com

Akses internet sesungguhnya pun bisa dinikmati orang-orang asing. Tapi, terbatas dari ponselnya dengan sinyal 3G yang disediain Koryolink, salah satu perusahaan telekomunikasi Korea Utara. Itu pun hoki-hokian karena sinyalnya suka susah dan internetnya lemot.

Situs propaganda

Meski menutup diri, Korea Utara juga punya situs pemerintahan loh di internet dunia. Misalnya aja situs utama korea-dpr.com yang salah satunya ngebahas soal turisme ke negara tersebut. Ada juga northkoreatech.org yang jadi situsnya Star Joint Venture, atau nkekonwatch.com yang ceritanya adalah situs berita ekonomi Korea Utara. Yang jelas, infonya bertujuan menutupi kondisi asli Korea Utara.

Seperti itulah kondisi internet Korea Utara. Sangat misterius seperti negaranya. Kabarnya sih, turis yang berkunjung ke sana selalu diawasi tentara Korea Utara, dilarang memotret di tempat umum, dan dibatasi ruang geraknya. Kawan Muda tau informasi lain seputar Korea Utara? Ceritain ke kita dong. Tulis aja di bawah ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.